Tips Merawat Busi Motor

Tips Merawat Busi Motor

Reliance – Jakarta. Pastinya, busi motor merupakan salah satu komponen yang cukup penting untuk kita perhatikan. Karenanya, cara merawat busi motor menjadi penting. Yuk simak tips merawat busi motor di sini!

Kenapa Harus Merawat Busi Motor?

Pendek kata, busi motor adalah bagian yang penting dalam menjaga performa mesin motor tetap stabil dan prima. Fungsi busi motor yaitu untuk membakar udara dan bahan bakar di ruang mesin melalui percikan api sehingga motor dapat menyala dan digunakan. Namun, jika busi motor bermasalah, maka motor pun tidak akan menyala.

Hal yang utama bagi pengguna motor, untuk mengetahui pentingnya merawat dan membersihkan busi motor agar kondisi mesin motor tetap terjaga. Faktanya, membersihkan busi motor bukanlah hal yang susah, kamu dapat melakukannya di rumah.

Cara Merawat Busi Motor

Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari kerusakan pada busi motor:

1. Memeriksa Ujung Elektroda

Warna ujung elektroda dapat menjadi tanda bagaimana proses pembakaran berjalan. Jika ujung elektroda berwarna abu-abu atau merah bata, artinya busi motor dalam keadaan baik dan dapat melakukan pembakaran dengan optimal.

2. Membersihkan Ujung Elektroda

Menjaga kebersihan dari elektroda adalah salah satu cara untuk menjaga busi motor. Membersihkan endapan karbon sisa pembakaran yang menempel pada ujung elektroda menggunakan cairan yang bersifat non-metal seperti brake cleaner dan hindari penggunaan amplas dan cairan yang bersifat abrasif terhadap karat karena hal tersebut dapat mengikis permukaan elektroda.

3. Mengecek Kerapatan Elektroda

Cara ini dapat kamu lakukan bersamaan saat mengganti oli, karena mengecek kerapatan elektroda merupakan hal yang penting, bila terlalu rapat, penggunaan listrik akan berlebih dan menyebabkan mesin panas, sedangkan jika terlalu renggang busi akan kesulitan untuk menyalakan motor. 

4. Mengganti Busi Motor

Hal ini rutin dilakukan untuk memaksimalkan kerja busi dalam pembakaran mesin motor. Mengganti busi motor harus menyesuaikan kode sepeda motor dan jika kilometer ada di angka 5.000 – 10.000 Km kamu dapat melakukan pembersihan isolator dan mengganti busi motor.

Itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga busi motor. Pastinya, agar busi tetap berfungsi dengan baik dan motor dapat menyala dan digunakan dengan sangat baik.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda dua atau motor, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Li-Mo (Reliance Motor) dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Li-Mo memberikan manfaat berupa pemberian ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan pada motor kamu, yang disebabkan oleh antara lain tabrakan, benturan, perbuatan jahat, pencurian dan kebakaran dengan syarat dan ketentuan sesuai polis. Fleksibel, aman, cepat, dan tidak berbelit-belit.

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Tips Merawat Busi Motor

Credr.com. Akses pada 2023. Maintenance tips for your motorcycle Spark plug
MotorcycleValley. Akses pada 2023. How to clean motorcycle spark plug

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn