Ini dia 10 Tips Meningkatkan Performa Motor

Ini dia 10 Tips Meningkatkan Performa Motor

Reliance – Jakarta. Motor kamu belum ditingkatkan performanya? Walaupun motor pada saat setelah pembelian sudah bagus, tapi peningkatan performa dengan mengganti suku cadang atau komponen dengan yang berkualitas itu dapat menguntungkan kamu loh. Penasaran bagaimana? Yuk simak 10 tips meningkatkan performa motor kamu di bawah ini!

Performa Motor? Apa Saja?

Jadi, performa sepeda motor itu mengacu pada kemampuan dan karakteristik sepeda motor, seperti tenaga kuda, torsi, akselerasi, kecepatan tertinggi, penanganan, dan stabilitas.

Faktanya, performa dapat ditingkatkan dengan melakukan modifikasi pada sepeda motor atau dengan menggunakan suku cadang dan komponen berkualitas tinggi. Tentu saja, beberapa modifikasi umum yang dapat meningkatkan performa sepeda motor antara lain adalah upgrade sistem pembuangan, pemasangan filter udara, penggunaan bensin beroktan tinggi, penyetelan karburator atau sistem injeksi bahan bakar, penggantian busi, upgrade suspensi, dan modifikasi rasio roda gigi.

Lebih lanjut, meningkatkan performa sepeda motor bisa membuatnya lebih cepat, lincah, dan responsif di jalan raya. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa memodifikasi sepeda motor juga dapat memengaruhi keandalan dan keamanannya, dan penting untuk mengikuti semua undang-undang dan peraturan yang berlaku saat melakukan perubahan apa pun pada sepeda motor kamu.

Tips Meningkatkan Performa Motor

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan performa sepeda motor Anda:

1. Meningkatkan Sistem Pembuangan

Pertama-tama, sistem pembuangan dapat membantu meningkatkan tenaga dan torsi sepeda motor dengan mengurangi tekanan balik dan meningkatkan aliran pembuangan.

2. Pasang Filter Udara

Begitu pula, filter udara dapat membantu meningkatkan jumlah udara yang masuk ke mesin, yang dapat meningkatkan tenaga kuda dan akselerasi.

3. Gunakan Bensin Berkualitas Tinggi

Selanjutnya, dengan menggunakan bensin beroktan tinggi dapat meningkatkan performa sepeda motor kamu karena memiliki kandungan energi yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan horse power dan torsi.

4. Setel Karburator atau Sistem Injeksi Bahan Bakar

Dengan menyetel karburator atau sistem injeksi bahan bakar secara benar dapat membantu mengoptimalkan rasio bahan bakar ke udara, yang dapat meningkatkan performa sepeda motor.

5. Ganti Busi

Lebih dari pada itu, mengganti busi dengan busi berperforma tinggi dapat membantu meningkatkan sistem pengapian sepeda motor, yang dapat menghasilkan kinerja yang lebih baik.

6. Tingkatkan Suspensi

Selain itu, meningkatkan suspensi pada sepeda motor Anda dapat membantu meningkatkan penanganan dan stabilitas, yang dapat menghasilkan performa yang lebih baik di jalan raya.

7. Modifikasi Rasio Roda Gigi

Demikian pula, memodifikasi rasio roda gigi dapat membantu meningkatkan akselerasi dan kecepatan tertinggi sepeda motor dengan mengubah jumlah putaran mesin untuk setiap putaran roda belakang.

8. Ringankan Sepeda Motor

Menghilangkan beban yang tidak perlu pada sepeda motor dapat membantu meningkatkan akselerasi dan penanganannya.

9. Gunakan Power Commander

Power Commander adalah perangkat yang dapat dipasang pada sepeda motor Anda untuk menyesuaikan peta bahan bakar dan pengapian, yang dapat membantu meningkatkan performa.

10. Dapatkan Penyetelan oleh Profesional

Terakhir, melakukan penyetelan oleh profesional dapat membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah apa pun pada sepeda motor Anda, yang dapat meningkatkan performa.

Nah, itu dia 10 tips meningkatkan performa motor kamu agar menjadi lebih bagus dan nyaman untuk digunakan ya ReliFriends.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ini dia 10 Tips Meningkatkan Performa Motor

Bajajatutofinance. Diakses pada 2023. How to Improve Your Bike Performance in 7 Easy Steps?
Wikihow. Diakses pada 2023. How to Improve Your Motorcycle’s Performance

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn