Harus Tahu, 6 Hal yang Membuat Usia Ban Mobil Cepat Habis!

Harus Tahu, 6 Hal yang Membuat Usia Ban Mobil Cepat Habis! Asuransi Reliance

Reliance – Jakarta. Apabila kamu mempunyai mobil, kamu perlu tahu apa saja sih yang membuat usia ban kamu cepat habis. Ini penting loh, karena ban merupakan hal yang esensial dalam berkendara, ingin tahu hal-hal yang membuat usia ban mobil cepat habis? Yuk simak di bawah ini!

Kamu Harus Tahu Kenapa Ban Mobil itu Penting!

Ban adalah komponen penting dari kendaraan apa pun dan bertanggung jawab untuk memastikan pengendaraan yang mulus dan aman. Ya, tentunya tanpa adanya ban, mobil juga tidak bisa berjalan.

Faktor yang Membuat Usia Ban Mobil Cepat Habis

Namun, beberapa faktor dapat mengancam masa pakai ban, yang menyebabkan masa pakai lebih pendek dan perlu sering diganti. Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa ancaman paling umum yang dapat memperpendek umur ban. Berikut beberapa di antaranya yaitu:

1. Kelebihan Angin (Overinflation)

Overinflation ban dapat menyebabkan keausan yang berlebihan di bagian tengah tapak, yang menyebabkan umur ban menjadi lebih pendek. Kelebihan angin ini juga dapat menyebabkan ban menjadi rapuh, membuatnya lebih rentan terhadap tusukan dan kerusakan di jalan.

2. Kurang Angin (Underinflation)

Sebaliknya, underinflation ban dapat menyebabkan keausan berlebihan di tepi tapak, yang menyebabkan umur pakai lebih pendek. Kekurangan angin juga dapat menyebabkan ban menjadi terlalu panas, yang dapat menyebabkan ledakan di ban, dan kamu harus hati-hati terhadap ban yang kurang angin di jalan yang ramai.

3. Penyelarasan Roda (Wheel Alignment) yang Tidak Sesuai

Penyelarasan roda yang tidak sesuai dapat menyebabkan keausan yang tidak merata pada ban, yang menyebabkan umur pakai lebih pendek. Demikian pula, penyelarasan roda yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan kendaraan menarik ke satu sisi, sehingga sulit dikendalikan.

4. Overloading

Overloading kendaraan dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada ban, yang menyebabkan umur lebih pendek. Kelebihan beban juga dapat menyebabkan ban menjadi terlalu panas karena tekanan dari beban yang ditopang oleh ban.

5. Bahaya di Jalan

Lubang, puing-puing, dan bahaya jalan lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada ban, yang menyebabkan masa pakai lebih pendek. Bahaya tersebut dapat menyebabkan tusukan, sobekan, dan bentuk kerusakan lainnya yang dapat melemahkan struktur ban.

6. Penyimpanan Ban yang Tidak Baik

Penyimpanan ban yang tidak baik dapat menyebabkan ban menjadi rusak, sehingga umur pakai menjadi lebih pendek. Ban harus disimpan di tempat yang sejuk, kering, jauh dari sinar matahari langsung, dan dalam posisi tegak.

Apa yang Harus Dilakukan Apabila Ban Mobil Sudah Berumur?

Jika masa pakai ban telah berakhir, penting untuk segera mengambil tindakan untuk menggantinya. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Riset

Sebelum membeli ban baru, lakukan riset untuk menemukan ban terbaik untuk kendaraan dan kebutuhan berkendara. Pertimbangkan faktor-faktor seperti jenis kendaraan, jenis mengemudi yang kamu lakukan (misalnya jalan raya, kota, off-road), dan iklim tempat kamu berkendara.

2. Pembelian

Beli ban baru dari dealer atau toko ban terkemuka. Pastikan ban memiliki ukuran dan jenis yang tepat untuk kendaraan kamu dan memiliki muatan dan kecepatan yang sesuai.

3. Instalasi

Pemasangan ban baru sebaiknya oleh seorang profesional. Mereka akan dapat memasang dan menyeimbangkan ban dengan benar untuk memastikan ban bekerja dengan benar dan aman.

4. Penyelarasan Roda

Jika memasang ban baru, ada baiknya memeriksa dan menyesuaikan penyelarasan roda atau ban kendaraan jika perlu.

5. Periksa Tekanannya

Setelah ban baru dipasang, penting untuk memeriksa tekanan udara untuk memastikannya berada pada level yang benar. Ban yang kelebihan atau kekurangan angin dapat menyebabkan ledakan atau pengendalian kendaraan yang buruk.

6. Pengawasan

Setelah mengganti ban, penting untuk mengawasinya untuk memastikan kondisinya baik. Periksa kedalaman tapak, dan cari tanda-tanda keausan atau kerusakan, dan periksakan ke profesional jika perlu.

Untuk memastikan umur panjang ban, sangat penting untuk merawatnya dengan baik dan waspada terhadap ancaman yang dapat mempersingkat masa pakai ban. Periksa tekanan ban, kesejajaran, dan kondisi keseluruhan secara teratur, dan hindari kelebihan beban atau memaparkannya pada kondisi yang keras dan terkena sinar matahari. Dengan mengambil langkah-langkah ini, kamu dapat membantu memperpanjang umur ban dan memastikan pengendaraan yang aman dan mulus.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Harus Tahu, 6 Hal yang Membuat Usia Ban Mobil Cepat Habis!

Tyre Market. Akses pada 2023. 5 Key Factors That Affect Tyre Life
McCluskey Chevrolet. Akses pada 2023. Driving Habits That Can Kill Your Tires

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn