Ini Dia 5 Cara Bikin Suspensi Motor Berumur Panjang

Ini Dia 5 Cara Bikin Suspensi Motor Berumur Panjang

Reliance – Jakarta. Suspensi membuat berkendara motor kamu semakin nyaman, tapi terkadang dengan jalanan yang rusak dan motor yang tidak terawat membuat suspensi cepat rusak. Ingin tahu cara agar suspensi motor berumur panjang, simak di bawah ini yuk!

Suspensi Motor, Fungsinya Apa Saja?

Umumnya, suspensi motor adalah komponen dalam sebuah kendaraan bermotor. Fungsinya adalah untuk menyerap guncangan saat berkendara dan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman. Namun, suspensi motor yang tidak terawat dengan baik bisa mengalami kerusakan dan memperpendek umur suspensi tersebut.

Ini Dia 5 Cara Membuat Suspensi Motor Berumur Panjang

Oleh karena itu, di bawah ini adalah 5 cara untuk membuat suspensi motor berumur panjang:

1. Lakukan Perawatan secara Berkala

Faktanya, perawatan suspensi motor secara berkala adalah cara paling mudah untuk memperpanjang umur suspensi tersebut. Beberapa tindakan yang dapat kita lakukan untuk merawat suspensi adalah membersihkan suspensi dari kotoran dan debu, memeriksa keausan pada baut dan bushing, serta memeriksa level oli. Hal ini dapat membantu menghindari kerusakan yang lebih serius pada suspensi.

2. Hindari Beban Berlebih

Tentu saja, beban berlebih dapat memperpendek umur suspensi motor. Maka, hindari membawa beban yang melebihi kapasitas yang diizinkan.

Perhatikan juga penempatan beban pada kendaraan, misalnya jangan memasang box yang terlalu besar di belakang motor. Hal ini dapat mengakibatkan beban tidak seimbang dan memberi beban lebih pada suspensi.

3. Gunakan Suspensi yang Sesuai

Setiap jenis suspensi memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, sesuai dengan tipe kendaraan dan penggunaannya. Pastikan pemilihan suspensi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi kendaraan.

Memasang suspensi yang tidak sesuai bisa membuat beban lebih berat pada suspensi dan memperpendek umur suspensi tersebut.

4. Jangan Melewati Speed Bump atau Jalan Berlubang dengan Kecepatan Tinggi

Melompati speed bump atau jalan berlubang dengan kecepatan tinggi dapat merusak suspensi. Hal ini karena beban yang diterima suspensi saat melompat bisa lebih besar daripada saat melewati dengan kecepatan yang wajar.

Selain itu, melompati speed bump juga dapat merusak suspensi karena kecepatan turun dengan tiba-tiba setelah melompat dapat membuat suspensi mengalami guncangan yang lebih besar.

5. Mengganti Suspensi pada Waktu yang Tepat

Suspensi motor mempunyai umur pemakaian terbatas. Pada umumnya, suspensi motor perlu diganti setiap 40.000 hingga 60.000 kilometer. Jangan menunggu suspensi rusak terlebih dahulu baru diganti, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih besar pada komponen lain.

Nah, itu dia cara yang baik menjaga suspensi motor agar berumur panjang, tentunya kamu juga harus hati-hati dengan kejadian yang tidak terduga ya. Kalau ingin lebih aman, kamu bisa menggunakan Li-Mo dari Asuransi Reliance Indonesia.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ini Dia 5 Cara Bikin Suspensi Motor Berumur Panjang

TVS. Akses pada 2023. How to take care of your motorcycle suspension

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn