7 Cara Menghemat BBM Motor

7 Cara Menghemat BBM Motor

Reliance – Jakarta. Harga Bahan Bakar Minyak atau BBM yang semakin naik, membuat kita  perlu perencanaan yang matang dalam penggunaannya. Pasti kamu nggak mau kan kalau pengeluaran jalan-jalan kamu malah dialokasikan ke dalam BBM? Nah, kita ada tips 7 cara menghemat BBM motor kamu nih, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Bahan Bakar Mahal, Ini Cara Menghemat BBM Motor!

Kamu ingin jalan jauh bersama pasangan kamu dengan motor? Kamu perlu tahu cara untuk menghemat BBM dalam perjalanannya, ini dia cara menghemat bahan bakar yang perlu kamu ketahui:

1. Perawatan Rutin

Pastikan sepeda motor Anda dalam kondisi kerja yang baik dengan memeriksa dan mengganti oli, filter udara, dan busi secara teratur. Akibatnya, sepeda motor yang dirawat dengan baik akan bekerja lebih efisien dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

2. Periksa Tekanan Ban

Tentu saja, jaga agar ban kamu mempunyai tekanan yang benar. Karena ban yang kurang angin dapat meningkatkan hambatan dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

3. Berkendara dengan Kecepatan Tetap

Demikian juga, hindari akselerasi atau pengereman mendadak, dan usahakan untuk mempertahankan kecepatan tetap saat berkendara. Jadi, hal ini dapat membantu mengurangi konsumsi bahan bakar di motor kamu.

4. Kurangi Beban yang Tidak Perlu

Segera, singkirkan beban ekstra yang dibawa di sepeda motor. Sebagai contoh, ini dapat mencakup barang-barang seperti kit alat besar atau rak bagasi yang berat.

5. Gunakan Gigi yang Tepat

Apabila kamu menggunakan motor manual, kamu perlu menggunakan gigi yang tepat untuk jenis berkendara yang kamu lakukan. Faktanya, gigi yang lebih tinggi menggunakan lebih sedikit bahan bakar daripada gigi yang lebih rendah.

6. Rencanakan Rute Berkendara Kamu

Selanjutnya, rencanakan rute kamu sebelumnya untuk menghindari lalu lintas dan mengurangi jarak yang perlu kamu tempuh. Ini dapat membantumu dalam menghemat bahan bakar dan mencapai tujuan lebih cepat.

Selain itu, berkendara di jalan yang rusak juga dapat meningkatkan bahan bakar terkuras lebih cepat karena kondisi jalanan yang tidak sesuai. Jadi sebisa mungkin hindari jalan berlubang untuk menghemat bahan bakar dan mesin tidak cepat rusak.

7. Hindari Idling atau Berhenti Terlalu Lama

Hal yang utama, matikan mesinmu saat berhenti untuk waktu yang lama, seperti di lampu lalu lintas atau pom bensin. Tentu saja, idling menggunakan banyak bahan bakar. Membuat BBM cepat terkuras, dibandingkan kamu matikan mesinnya.

Ringkasnya, dengan mengikuti tips ini, kamu dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar sepeda motor dan menghemat biaya bahan bakar. Ingat bahwa bahkan perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar dari waktu ke waktu.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel 7 Cara Menghemat BBM Motor

Live About. Akses pada 2023. 10 Tips on How to Save Gas on a Motorcycle
Motodeal. Akses pada 2023. 7 ways to improve motorcycle fuel efficiency

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn