Tipe-Tipe Helm untuk Perjalanan dengan Motor Kamu

Tipe-Tipe Helm untuk Perjalanan dengan Motor Kamu

Reliance – Jakarta. Sedang mencari helm untuk perjalanan kamu? Eits, sebelumnya, tipe-tipe helm itu berbeda-beda loh. Yuk simak selengkapnya tipe-tipe helm untuk perjalanan dengan motor kamu di sini, untuk mendapatkan helm yang sesuai untukmu!

Helm, Mengamankan Kepala dan Dirimu!

Helm adalah bagian penting dari peralatan keselamatan bagi pengendara sepeda motor karena melindungi kepala dan otak dari cedera jika terjadi kecelakaan. Fungsi utama helm adalah untuk meredam dampak benturan dan mendistribusikan kekuatan benturan ke permukaan helm. Hal ini secara signifikan dapat mengurangi risiko cedera kepala dan otak, yang dapat berakibat fatal atau mengakibatkan kecacatan seumur hidup.

Tentu saja, mengenakan helm juga dapat membantu melindungi pengendara dari cedera lain seperti goresan dan memar, dan juga dapat membantu mengurangi hambatan angin dan kebisingan, sehingga pengendaraan menjadi lebih nyaman.

Selain itu, helm juga dapat membantu melindungi wajah dan mata pengendara dari sinar matahari, angin, dan debu, yang dapat membantu mengurangi kelelahan dan meningkatkan jarak pandang.

Tipe-Tipe Helm yang Bisa Kamu Gunakan

Berikut ada beberapa jenis helm yang biasa digunakan untuk berkendara dengan motor. Ini termasuk:

1. Helm Full Face

Jenis helm full face adalah jenis helm yang paling protektif karena menutupi seluruh kepala, termasuk dagu dan rahang. Mereka juga biasanya menampilkan pelindung untuk melindungi mata dari angin dan kotoran.

2. Helm Modular

Helm ini mirip dengan helm full face tetapi memiliki mekanisme engsel yang memungkinkan palang dagu diangkat. Hal ini memungkinkan peningkatan ventilasi dan komunikasi yang lebih mudah dengan pengendara lain.

3. Helm Open Face

Helm ini menutupi bagian atas dan belakang kepala tetapi membiarkan wajah dan rahang terbuka. Jenis ini biasanya tanpa kaca pelindung, kalaupun ada hanya untuk melindungi mata.

4. Helm Half Face

Helm jenis ini mirip dengan helm open face yang juga menutupi bagian atas kepala dan membiarkan wajah dan rahang terbuka. Perbedaannya dengan helm open face, pada kaca pelindung yang melindungi hingga mulut dan dagu. Mereka memberikan perlindungan yang lebih sedikit daripada helm full face tetapi lebih nyaman dipakai dalam cuaca panas.

5. Helm Off Road

Helm jenis ini dirancang khusus untuk berkendara off-road dan memiliki pelindung untuk melindungi mata dan pelindung dagu untuk melindungi rahang. Mereka juga sering menampilkan ventilasi untuk meningkatkan aliran udara dan mengurangi penumpukan panas.

Saat memilih helm, penting untuk memilih helm yang pas dan memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Selain itu, pengendara harus mengetahui manfaat dan keterbatasan setiap jenis helm dan memilih salah satu yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan berkendara mereka.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Tipe-Tipe Helm untuk Perjalanan dengan Motor Kamu

Motorcycle Legal Foundation. Akses pada 2023. A Beginner’s Guide to Types of Motorcycle Helmets
GoDigit. Diakses pada 2023. Akses pada 2023. Different Types of Helmets

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn