Mengantuk saat Berkendara? Ini dia Tips Mengatasinya

Mengantuk saat Berkendara? Ini dia Tips Mengatasinya

Reliance – Jakarta. Sedang jalan-jalan bersama keluarga dengan mengendarai mobil tapi tiba-tiba kamu terkena rasa kantuk? Rasa kantuk sangat berbahaya, apalagi di saat kamu sedang berkendara bersama keluarga kamu. Ingin tahu cara mengatasinya? Yuk simak tips mengatasinya, bila kamu mengantuk saat berkendara di bawah ini.

Mengantuk saat Berkendara

Mengemudi sambil mengantuk bisa sangat berbahaya, karena merusak waktu reaksi dan penilaian kamu ketika mengemudi. Pengemudi yang mengantuk merupakan faktor penyebab kecelakaan mobil setiap tahun loh, jadi kamu harus hati-hati dalam mengemudi ya ReliFriends.

Tips Mengatasi Pengemudi Mengantuk saat Berkendara

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu untuk mengatasi pengemudi mengantuk saat berkendara:

1. Tidur yang Cukup sebelum Mengemudi

Ini mungkin tampak jelas, tetapi penting untuk memastikan kamu cukup istirahat sebelum berada di belakang kemudi. Tidur yang cukup setidaknya 7 jam pada malam sebelum perjalanan panjang.

2. Minum Kopi

Kamu bisa minum kopi dengan kadar kafein yang tinggi, yang dapat membantu kamu terjaga sepanjang perjalanan. Kopi hitam sangat cocok untuk kamu, karena kandungan kafein yang kuat.

3. Istirahat

Jika merasa lelah saat mengemudi, penting untuk menepi dan istirahat. Bahkan tidur siang sebentar atau berjalan-jalan sebentar dapat membantu kamu merasa lebih waspada dan terjaga saat mengemudi.

4. Hindari Mengemudi di Malam Hari

Tubuh kita memiliki ritme tidur alami, yang disebut ritme circadian, yang membuat kita merasa lebih terjaga di siang hari dan mengantuk di malam hari. Cobalah untuk merencanakan waktu mengemudi kamu untuk mengurangi risiko mengemudi mengantuk.

5. Hindari Obat-obatan

Obat tertentu dapat membuat kamu mengantuk, jadi penting untuk menghindarinya sebelum kamu berada di belakang setir loh.

6. Makanan Sehat dan Tetap Terhidrasi

Makan makanan sehat dan tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, hindari makanan berat karena dapat membuat kamu merasa lelah.

7. Bepergian dengan Teman atau Keluarga

Jika memungkinkan, bepergianlah dengan pendamping yang dapat bergantian mengemudi atau dapat membuat kamu tetap waspada dengan percakapan-percakapan yang seru di perjalanan.

Kenali Tanda-Tanda Peringatan Kantuk

Berikut tanda-tanda kantuk yang perlu kalian sadari:

  • Sering menguap
  • Kesulitan membuka mata
  • Kelopak mata berat
  • Kesulitan mengangkat kepala
  • Mengangguk atau hanyut masuk dan keluar dari kesadaran
  • Kesulitan memfokuskan atau mempertahankan perhatian di jalan
  • Menggosok mata secara konstan
  • Melayang masuk dan keluar dari jalur atau ke bahu
  • Kesulitan mengingat beberapa KM terakhir yang ditempuh
  • Waktu reaksi lebih lambat
  • Peningkatan goyangan atau pengembaraan kendaraan

Penting untuk menyadari tanda-tanda ini dan menepi dan istirahat jika kamu mengalaminya saat mengemudi. Ingat, mengemudi dalam keadaan mengantuk bisa sama berbahayanya dengan mengemudi dalam keadaan mabuk. Bahkan bisa membahayakan kamu dan keluarga kamu ketika dalam perjalanan jauh.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Mengantuk saat Berkendara? Ini dia Tips Mengatasinya

Motoress. Diakses pada 2023. How to prepare and pack for a motorcycle trip
Webbikeworld. Diakses pada 2023. The Ultimate Guide To Preparing For A Long-Distance Motorcycle Road Trip
Roadtrippers. Diakses pada 2023. Motorcycle road trips

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn