Knalpot Motor Berasap? Apakah Bermasalah?

Knalpot Motor Berasap? Apakah Bermasalah?

Reliance – Jakarta. Kamu sedang men-starter motor kamu dan tiba-tiba ada knalpot berbunyi keras dan berasap seperti fogging? Kenapa bisa ya? Yuk simak pembahasan knalpot motor berasap di bawah ini!

Knalpot Motor Berasap? Kenapa Bisa?

Berikut beberapa alasan mengapa knalpot motor berasap dapat terjadi, antara lain:

1. Overbore

Pertimbangkan jenis medan yang akan kamu lalui dan jarak yang akan kamu tempuh. Motor yang lebih besar dan lebih bertenaga mungkin lebih nyaman untuk perjalanan jauh, tetapi mungkin tidak gesit di tikungan sempit atau di jalan yang kasar.

2. Kerusakan pada Sistem Bahan Bakar

Memang, masalah pada sistem bahan bakar seperti karburator yang rusak atau injeksi bahan bakar yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan bahan bakar tidak terbakar dengan baik dan menghasilkan asap.

3. Permintaan Bahan Bakar yang Terlalu Banyak

Jika mesin membutuhkan lebih banyak bahan bakar daripada yang dapat dikonsumsi, maka akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna dan menghasilkan asap.

4. Kebocoran Katup/Klep

Faktanya, katup mempunyai fungsi sebagai jalur keluar-masuk udara ke ruang pembakaran. Ketika motor telah digunakan dalam waktu lama, maka komponen ini dapat mengeras dan kurang rapat. Pada akhirnya, katup/klep mengalami kebocoran, sehingga oli mudah masuk ke ruang mesin.

5. Ring Piston Aus

Ring piston berfungsi untuk menutup dua bagian mesin, yakni bagian atas silinder sebagai ruang bakar, dengan bagian bawah yang berupa bak mesin. Hal yang utama, ring piston yang telah aus dapat membuat oli rembes ke ruang bakar. Oli ini nantinya akan ikut terbakar pada saat motor dihidupkan. Ketika dibiarkan, oli mesin akan cepat habis, mesin terasa kasar, dan juga kehilangan tenaga.

Cara Memperbaiki Masalah Knalpot Berasap

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki masalah knalpot motor berasap:

1. Periksa Sistem Bahan Bakar

Pertama-tama, periksalah karburator atau sistem injeksi bahan bakar dan pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika ada masalah, perbaiki atau gantilah dengan yang baru.

2. Periksa Ukuran Knalpot

Selanjutnya, pastikan knalpot memiliki ukuran yang sesuai dengan mesin. Jika terlalu besar, gantilah dengan yang lebih kecil.

3. Periksa Saringan Udara

Pastikan saringan udara bersih dan tidak tersumbat. Jika kotor, bersihkan atau gantilah dengan yang baru.

4. Periksa Bahan Bakar

Demikian pula, pastikan bahan bakar yang digunakan berkualitas baik dan sesuai dengan spesifikasi mesin.

Itu dia kenapa knalpot kamu berasap dan bermasalah, selalu cek knalpotmu dengan sparepart motor yang lain ya.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Knalpot Motor Berasap? Apakah Bermasalah?

Motodeal. Akses pada 2023. How to repair and repaint exhaust pipes
Motorcycle Heart. Akses pada 2023. How To Fix Motorcycle Exhaust Leak

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn