Reliance Turut Berpartisipasi dalam Acara Literasi Keuangan BAF

Reliance Turut Berpartisipasi dalam Acara Literasi Keuangan BAF

Reliance – Jakarta, 11 Juli 2024 – Sebagai komitmen untuk meningkatkan indeks literasi keuangan di Indonesia, khususnya keuangan syariah, PT Bussan Auto Finance (“BAF”) kembali menggelar program BAF PEKA (Program Edukasi Keuangan Anda) pada hari Rabu, 05 Juni 2024 di UPN Veteran Yogyakarta. Kegiatan literasi keuangan syariah yang bertemakan “Building Financial Literacy: Sharia Finance for College Students” ini dihadiri oleh sekitar 20 dosen dan 80 mahasiswa yang bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ekonomis Bisnis (FEB). Dalam pemberian materi, BAF berkolaborasi dengan PT Asuransi Reliance Indonesia memberikan pemahaman tentang keuangan syariah, mengulas perkembangan terkini aktivitas di industri pembiayaan dan asuransi, serta keuangan digital.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen dan konsistensi BAF untuk berkontribusi terhadap peningkatan literasi keuangan syariah di Indonesia, khususnya di industri pembiayaan.” ujar Direktur BAF, Sigit Sembodo, dalam sambutannya. Sejak tahun 2014, BAF terus aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi keuangan kepada pelajar dan mahasiswa, ibu rumah tangga,komunitas perempuan dan masyarakat umum, pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), petani, dan komunitas difabel. Hal itu untuk memperkenalkan industri dan lembaga jasa keuangan khususnya pembiayaan dan asuransi, dan/atau pengelolaan Keuangan.

Ketua Dewan Pengawas Syariah BAF, Dr. Ahmad Ifham Sholihin, S.Psi., M.H., memberikan materi perihal pembiayaan syariah dan gaya hidup halal ala mahasiswa. “Sudah banyak instrumen keuangan syariah di Indonesia. Cermati juga hak, kewajiban, dan risiko pada setiap produk keuangan syariah.” pungkasnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, keyakinan, dan keterampilan para dosen dan mahasiswa agar dapat menentukan produk dan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhannya, memahami manfaat dan risikonya, mengetahui hak dan kewajiban, serta meyakini bahwa produk dan jasa keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan.

Sebagai perusahaan yang bergerak di Industri Keuangan Non Bank yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), BAF terus melanjutkan perannya dalam meningkatkan literasi keuangan kepada masyarakat luas. Program literasi tersebut tercermin dalam kegiatan BAF PEKA (Program Edukasi Keuangan Anda) yang secara konsisten diselenggarakan setiap tahun.

Sekilas Tentang PT Asuransi Reliance Indonesia

ARI adalah salah satu perusahaan Asuransi Nasional yang terkemuka dengan produk Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kendaraan. ARI merupakan bagian dari Reliance Capital Management Group (RCM), yaitu sebuah induk perusahaan jasa keuangan terintegrasi yang menyediakan solusi keuangan satu pintu untuk para nasabah, dengan cakupan portofolio diantaranya adalah investasi,  proteksi hingga pembiayaan.

Didirikan pada akhir tahun 2002, ARI telah menawarkan berbagai produk Asuransi, diantaranya produk Asuransi Kendaraan Bermotor (LI-Mo dan ReLI-Oto), Asuransi Kesehatan, Asuransi Perlindungan Kecelakaan (PA ReLIku), Asuransi Pengangkutan, Asuransi Harta Benda dan lain-lain. Sebagai bentuk komitmen, ARI juga mempersembahkan beberapa program unggulan seperti ReliCare, Reli Priority, Reli Monic, dan lainnya.

Pada tahun 2007 ARI melengkapi produknya dengan menawarkan Asuransi Kesehatan Kumpulan dan di akhir tahun 2015 ARI telah mendirikan Unit Usaha Asuransi Syariah yang berfokus pada penjualan produk asuransi syariah seperti Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah, Asuransi Kebakaran Syariah, Asuransi Kecelakaan Diri Plus Pemutusan Hubungan Kerja, Asuransi Kecelakaan Diri Perjalanan Umroh, Asuransi Kesehatan Syariah, Asuransi Pembiayaan Multiguna Syariah, dan Asuransi Gempa Bumi Syariah.          

Selama dua dekade, ARI telah melayani lebih dari satu juta nasabah di seluruh Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari semangat kami untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk serta meningkatkan kualitas layanan.

Melalui pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dengan dukungan 4 Kantor Cabang (Bandung, Surabaya, Medan dan Batam), 5 Kantor Perwakilan (Pekanbaru, Serpong, Makassar, Cikarang dan Semarang), serta lebih dari 1500 jaringan provider (Klinik, Rumah Sakit dan Bengkel) yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan bentuk upaya kami untuk dapat terus memahami kebutuhan serta harapan seluruh nasabah.

Hingga akhir tahun 2023, ARI memiliki aset sebesar Rp 968 Miliar dengan ekuitas sebesar Rp 404 Miliar serta total pelanggan untuk asuransi kesehatan sebanyak 348.627 peserta sedangkan untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi lainnya sebanyak 655.823 pemegang polis.

Bagikan Berita Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn