Ingin Touring dengan Motor? Ini dia Tips-tipsnya

Ingin Touring dengan Motor? Ini dia Tips-tipsnya

Reliance – Jakarta. Mau touring dengan motor kesayangan kamu? Eitss.. Kamu perlu tahu tips-tipsnya loh sebelum berangkat menggunakan motor kesayangan kamu. Ini dia tips-tipsnya buat bantu kamu sebelum mulai jalan.

Touring dengan Motor itu Menyenangkan Loh!

Umumnya, touring dengan sepeda motor bisa menjadi cara yang mendebarkan dan bermanfaat untuk melihat dunia dan menjelajahi tempat-tempat baru. Apakah kamu pengendara berpengalaman atau pemula, ada beberapa hal penting yang perlu diingat untuk memastikan perjalanan yang aman dan menyenangkan.

Lebih lanjut, touring sepeda motor bisa menjadi cara yang istimewa dan bermanfaat untuk melihat dunia dan menjelajahi tempat-tempat baru. Berikut beberapa alasan mengapa touring sepeda motor mungkin sangat menarik meliputi:

● Kebebasan

Touring dengan sepeda motor memungkinkan kamu pergi ke manapun kamu mau, kapan pun kamu mau, dan dengan kecepatan kamu sendiri. kamu tidak terikat dengan jadwal atau rute, dan kamu dapat mengambil jalan memutar dan menjelajahi tujuan yang tidak biasa.

● Petualangan

Touring sepeda motor bisa menjadi cara yang mengasyikkan dan penuh petualangan untuk bepergian, karena kamu akan menghadapi tantangan dan pengalaman baru di sepanjang jalan. kamu akan melihat pemandangan yang indah dan bertemu orang-orang yang menarik, dan kamu akan memiliki kebebasan untuk mengubah rencana kamu dengan cepat.

● Terhubung dengan Lingkungan

Mengendarai sepeda motor membuat kamu merasa lebih terhubung dengan lingkungan dan sekeliling kamu. kamu akan merasakan angin dan cuaca, dan kamu akan lebih terbiasa dengan lingkungan kamu daripada berada di dalam mobil.

Tips Touring dengan Motor

Berikut beberapa tips touring dengan sepeda motor:

1. Pilih Motor yang Tepat

Pertimbangkan jenis medan yang akan kamu lalui dan jarak yang akan kamu tempuh. Motor yang lebih besar dan lebih bertenaga mungkin lebih nyaman untuk perjalanan jauh, tetapi mungkin tidak gesit di tikungan sempit atau di jalan yang kasar.

2. Kemas dengan Cerdas

Selanjutnya, kemas supaya ringan dan hindari membebani motor kamu secara berlebihan. Kamu pasti ingin membawa barang-barang penting seperti kotak perkakas, dan kotak P3K, tetapi usahakan untuk menyisakan ruang ekstra untuk suvenir dan barang lain yang mungkin kamu beli di sepanjang jalan.

3. Rencanakan Rute

Petakan rute kamu sebelumnya, dengan mempertimbangkan cuaca, kondisi jalan, dan faktor lain yang dapat memengaruhi perjalanan kamu. Pertimbangkan mengunduh aplikasi GPS atau membeli perangkat GPS portabel untuk membantu kamu menavigasi area yang tidak dikenal.

4. Tetap Terhidrasi

Dehidrasi bisa menjadi masalah serius dalam perjalanan jauh, jadi pastikan untuk membawa persediaan air yang cukup dan istirahat teratur untuk menghidrasi.

Hidrasi penting saat touring dengan sepeda motor karena membantu tubuh kamu berfungsi dengan baik dan dapat mencegah kelelahan dan masalah lain yang dapat memengaruhi performa berkendara kamu. Saat kamu mengendarai sepeda motor, tubuh kamu terpapar angin, matahari, dan elemen lain yang dapat menyebabkan kamu kehilangan cairan melalui keringat dan penguapan. Dehidrasi dapat terjadi ketika tubuh kamu kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan, dan ini dapat menimbulkan sejumlah efek negatif pada tubuh dan pikiran kamu.

5. Perlengkapan yang Tepat

Di samping itu, perlengkapan pelindung sangat penting untuk setiap perjalanan sepeda motor, tetapi sangat penting dalam perjalanan panjang. Kenakan helm, sarung tangan, sepatu bot, dan pakaian pelindung untuk mengurangi risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Jaket motor dirancang untuk melindungi tubuh bagian atas saat terjadi benturan dan juga dapat memberikan kehangatan dan kenyamanan dalam perjalanan jauh. Carilah jaket yang terbuat dari bahan tahan abrasi seperti kulit atau Kevlar.

Ada beberapa jenis helm yang tersedia, antara lain Full-face, Open-face, Modular, dan Off-road. Pertama, Helm Full-face menawarkan perlindungan maksimal, karena menutupi seluruh kepala dan wajah. Kedua, Helm Open-face membiarkan wajah terbuka tetapi memberikan perlindungan untuk kepala dan belakang leher. Ketiga, Helm Modular dapat diubah dari wajah terbuka menjadi wajah penuh dengan membalik bagian depan. Terakhir, Helm Off-road dirancang untuk digunakan di medan yang berat dan memiliki pelindung dan palang dagu, tetapi mungkin tidak memberikan perlindungan sebanyak jenis helm lainnya.

6. Surat dan Dokumen

Biasanya, Surat Izin Mengemudi atau SIM yang masih berlaku diperlukan untuk membawa sepeda motor dan mungkin juga diperlukan untuk membuktikan identitas kamu dalam situasi tertentu.

Bukan hanya itu saja, STNK dan KTP juga sama pentingnya apabila kamu bepergian touring ya, karena dapat memungkinkan ketemu dengan situasi yang membutuhkan identitas kamu loh.

7. Tetap Waspada

Selalu waspada terhadap sekeliling kamu dan perhatikan jalan di depan. Hindari gangguan seperti SMS dari ponsel atau mendengarkan musik secara keras saat berkendara.

Touring dengan sepeda motor bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mengasyikkan untuk melihat dunia, tetapi penting untuk bersiap dan tetap aman. Dengan mengikuti tips ini, kamu dapat memiliki tur sepeda motor yang berkesan dan menyenangkan.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ingin Touring dengan Motor? Ini dia Tips-tipsnya

Motoress. Akses pada 2023. How to prepare and pack for a motorcycle trip
Webbikeworld. Akses pada 2023. The Ultimate Guide To Preparing For A Long-Distance Motorcycle Road Trip
Roadtrippers. Akses pada 2023. Motorcycle road trips

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn