Perawatan Motor setelah Perjalanan Jauh yang Dapat Kamu Lakukan

Perawatan Motor setelah Perjalanan Jauh yang Dapat Kamu Lakukan

Reliance – Jakarta. Bepergian jarak jauh tentu seru, tapi setelah melakukan perjalanan itu juga kamu perlu melakukan pengecekan pada motor kamu, karena motor perlu perawatan yang detail saat sudah melakukan perjalanan jarak jauh loh. Yuk simak di sini perawatan motor setelah perjalanan jauh yang dapat kamu lakukan!

Perawatan Motor Sangat Penting setelah Perjalanan Jauh!

Tentu saja, kendaraan bermotor adalah salah satu aset yang sangat berharga bagi banyak orang, oleh karena itu sangat penting untuk merawatnya agar tetap awet dan terhindar dari kerusakan. Ringkasnya, salah satu cara untuk merawat motor adalah dengan melakukan perawatan mandiri setelah menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh.

8 Perawatan Motor yang Dapat Kamu Lakukan

Berikut ini adalah 8 perawatan motor yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi motor tetap optimal setelah perjalanan jarak jauh:

1. Cek Kondisi Oli Mesin

Memang, perjalanan jarak jauh dapat membuat mesin motor bekerja lebih keras dan membutuhkan pelumas yang lebih baik. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi oli mesin dan menggantinya jika perlu. Selain itu, pastikan juga bahwa level oli sudah sesuai.

2. Bersihkan Filter Udara

Filter udara dapat menjadi kotor karena menangkap partikel debu dan kotoran selama perjalanan. Bersihkan filter udara secara teratur agar motor tetap memiliki aliran udara yang optimal dan mesin dapat bekerja dengan baik.

3. Periksa Sistem Pendingin

Selain itu, perjalanan jarak jauh juga dapat membuat mesin motor lebih panas dari biasanya. Oleh karena itu, pastikan bahwa sistem pendingin bekerja dengan baik dan pastikan level cairan pendingin sesuai dengan rekomendasi pabrik.

4. Periksa Sistem Rem

Pastikan bahwa sistem rem bekerja dengan baik setelah perjalanan jarak jauh. Jadi, periksa kampas rem dan pastikan bahwa mereka tidak habis atau aus. Jika perlu, ganti kampas rem untuk menghindari risiko kecelakaan.

5. Periksa Tekanan Ban

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat membuat pengendara kehilangan kendali atas motor dan meningkatkan risiko kecelakaan. Periksa tekanan ban secara teratur dan pastikan bahwa tekanan ban sudah pas.

6. Bersihkan Motor secara Menyeluruh

Selanjutnya, debu, kotoran dan kerikil dapat menempel pada motor selama perjalanan jarak jauh. Maka, bersihkan motor secara menyeluruh setelah perjalanan untuk menghindari kerusakan dan menjaga penampilan yang baik.

7. Periksa Sistem Lampu

Pastikan bahwa semua lampu motor berfungsi dengan baik, termasuk lampu depan, lampu rem, dan lampu sein. Lampu yang tidak berfungsi dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan melanggar hukum lalu lintas.

8. Periksa Rantai dan Gir

Demikian juga, perjalanan jarak jauh dapat membuat rantai dan gir lebih aus. Pastikan bahwa rantai dan gir dalam kondisi yang baik dan teratur di oli untuk menghindari keausan yang lebih cepat.

Hal yang utama, dalam rangka memperpanjang masa pakai motor, perawatan mandiri setelah perjalanan jarak jauh sangat penting. Setidaknya, dengan melakukan perawatan ini secara teratur, kita dapat menjaga motor tetap dalam kondisi baik dan terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ingin Touring dengan Motor? Ini dia Tips-tipsnya

Motoress. Diakses pada 2023. How to prepare and pack for a motorcycle trip
Webbikeworld. Diakses pada 2023. The Ultimate Guide To Preparing For A Long-Distance Motorcycle Road Trip
Roadtrippers. Diakses pada 2023. Motorcycle road trips

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn