Berikut Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Kamu

Berikut Cara-Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Kamu

Reliance – Jakarta. Performa mobil sangat dibutuhkan terutama saat kamu ingin bepergian jauh, yuk simak artikel ini, cara meningkatkan performa mesin mobil!

Performa Mesin Mobil? Seberapa Penting?

Meningkatkan performa mesin mobil memiliki banyak manfaat. Mesin yang berfungsi tinggi memungkinkan mobil bergerak lebih cepat dengan kebutuhan bahan bakar dan baterai yang relatif lebih rendah. Ini juga mengurangi emisi karbon mobil yang akan meninggalkan dengan jejak karbon yang minimal.

Tips Meningkatkan Performa Mesin Mobil

Kamu tahu nggak, bahwa ada cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa mesin mobil kamu. Berikut beberapa cara meningkatkan performanya:

1. Pembersihan Karbon

Endapan karbon pada mesin dapat menyebabkan berkurangnya tenaga mesin, boros bahan bakar, dan suara yang kasar.

Pembersihan karbon pada mesin kendaraan Anda dapat meningkatkan output daya, dan mengurangi emisi gas buang, sehingga menghasilkan pengoperasian mesin yang lebih efisien.

2. Filter Udara Dingin

Karena penempatannya, filter udara menarik udara panas untuk pembakaran bahan bakar, yang menyebabkan ini tidak ideal. Maka perlu adanya penggantian filter yang dirancang untuk memasukkan udara dingin ke ruang bakar. Udara dingin lebih padat dan menghasilkan lebih banyak tenaga. Dengan kata lain, upgrade mesin sederhana ini akan meningkatkan performa.

3. Pasang Exhaust System (Sistem Pembuangan) yang Bagus

Mengganti sistem pembuangan standar dengan versi yang lebih baik performanya dapat membantu meningkatkan pernapasan mesin dan meningkatkan tenaga mesin tersebut.

Sistem pembuangan yang bagus dapat meningkatkan kemampuan mesin dalam menghembuskan gas buang, yang dapat meningkatkan tenaga kuda mesin dan torsi. Ini biasanya terdiri dari pipa berdiameter lebih besar dan muffler dengan restriksi rendah yang memungkinkan gas yang terbuang mengalir lebih bebas. Selain meningkatkan tenaga, sistem pembuangan yang bagus juga dapat meningkatkan suara mesin sehingga memberikan kesan sporty yang lebih agresif.

4. Gunakan Pelumas Sintetis

Gesekan dapat menyulitkan mesin mobil untuk menghasilkan tenaga kuda yang lebih tinggi. Hal ini juga menyebabkan alokasi energi yang seharusnya tidak perlu yang memboroskan tenaga mesin. Sehingga, menggunakan pelumas sintetik mengurangi kerak dan korosi yang menyebabkan gesekan.

5. Ganti Oli secara Berkala

Oli memiliki beberapa fungsi penting dalam mesin, termasuk melumasi bagian yang bergerak, mendinginkan mesin, dan menghilangkan kotoran dan serpihan. Seiring waktu, oli dapat menjadi kotor dan terkontaminasi, yang dapat mengurangi keefektifannya dan menyebabkan keausan pada mesin.

Itulah mengapa penting untuk mengganti oli dan filter oli secara teratur. Penggantian oli setiap 5.000 kilometer adalah aturan yang baik.

6. Gunakan Bensin Berkualitas

Menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi mesin mobilmu. Ketika kamu memasukkan bahan bakar berkualitas rendah ke dalam mobil, ini dapat mengandung kotoran dan kontaminan yang dapat menyebabkan suara ketukan atau ping, yang dapat merusak mesin.

Sebaliknya, bahan bakar berkualitas tinggi disempurnakan ke standar yang lebih tinggi dan biasanya mengandung lebih sedikit kotoran, dapat membantu mencegah masalah ini.

7. Segera Perbaiki Masalah Mesin Secepatnya

Sangat penting untuk memperbaiki masalah apa pun pada mesin mobil kamu segera setelah kamu menyadarinya seperti suara yang aneh hingga tarikan yang tidak sesuai. Mengabaikan masalah dapat menyebabkan masalah yang lebih besar dan lebih mahal di kemudian hari.

Nah, itu dia cara meningkatkan performa mobil kamu agar menjadi lebih bagus dan nyaman ya ReliFriends.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Berikut Cara Meningkatkan Performa Mesin Mobil Kamu

Burt Brothers. Akses pada 2023. 7 Ways to Improve Engine Performance
ParamountPerformance. Akses pada 2023. 6 Ways to Improve Your Car’s Engine Performance

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn