Hati-Hati Ini Bahaya Salah Isi Jenis BBM!

Hati-Hati Ini Bahaya Salah Isi Jenis BBM!

Reliance – Jakarta. Jenis bensin ada banyak, tentunya ada yang murah dan mahal, tapi kamu perlu tahu bahwa dengan mengisi bensin yang tidak sesuai maka akan membuat bahaya mesin kamu loh! Yuk simak di bawah ini untuk mengetahui bahaya salah isi jenis BBM atau Bahan Bakar Minyak!

Bahaya kalau Salah Isi Jenis BBM

Salah memilih jenis bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan pada mesin kendaraan. Mesin kendaraan yang dirancang untuk menggunakan bahan bakar tertentu memiliki karakteristik dan suhu pembakaran yang berbeda dengan bahan bakar lainnya. Jika menggunakan jenis bahan bakar yang salah, suhu pembakaran dapat menjadi terlalu tinggi atau rendah, dan dapat menyebabkan mesin kendaraan tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin kendaraan yang pada akhirnya dapat memerlukan perbaikan yang mahal.

Selain itu, penggunaan bahan bakar yang salah juga dapat mengancam keselamatan pengguna kendaraan. Jenis bahan bakar yang salah dapat menyebabkan pembakaran yang tidak terkontrol atau bahkan ledakan pada mesin kendaraan. Jika ini terjadi saat kendaraan sedang digunakan, maka dapat membahayakan keselamatan pengguna dan orang lain di sekitarnya.

Cara Mengatasi Kesalahan Memilih Jenis Bahan Bakar

Jika terjadi kesalahan dalam memilih jenis bahan bakar, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kesalahan dalam memilih jenis bahan bakar:

1. Matikan Mesin Kendaraan

Jika Anda menyadari bahwa telah menggunakan jenis bahan bakar yang salah, segera matikan mesin kendaraan. Hal ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin kendaraan dan mengurangi risiko kebakaran atau ledakan.

2. Periksa Manual Kendaraan

Periksa manual kendaraan Anda untuk mengetahui jenis bahan bakar yang direkomendasikan oleh produsen. Jika menggunakan jenis bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi produsen, segera bawa kendaraan ke bengkel untuk pemeriksaan.

3. Bersihkan Sistem Bahan Bakar

Jika telah menggunakan jenis bahan bakar yang salah, bersihkan sistem bahan bakar secepat mungkin. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada mesin kendaraan dan memastikan kendaraan dapat berfungsi dengan baik.

4. Bawa Kendaraan ke Bengkel

Jika Anda tidak yakin apa yang harus kita lakukan atau jika kerusakan pada mesin kendaraan sudah terjadi, segera bawa kendaraan ke bengkel. Teknisi bengkel dapat membantu mengevaluasi kerusakan pada mesin kendaraan dan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah bahan bakar.

Setidaknya bila mobil dibiarkan melaju dengan kecepatan tinggi, kerusakan mesin akan terjadi. Pastikan putaran mesin serendah mungkin dan cari tempat yang aman untuk berhenti dan mematikan mesin. Jika kendaraan sudah diservis oleh bengkel tentunya akan segera ditangani dengan mengosongkan tangki bahan bakar atau melakukan perbaikan lainnya tergantung kondisi mesin.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Hati-Hati Ini Bahaya Salah Isi Jenis BBM!

CNN Indonesia. Akses pada 2023. Mengapa Mesin Kendaraan Butuh BBM yang Sesuai?

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn