Ingin Mudik dengan Mobil? Periksa Komponen-Komponen Ini!

Ingin Mudik dengan Mobil Periksa Komponen-Komponen Ini!

Reliance – Jakarta. Mudik telah tiba, bagi kamu yang sudah mempersiapkan diri untuk bepergian ke luar kota dengan mobil, Jangan lupa di cek komponen di dalamnya. Yuk simak di bawah ini ya bagi kamu yang ingin mudik dengan mobil!

Mudik dengan Mobil? Hati-Hati di Jalan!

Faktanya, mudik adalah tradisi pulang kampung atau pulang ke kampung halaman saat menjelang hari raya, terutama Idul Fitri dan Natal. Istilah ini biasanya digunakan untuk merujuk pada perjalanan dari kota tempat seseorang bekerja atau tinggal, ke kampung halaman di daerah lain, yang seringkali berjarak cukup jauh.

Mudik biasanya dilakukan untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara, serta merayakan hari raya bersama. Tradisi mudik adalah salah satu tradisi yang sudah melekat di masyarakat Indonesia dan dilakukan setiap tahunnya.

Komponen Mobil yang Perlu Kamu Cek sebelum Mudik

Berikut adalah beberapa komponen mobil yang harus diperiksa sebelum mudik:

1. Kondisi Ban

Ban merupakan salah satu komponen penting dalam mobil, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Pastikan ban mobil kamu dalam kondisi baik, tidak kempis, dan tidak aus. Cek tekanan angin pada ban dan pastikan sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil.

2. Rem

Rem adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk memastikan keamanan saat berkendara. Periksa kualitas cakram rem dan kampas rem agar tidak mengalami masalah saat pengereman.

3. Kondisi Mesin

Pastikan mesin mobil kamu dalam kondisi baik sebelum berangkat mudik. Periksa level oli mesin dan pastikan tidak kurang atau berlebihan. Periksa juga kualitas air pendingin mesin dan pastikan tidak bocor atau terlalu kotor.

4. Kondisi Kelistrikan

Kelistrikan mobil sangat penting untuk memastikan sistem pengisian baterai dan pengoperasian lampu-lampu mobil. Pastikan kelistrikan mobil kamu dalam kondisi baik dan tidak ada kabel yang terkelupas atau konsleting.

5. Kondisi Suspensi

Suspensi mobil sangat penting untuk menjamin kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalan yang bergelombang atau berlubang-lubang. Pastikan suspensi mobil kamu dalam kondisi baik dan tidak bocor atau aus.

6. Kondisi AC

Jika kamu ingin perjalanan mudik kamu lebih nyaman, pastikan AC mobil kamu dalam kondisi baik dan mampu bekerja dengan baik. Periksa kualitas gas AC dan pastikan tidak kurang atau berlebihan.

7. Kondisi Sistem Pendingin Bahan Bakar

Sistem pendingin bahan bakar sangat penting untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin mobil. Pastikan sistem pendingin bahan bakar kamu dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Demikian beberapa komponen mobil yang harus diperiksa sebelum mudik. Pastikan mobil kamu dalam kondisi baik dan siap untuk menghadapi perjalanan jauh. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan safety dan mengikuti protokol kesehatan saat melakukan perjalanan mudik.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ingin Mudik dengan Mobil? Periksa Komponen-Komponen Ini!

CNN Indonesia. Akses pada 2023. 7 Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Sebelum Mudik

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn