Ini Dia Pedoman Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan

Ini dia Pedoman Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan

Reliance – Jakarta. Komponen yang paling penting untuk pengendara motor adalah ban, terutama pada saat musim hujan, dimana cuaca ekstrim hingga genangan air yang tidak kunjung surut membuat ban cepat rusak bahkan membuat kamu kecelakaan, yuk simak di bawah ini untuk pedoman memilih ban motor untuk musim hujan!

Ban Motor untuk Musim Hujan

Musim hujan adalah saat yang tepat untuk mengingatkan para pengendara motor tentang pentingnya memilih ban yang tepat untuk menghadapi kondisi jalan yang basah dan licin. Ban motor yang tepat dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan kamu selama berkendara di musim hujan.

Pedoman Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan

Berikut ini adalah beberapa pedoman untuk memilih ban motor yang pas untuk musim hujan:

1. Profil Ban

Pilih ban motor dengan profil ban yang sesuai untuk kondisi jalan basah. Profil ban yang baik untuk musim hujan adalah yang memiliki lekukan yang dalam dan rapat. Ini akan membantu ban menyerap air dan memperbaiki daya cengkeram di jalan basah. Pastikan juga untuk memilih ban motor yang memiliki tipe kembangan yang kuat untuk menjamin daya cengkeram yang optimal.

2. Ukuran Ban

Ukuran ban juga sangat penting saat memilih ban motor untuk musim hujan. Pilih ban motor dengan ukuran yang tepat untuk motor kamu. Ban yang terlalu kecil dapat mengurangi stabilitas motor dan ban yang terlalu besar dapat mengurangi daya cengkeram ban. Jangan lupa untuk memeriksa ukuran ban yang direkomendasikan oleh produsen motor kamu.

3. Kondisi Ban

Pastikan kondisi ban kamu dalam kondisi yang baik sebelum memasuki musim hujan. Periksa tekanan ban secara teratur untuk memastikan bahwa ban kamu tidak kehilangan tekanan udara. Ban yang kurang tekanan udaranya dapat mengurangi daya cengkeram dan stabilitas motor kamu. Periksa juga keausan pada permukaan ban untuk memastikan bahwa ban kamu masih dalam kondisi yang layak untuk digunakan di jalan basah.

4. Menghindari Genangan Air

Yang terakhir, ketika mengendarai motor di musim hujan, hindari genangan air sebisa mungkin. Genangan air dapat menyebabkan motor kamu tergelincir atau bahkan terperosok. Hindari melintasi genangan air dengan kecepatan tinggi dan pastikan untuk tetap berada pada jalur yang aman.

Kesimpulannya, memilih ban motor yang tepat untuk musim hujan sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan kamu selama berkendara. Pastikan untuk memilih ban yang sesuai dengan profil, ukuran, bahan, dan kondisi ban kamu. Dengan memilih ban yang tepat dan tetap waspada selama berkendara di jalan yang basah, kamu dapat menghindari bahaya dan memastikan keselamatan selama musim hujan.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Ini dia Pedoman Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan

Rexco Solution. Akses pada 2023. Tips for Caring for a Motorcycle During the Rainy Season
JBA. Akses pada 2023. Riding A Motorcycle When It Rains, Here Are Tips!

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn