Asuransi Reliance Indonesia Cetak Kinerja Cemerlang dengan Kenaikan Premi 28% di 2023 menjadi Rp 1,3 Triliun

Premi 2023 ARI Naik 28% Menjadi Rp1,3 Triliun

Jakarta, 10 Juni 2024 – PT Asuransi Reliance Indonesia (ARI) menutup tahun 2023 dengan mencatatkan kinerja yang membanggakan yaitu dengan membukukan pertumbuhan premi yang mencapai kenaikan 28% menjadi sebesar Rp1,3 Triliun. Selain pertumbuhan premi, ARI juga memperoleh laba sebesar Rp23 Miliar atau naik 36% dibanding tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan dalam laporan Direksi pada acara Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST)  yang diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2024 bertempat di Soho Westpoint, Jakarta Barat.

Kinerja Perseroan Tahun Buku 2023

Dalam RUPST tersebut Direksi melaporkan kinerja ARI untuk tahun buku 2023 yang dilanjutkan dengan laporan pengawasan Dewan Komisaris.

Armon Trifery selaku Direktur ARI mengatakan, “sesuai laporan audit, Pendapatan Premi ARI mencapai Rp1,3 Triliun pada tahun buku 2023 atau meningkat sebesar 28% jika dibandingkan dengan tahun buku 2022 yang sebesar Rp1,0 Triliun. Disisi lain, Laba juga berhasil dibukukan mencapai Rp23 Miliar atau meningkat sebesar 36% jika dibandingkan dengan tahun buku 2022 sebesar Rp17 Miliar. Laba tersebut setelah dikurangi pajak dan lain-lain dialokasikan sebagai Laba Ditahan, yang akan menjadi modal penting bagi ARI untuk mengembangkan kinerja dan meningkatkan layanan kepada para pelanggan di masa depan”.

Armon juga melanjutkan, Kami sangat bangga dengan pencapaian kinerja ARI pada tahun buku 2023 tersebut. Ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi seluruh tim dalam memberikan layanan terbaik dan juga dukungan dari seluruh nasabah ARI. Pencapaian kinerja ARI yang baik ini juga tidak terlepas dengan strategi perusahaan yang telah mulai memasuki lini bisnis digital. Melalui aplikasi Relicare sebagai salah satu produk unggulan ARI telah terbukti mendongkrak pertumbuhan bisnis ARI. Kedepan aplikasi ini akan terus dikembangkan untuk memberikan kemudahan informasi dan layanan terbaik melalui genggaman nasabah. Relicare adalah Reliance One Stop Solution Mobile Application dirancang khusus untuk memudahkan peserta melakukan Chat Dokter (ReliDoc Telemedicine), Registrasi Reli Monic, Registrasi Reli Priority, mendapatkan Informasi Claim, Pengajuan Klaim (Claim Photo), Jaringan Rumah Sakit/Provider rekanan terdekat, Artikel & Video Kesehatan serta dapat berkomunikasi langsung dengan cepat ke Tim Hotline 24 Jam Reliance Bebas Pulsa. Aplikasi Relicare mendukung ARI dalam melakukan manajemen klaim yang secara langsung meningkatkan kinerja Perusahaan.

Dengan fondasi kinerja yang kuat ini, ARI berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan serta menciptakan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan dan bertekad menjadi pilihan utama jaminan perlindungan bagi masyarakat.

Prospek Usaha Kedepan

Pada bagian lain,  dalam RUPST tersebut Armon juga melaporkan prospek usaha perusahaan kedepan, ARI akan lebih selektif dalam  mempertahankan pelanggan dan memperluas jangkauan pelanggan baru. Kestabilan kinerja keuangan, ketersediaan modal yang sesuai dengan analisis profil bisnis Perusahaan, dan manajemen reasuransi, prinsip kehati-hatian dan desain pemasaran yang tepat sasaran merupakan inti dari strategi ARI agar dapat memaksimalkan saluran distribusinya untuk meraih peluang bisnis yang ada.

Sesuai dengan Visi dan Misi Perusahaan adalah selalu menjadi pilihan utama untuk asuransi kendaraan dan kesehatan. Namun di tahun 2024  PT Asuransi Reliance Indonesia akan lebih meningkatkan pemasaran asuransi kendaraan agar bisa menjadi salah satu pilihan pelanggan dalam memberikan proteksi asuransi dan tentu saja  didukung oleh kenyamanan dan kemudahan dalam memperoleh informasi secara digitalisasi yang terus menerus dikembangkan oleh Perusahaan.

Sekilas Tentang PT Asuransi Reliance Indonesia

ARI adalah salah satu perusahaan Asuransi Nasional yang terkemuka dengan produk Asuransi Kesehatan dan Asuransi Kendaraan. ARI merupakan bagian dari Reliance Capital Management Group (RCM), yaitu sebuah induk perusahaan jasa keuangan terintegrasi yang menyediakan solusi keuangan satu pintu untuk para nasabah, dengan cakupan portofolio diantaranya adalah investasi,  proteksi hingga pembiayaan.

Didirikan pada akhir tahun 2002, ARI telah menawarkan berbagai produk Asuransi, diantaranya produk Asuransi Kendaraan Bermotor (LI-Mo dan ReLI-Oto), Asuransi Kesehatan, Asuransi Perlindungan Kecelakaan (PA ReLIku), Asuransi Pengangkutan, Asuransi Harta Benda dan lain-lain. Sebagai bentuk komitmen, ARI juga mempersembahkan beberapa program unggulan seperti ReliCare, Reli Priority, Reli Monic, dan lainnya.

Pada tahun 2007 ARI melengkapi produknya dengan menawarkan Asuransi Kesehatan Kumpulan dan di akhir tahun 2015 ARI telah mendirikan Unit Usaha Asuransi Syariah yang berfokus pada penjualan produk asuransi syariah seperti Asuransi Kendaraan Bermotor Syariah, Asuransi Kebakaran Syariah, Asuransi Kecelakaan Diri Plus Pemutusan Hubungan Kerja, Asuransi Kecelakaan Diri Perjalanan Umroh, Asuransi Kesehatan Syariah, Asuransi Pembiayaan Multiguna Syariah, dan Asuransi Gempa Bumi Syariah.          

Selama dua dekade, ARI telah melayani lebih dari satu juta nasabah di seluruh Indonesia. Hal tersebut tidak terlepas dari semangat kami untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produk serta meningkatkan kualitas layanan.

Melalui pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dengan dukungan 4 Kantor Cabang (Bandung, Surabaya, Medan dan Batam), 5 Kantor Perwakilan (Pekanbaru, Serpong, Makassar, Cikarang dan Semarang), serta lebih dari 1500 jaringan provider (Klinik, Rumah Sakit dan Bengkel) yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan bentuk upaya kami untuk dapat terus memahami kebutuhan serta harapan seluruh nasabah.

Hingga akhir tahun 2023, ARI memiliki aset sebesar Rp 968 Miliar dengan ekuitas sebesar Rp 404 Miliar serta total pelanggan untuk asuransi kesehatan sebanyak 348.627 peserta sedangkan untuk asuransi kendaraan bermotor dan asuransi lainnya sebanyak 655.823 pemegang polis.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

PT ASURANSI RELIANCE INDONESIA
Jl. Pluit Sakti Raya No. 27AB, Pluit, Penjaringan
Jakarta 14450, Indonesia
E-mail: compliance.ari@reliance-insurance.com
U.p.: Phang Min Na (Telephone:  +62-21 661 7768 Ext. 204)

Bagikan Berita Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn