Ini dia Fitur-Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Ini dia Fitur-Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Reliance – Jakarta. Mengendarai kendaraan mobil memiliki banyak risiko loh, dengan volume yang besar tentunya dapat membuat kamu kagok di jalanan, sehingga kamu sendiri perlu mengetahui fitur-fitur keselamatan di dalam mobil yang tersedia, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Kamu Perlu Tahu, Ini dia Fitur-Fitur Keselamatan di Mobil!

Umumnya, mobil adalah salah satu aset paling berharga bagi banyak orang. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa mobil kita memiliki fitur keselamatan yang baik untuk melindungi penumpang dan pengemudi dalam kecelakaan. Berikut adalah beberapa fitur keselamatan mobil yang perlu kamu ketahui:

1. Sistem Pengaman Tinggi (High Strength Safety Cell)

Tentu saja, sistem ini dirancang untuk melindungi bagian dalam mobil dari kerusakan akibat kecelakaan. Hal yang terpenting, struktur ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan benturan seperti baja atau alumunium.

2. Sistem Airbag (Airbag System)

Airbag adalah fitur keselamatan yang sangat penting dalam mobil. Mereka mampu memberikan pelindungan ekstra bagi penumpang dan pengemudi saat kecelakaan. Beberapa mobil saat ini memiliki airbag tambahan seperti airbag kaki, airbag dada, dan airbag bagian samping.

3. Sistem Pengendalian Stabilitas (Stability Control System)

Sistem ini membantu menjaga agar mobil tetap stabil dan meminimalkan risiko kecelakaan. Ini bertindak seperti pengendali arah yang membantu mobil tetap berada di jalur saat membelok atau melewati jalan yang licin.

4. Sistem Kemudi Tertutup (Closed Steering System)

Sistem ini membatasi akses ke mekanisme kemudi, membuatnya lebih sulit bagi pencuri untuk membawa mobil.

5. Sistem Pengereman Antilock (Antilock Braking System)

Sistem ini membantu menjaga agar roda tidak terkunci saat mengerem dengan keras, membuat pengemudi lebih dapat mengendalikan mobil saat situasi darurat.

6. Sistem Kelistrikan Tertutup (Closed Electrical System)

Sistem ini membatasi akses ke sistem kelistrikan mobil, membuatnya lebih sulit bagi pencuri untuk mencuri mobil.

Kenapa Fitur Ini Penting?

Fitur-fitur keselamatan pada mobil sangat penting karena membantu melindungi penumpang dan pengemudi dari cedera atau bahkan kematian saat terjadi kecelakaan. Ini juga membantu mengurangi risiko kerusakan pada mobil dan membuat pengemudi lebih nyaman dan tenang saat mengemudi. Berikut adalah beberapa alasan mengapa fitur-fitur keselamatan itu penting:

1. Melindungi Penumpang dan Pengemudi

Fitur-fitur keselamatan seperti sistem pengaman tinggi, sistem airbag, dan sistem pengendalian stabilitas dirancang untuk melindungi bagian dalam mobil dari kerusakan akibat kecelakaan. Airbag dapat mencegah atau memperkecil cedera akibat benturan dengan mengurangi kekuatan benturan yang dialami oleh penumpang atau pengemudi.

2. Membuat Pengemudi Lebih Nyaman dan Tenang

Sistem pengendalian stabilitas membantu menjaga agar mobil tetap stabil dan meminimalkan risiko kecelakaan. Sistem pengereman antilock membantu menjaga agar roda tidak terkunci saat mengerem dengan keras, membuat pengemudi lebih dapat mengendalikan mobil saat situasi darurat.

3. Mengurangi Risiko Kerusakan pada Mobil

Tentu saja, fitur-fitur keselamatan seperti sistem pengaman tinggi dan sistem airbag dapat membantu mengurangi risiko kerusakan pada mobil saat terjadi kecelakaan. Ini membuat mobil lebih mudah untuk diperbaiki dan lebih murah dalam hal biaya perawatan.

4. Menambah Nilai Jual Mobil

Memang, mobil yang memiliki fitur keselamatan yang baik lebih bernilai dan lebih diinginkan oleh pembeli. Ini karena mereka memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi dan lebih nyaman bagi pengemudi dan penumpang.

5. Melindungi dari Pencurian

Hal yang utama, fitur keselamatan seperti sistem kemudi tertutup dan sistem kelistrikan tertutup membatasi akses ke mekanisme kemudi dan sistem kelistrikan mobil, membuatnya lebih sulit bagi pencuri untuk mengambil barang berharga di dalam mobil ataupun mencuri mobil.

Itu dia fitur-fitur keselamatan mobil yang perlu kamu ketahui, dengan adanya fitur-fitur ini, maka akan keselamatan kamu dalam membawa mobil pun bisa meningkat loh. Jangan lupa dengan menggunakan asuransi mobil untuk menjaga kamu dari kendala yang tidak terduga juga ya, karena asuransi juga sangat penting.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ini dia Fitur-Fitur Keselamatan Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Consumer Reports. Diakses pada 2023. Guide to Car Safety Features
My car does what. Diakses pada 2023. Car Safety Features

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn