Pentingnya Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

Pentingnya Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

Reliance – Jakarta. Saat ban mobil tiba-tiba bocor di tengah jalan, sebaiknya kendaraan kita pinggirkan lebih dulu. Tentunya kita perlu untuk memberi tanda bahwa mobil mengalami kerusakan. Yuk simak pentingnya segitiga pengaman mobil untuk keselamatan di jalan!

Apa itu Segitiga Pengaman Mobil?

Segitiga pengaman merupakan perlengkapan keamanan mobil yang sangat penting untuk keselamatan dalam perjalanan. Segitiga pengaman didesain berbentuk segitiga dan memiliki ujung sudut dan sisi yang berwarna merah dengan lebar sisi 5 cm, panjang 4 cm dan terdapat lubang pada tengahnya. Pemilihan warna merah untuk segitiga pengaman berfungsi untuk memberi efek pantulan cahaya ketika terkena lampu mobil, hal itu membuat pengendara lain mengetahui posisi mobil kamu. Segitiga ini wajib ada di dalam mobil. Tahukah kamu jika dalam UU No.22 Thn 2009 pasal 57 ayat 3C dan pasal 121 terdapat aturan penggunaan dari segitiga pengaman.

Fungsi Segitiga Pengaman

Fungsi dari segitiga pengaman ialah sebagai tanda atau isyarat saat mobil mengalami kerusakan atau kecelakaan di tengah jalan sehingga pengendara lainnya dapat berhati-hati dan tentunya dapat terhindar dari kecelakaan atau masalah lainnya. Segitiga ini juga berguna sebagai petunjuk bagi petugas lalu lintas yang sedang bekerja atau patroli dan segera dapat memberikan bantuan.

Cara Penggunaan Segitiga Pengaman

Posisi peletakan segitiga pengaman tidak boleh sembarangan, harus diletakkan pada posisi dan dengan jarak sebagi berikut:

1. Posisi Segitiga

Peletakan segitiga pengaman harus pada bagian belakang dan depan mobil dan juga di samping  agar memastikan pengendara yang lain dapat melihat tanda dari jarak jauh dan dapat terhindar dari kecelakaan beruntun.

2. Jarak Peletakannya

Jaraknya tentu berbeda-beda, jika diletakkan pada bagian belakang dan depan mobil, harus dengan jarak kurang lebih 4 meter, sedangkan peletakkan segitiga di samping mobil harus dengan jarak tidak lebih dari 40 cm.  Jarak peletakkan ini berfungsi agar pengendara dapat melihat tandanya walau dari jarak jauh dan tidak mengganggu jalanan.

3. Pantulan Cahaya

Selain tidak mengganggu jalanan, tata letak segitiga pengaman agar warna merah pada segitiga dapat mendapatkan pantulan cahaya yang cukup sehingga dapat terlihat walaupun dari jarak jauh. Pantulan cahaya yang kurang dapat menyebabkan segitiga tak terlihat apalagi dalam malam hari atau cuaca buruk.

Seperti pada penjelasan sebelumnya, bahwa penggunaan segitiga pengaman sudah diatur di dalam UU, dengan hal itu segitiga pengaman ini wajib ada di dalam mobil. Jika tidak ada, maka akan dikenakan denda. Itu dia penjelasan mengenai segitiga pengaman pada mobil dan kegunaannya.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Pentingnya Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

Sterconcepts. Akses pada 2023. What are Warning Triangles?
Justtyres. Akses pada 2023. How Far Should You Place A warning Triangle From Your Car?

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn