Hati-Hati Kecelakaan di Musim Hujan, Terapkan 6 Tips Ini!

Hati-Hati Kecelakaan di Musim Hujan, Terapkan 6 Tips Ini!

Reliance – Jakarta. Cuaca yang tidak menentu menjadi pantangan bagi para pengendara mobil di Indonesia, dari yang awalnya cerah lalu menjadi hujan ekstrim membuat pengendara kagok di jalanan. Ini dia beberapa tips untuk menghindari kecelakaan di musim hujan, yuk diterapkan!

Kecelakaan di Musim Hujan dan Faktor Risikonya

Memang musim hujan selalu membawa resiko kecelakaan yang lebih tinggi. Bahkan, banjir, tanjakan yang licin, dan cuaca buruk dapat membuat jalan raya tidak aman. Faktanya, berkendara saat hujan deras sangat berbahaya dan memiliki beberapa risiko tambahan yang harus dipertimbangkan. Berikut adalah beberapa bahaya utama yang perlu diperhatikan saat berkendara saat hujan deras:

1. Visibilitas yang Buruk

Hujan deras dapat menurunkan visibilitas pengendara, membuat sulit untuk melihat jalan, pengendara lain, dan lingkungan sekitar. Ini bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

2. Ban yang Licin

Lebih lanjut, air hujan dapat membuat jalan dan ban mobil licin, membuat sulit untuk mempertahankan kendali mobil. Ban yang licin juga dapat memperburuk situasi jika terjadi pengereman mendadak atau situasi darurat lainnya.

3. Air Banjir

Tentu saja, hujan deras dapat menyebabkan banjir, dan berkendara melalui air banjir dapat membahayakan kendaraan dan pengendara. Ban mobil dapat terjebak dalam genangan air, membuat kendaraan terperosok atau bahkan terbalik.

4. Cuaca Buruk

Setidaknya, hujan deras dapat memperburuk situasi cuaca, termasuk angin kencang dan petir. Ini bisa membuat berkendara lebih sulit dan membahayakan.

5. Distraksi

Hujan deras dapat membuat pengendara merasa tidak nyaman dan cepat lelah, membuat sulit untuk fokus dan meningkatkan risiko distraksi.

Tips Menghindari Kecelakaan di Musim Hujan

Berikut adalah 6 tips untuk menghindari kecelakaan di musim hujan:

1. Kecepatan yang Sesuai

Kecepatan yang terlalu tinggi akan membuat sulit untuk mempertahankan kendali mobil saat ban terpeleset. Selalu pastikan untuk memperlambat kecepatan dan memperhatikan situasi jalan raya sebelum mengubah kecepatan.

2. Jaga Jarak Kendaraan

Jarak jaga yang lebih panjang akan memberikan waktu tambahan untuk reaksi jika ada kecelakaan atau situasi darurat lainnya.

3. Gunakan Lampu

Pada cuaca buruk, gunakan lampu mobil untuk membantu memantau situasi di sekitar. Ini juga akan membantu memberikan tanda pada pengendara lain bahwa anda ada di jalan.

4. Hindari Membawa Barang Berlebihan

Barang berlebihan dalam mobil dapat membuat sulit untuk mempertahankan keseimbangan dan memperburuk situasi jika terjadi kecelakaan.

5. Jangan Terlalu Tergesa-gesa

Jangan terlalu tergesa-gesa saat memacu mobil kamu di jalan raya pada cuaca buruk. Berkendaralah dengan tenang dan fokus akan membantu mengurangi risiko kecelakaan.

6. Periksa Kondisi Kendaraan

Sebelum berkendara, pastikan untuk memeriksa kondisi kendaraan termasuk ban, lampu, dan sistem pengereman. Kondisi kendaraan yang baik akan membantu mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara di musim hujan. Jika terdapat masalah, segera perbaiki atau gantikan bagian yang rusak sebelum melanjutkan perjalanan.

Nah, itu dia cara menghindari kecelakaan pada saat musim hujan ya, kamu juga memitigasi masalah ini dengan cara menggunakan Asuransi Umum Reli-Oto, yang bisa kamu dapatkan di Asuransi Reliance Indonesia.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Hati-Hati Kecelakaan di Musim Hujan, Terapkan 6 Tips Ini!

RhinoLawyers. Diakses pada 2023. 7 Tips to Avoid a Car Accident When It’s Raining
Avrek. Diakses pada 2023. Driving in Heavy Rain

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn