Cara Mengatasi Masalah Mesin Mobil Brebet

Cara Mengatasi Masalah Mesin Mobil Brebet

Reliance – Jakarta. Mobil kamu tiba-tiba mengalami brebet atau tersendat saat melaju? Atau saat digas mobil malah mati? Apa sih yang menyebabkan mobilnya begitu? Yuk, baca selengkapnya cara mengatasi masalah mesin mobil brebet di sini!

Penyebab Mobil Brebet

Mobil brebet adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menggambarkan mobil yang mengalami masalah atau gangguan mesin yang menyebabkan gerakan tidak lancar atau tidak stabil. Pada kenyataannya, mobil brebet sering kali membuat mobil mogok saat berjalan. Berikut ini penyebab umum mobil brebet, antara lain:

1. Masalah pada Sistem Bahan Bakar

Masalah pada injektor bahan bakar, pompa bahan bakar yang rusak, atau saluran bahan bakar yang tersumbat dapat mengganggu aliran bahan bakar ke mesin, menyebabkan mobil brebet.

2. Kerusakan pada Sistem Pengapian

Setidaknya,komponen seperti busi, kabel pengapian, atau bobot pengapian yang aus atau rusak dapat mengganggu pembakaran yang tepat dalam ruang bakar, menyebabkan mobil brebet.

3. Masalah pada Sistem Pembuangan

Selain itu, saluran knalpot yang tersumbat atau rusak dapat mengganggu aliran gas buang dari mesin, menyebabkan pembakaran yang tidak efisien dan mobil brebet.

4. Masalah pada Sensor atau Kontrol Mesin

Demikian pula, sensor yang rusak atau kontrol mesin yang bermasalah dapat menyebabkan pengaturan yang tidak tepat pada mesin, mengakibatkan mobil brebet.

5. Masalah pada Komponen Mesin Lainnya

Ada beberapa komponen mesin lainnya, seperti katup, ruang bakar, atau piston, yang jika mengalami kerusakan atau keausan dapat menyebabkan mobil brebet.

Cara Mengatasi Mobil Brebet

Berikut adalah lima cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah mobil yang brebet:

1. Periksa dan Bersihkan Sistem Bahan Bakar

Periksa apakah ada penyumbatan pada filter bahan bakar atau injektor. Dapat juga menggunakan cairan pembersih injektor khusus untuk membersihkan kotoran yang mungkin terdapat dalam sistem bahan bakar.

2. Ganti Busi dan Kabel Pengapian

Busi atau kabel pengapian yang rusak dapat mengganggu pembakaran yang tepat di dalam ruang bakar. Ganti busi yang sudah rusak dan pastikan kabel pengapian dalam keadaan baik.

3. Periksa Sistem Pembuangan

Pastikan tidak terjadi penyumbatan pada saluran knalpot. Jika ada bagian yang rusak atau karatan, segera ganti dengan yang baru untuk memastikan aliran gas buang yang lancar.

4. Periksa Sensor dan Kontrol Mesin

Sensor yang rusak dapat menyebabkan pengaturan yang tidak tepat pada mesin. Lakukan pemeriksaan sensor-sensor penting dan pastikan pengaturan mesin dalam kondisi optimal.

5. Perawatan Rutin dan Servis Berkala

Lakukan servis rutin dan servis berkala sesuai dengan jadwalnya sesuai dengan ketentuan oleh produsen mobil. Ini akan membantu mencegah dan mendeteksi masalah dengan cepat sebelum menjadi lebih serius.

Namun, setiap masalah mobil brebet mungkin memiliki penyebab yang berbeda. Perbaikan yang lebih tepat dapat dilakukan oleh teknisi otomotif. Jika sudah melakukan cara di atas namun mobil tetap brebet, disarankan untuk membawa mobil ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Cara Mengatasi Masalah Mesin Mobil Brebet

Suzuki. Akses pada 2023. Penyebab Mobil Brebet Saat di Gas & Solusinya.

Auto2000. Akses pada 2023. Mesin Mobil Brebet saat di Gas, ini Masalahnya.

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn