Tips Perawatan Rem Cegah Kecelakaan Maut Bawen Terulang

Tips Perawatan Rem Cegah Kecelakaan Maut Bawen Terulang

Reliance – Jakarta. Kecelakaan maut akibat rem blong kembali terulang, belum lama ini terjadi pada pertigaan exit Tol Bawen Semarang, Jawa Tengah pada 23 September 2023. Yuk simak tips perawatan rem cegah kecelakaan maut bawen terulang kembali pada artikel di bawah ini!

Kecelakaan Maut Exit Tol Bawen Semarang

Akibat rem kendaraan blong, kecelakaan tidak dapat terhindarkan. Pada hari Sabtu, 23 September 2023 sekitar pukul 18.30, sebuah truk tronton diduga mengalami rem blong saat keluar tol Bawen dan menabrak mobil dan sepeda motor yang sedang berhenti di traffic light atau lampu merah pertigaan exit Tol Bawen Semarang, Jawa Tengah.

Pengemudi truk panik dan membunyikan klakson dengan keras dan panjang, namun karena sedang lampu merah, kendaraan di depannya tidak dapat menghindar, sehingga kecelakaan pun terjadi. Beberapa kendaraan roda dua terbakar. Insiden ini menewaskan 3 orang di lokasi kejadian dan 26 orang mengalami luka-luka.

Tips Perawatan Rem Kendaraan Cegah Kecelakaan Maut Bawen Terulang

Rem adalah sistem yang relatif sederhana tetapi merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Selain mencegah kemungkinan kecelakaan mobil, rem mobil yang terawat dengan baik akan meningkatkan umur panjang dan performa mobil Anda. Menjaga rem mobil dalam kondisi prima merupakan hal yang mudah dan tidak boleh kita anggap remeh. Bahkan sistem rem terbaik pun memerlukan perawatan rutin. Berikut beberapa tips perawatan rem yang akan membantu Anda dan pengguna jalan lainnya tetap aman di jalan:

1. Periksa Bantalan Rem dan Rotor

Bantalan rem dan rotor adalah titik kontak antara sistem pengereman dan ban Anda. Elemen-elemen ini lebih mudah rusak bila kita bandingkan dengan komponen lainnya dan memerlukan perawatan yang lebih sering. Gesekan antara ban dan bantalan rem menyebabkan panas, dan panas ini membuat bantalan rem menjadi rusak. Penting untuk memeriksa kualitas dan kedalaman bantalan untuk memastikan ketahanannya cukup.

Jika Anda merasa perlu menekan pedal rem lebih jauh atau mencium bau terbakar, atau jarak yang diperlukan untuk berhenti bertambah drastis, mungkin inilah saatnya untuk memeriksa dan mengganti bantalan rem dan rotor Anda. Untuk memeriksa bantalan rem dan rotor di rumah, Anda hanya perlu melepas ban untuk menilai keausannya. Jika Anda melihat ada keausan atau kerusakan, segera ganti, atau bawa ke bengkel mobil untuk servis perbaikan rem cakram.

2. Mengganti Minyak Rem secara Berkala

Saat Anda menekan pedal rem, tekanan terbentuk dan ditransfer melalui minyak rem dari master silinder, melalui saluran rem, dan ke kaliper, yang mentransfer tekanan ini ke bantalan rem dan rotor. Oleh karena itu, minyak rem sangatlah penting karena merupakan penghubung antara Anda dan sistem pengereman mobil Anda.

Sayangnya, minyak rem menarik kelembapan, sehingga dapat sangat merusak sistem pengereman Anda. Kelembaban pada minyak rem menyebabkan korosi pada komponen logam rem dan menurunkan titik didih minyak rem serta mempengaruhi efektivitas rem.

Minyak rem harus kita periksa dan rutin ganti, dari produsen umumnya setiap 20.000 – 30.000 km atau setiap 2 tahun. Kualitas yang keruh atau seperti susu menunjukkan bahwa minyak rem harus diganti.

3. Memeriksa Saluran Pembuangan Rem

Selain menyiram saluran rem dengan mengganti minyak rem, ada baiknya juga melakukan pembuangan saluran rem untuk menghilangkan udara berlebih. Ketika sejumlah kecil udara terperangkap di dalam saluran rem, hal ini dapat mengurangi efektivitas sistem pengereman.

Sistem pembuangan udara membuang udara dari saluran rem dengan menekan pedal rem sambil menyetel katup pembuangan, dan hal ini harus dilakukan setiap 2– 3 tahun. Hal ini dapat selesai selama servis inspeksi rem terjadwal.

4. Mengganti atau Meningkatkan Suku Cadang Rem

Terkadang mungkin perlu mengganti beberapa elemen dalam sistem pengereman Anda, dan ini bisa menjadi peluang bagus untuk meningkatkan ke performa yang lebih tinggi atau komponen khusus. Suku cadang seperti rem cakram berlubang yang lebih tahan panas atau peralihan ke bantalan keramik, yang lebih senyap dan menghasilkan lebih sedikit debu rem, merupakan peningkatan yang populer.

Meningkatkan dan mengganti komponen rem bila diperlukan akan meningkatkan umur panjang dan kinerja sistem pengereman kendaraan Anda.

5. Perawatan atau Servis Sistem Pengereman ke Bengkel

Salah satu cara paling efektif untuk memastikan kinerja rem Anda adalah dengan perawatan atau servis ke bengkel. Ada banyak faktor eksternal yang berkontribusi terhadap kerusakan rem, seperti:

  • Membawa terlalu banyak beban
  • Pengereman yang tidak perlu, terlambat, atau berat
  • Cuaca basah

Menghindari hal ini, dan situasi lain yang dapat mempengaruhi kinerja pengereman Anda, akan menjaga kinerja rem Anda lebih baik dalam jangka waktu yang lebih lama dan mengurangi kemungkinan terjadinya insiden terkait kegagalan rem.

Pastinya, rem Anda adalah keselamatan Anda di jalan, dan memastikan rem Anda berfungsi sempurna sangat penting untuk melindungi diri Anda sendiri dan penumpang Anda, serta orang-orang di sekitar Anda. Menjaga semua komponen pengereman dan mengemudi dengan baik tentunya akan menjamin rem Anda berfungsi secara efisien.

Bagi kamu yang selama ini mengendarai kendaraan bermotor roda empat atau mobil, kini saatnya mendapatkan perlindungan lebih dengan memiliki Asuransi Reli-Oto dari PT Asuransi Reliance Indonesia. Asuransi Reli-Oto menjamin risiko-risiko atas berbagai jenis kendaraan bermotor sesuai dengan yang tercantum dalam polis (Comprehensive dan Total Loss Only). Produk ini juga menyediakan perluasan jaminan antara lain Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga, Kecelakaan Diri dan Biaya Pengobatan bagi pengemudi dan penumpang, Bengkel Authorized Rekanan, serta risiko-risiko lainnya yang bersifat Force Majeur (Gempa Bumi, Banjir, Kerusuhan, Huru-hara, Terorisme, dan Sabotase).

Media Sosial PT Asuransi Reliance Indonesia:
Instagram  Facebook  YouTube  LinkedIn  TikTok

Sumber Artikel Tips Perawatan Rem Cegah Kecelakaan Maut Bawen Terulang

This Day Live. Akses pada 2023. How to Maintain Your Car’s Braking System
Action Gatot Tire. Akses pada 2023. 5 Keys to Brake Maintenance
Kompas. Akses pada 2023. 5 Fakta Kecelakaan di Exit Tol Bawen, Klakson Panjang Sebelum Menabrak dan 3 Orang Meninggal Dunia

Ditinjau oleh: Jeffry Kurniawan

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn