Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Disukai karena rasanya yang lembut, sejuk, dan sedikit manis seperti mentimun, labu siam adalah makanan menyegarkan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Yuk simak pada artikel ini!

Labu Siam Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Labu siam memiliki profil nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat esensial. Ini juga dapat mendukung kehamilan yang sehat, memiliki sifat antikanker, dan memperlambat tanda-tanda penuaan yang terlihat.

Labu siam (Sechium edule) merupakan salah satu jenis labu siam yang termasuk dalam famili labu-labuan Cucurbitaceae. Awalnya berasal dari Meksiko tengah dan berbagai belahan Amerika Latin tetapi sekarang tumbuh di seluruh dunia. Ia juga dikenal sebagai mirliton squash atau chocho. Labu siam kaya akan berbagai nutrisi dan senyawa antioksidan yang memberikan banyak manfaat kesehatan potensial.

Berikut ini beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan:

1. Kaya akan Nutrisi

Salah satu keunggulan labu siam adalah kandungan nutrisinya, karena menawarkan berbagai vitamin, mineral, dan serat penting. Labu siam sangat tinggi folat, yang mendorong pembelahan sel yang tepat.

Selain kepadatan nutrisinya, labu siam juga rendah kalori, lemak, natrium, dan total karbohidrat. Oleh karena itu, ini cukup menyehatkan dan cocok untuk berbagai diet.

2. Mengandung Antioksidan yang Kuat

Antioksidan adalah senyawa yang ditemukan dalam berbagai makanan yang melindungi dari kerusakan sel, mengurangi peradangan, dan menurunkan stres dalam tubuh Anda. Labu siam mengandung antioksidan quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa myricetin memiliki sifat antikanker, antidiabetes, dan anti-inflamasi yang kuat. Selain itu, labu siam merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yang berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Lebih dari pada itu, dengan mengonsumsi labu siam dapat memperbaiki beberapa faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan aliran darah yang buruk. Kandungan labu siam dapat membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu siam ini merupakan sumber serat yang baik, yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Labu siam rendah total karbohidrat dan tinggi serat larut, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Serat larut memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat, sehingga mengurangi respons gula darah setelah makan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa senyawa tumbuhan unik dalam labu siam mungkin berperan dalam meningkatkan sensitivitas Anda terhadap insulin dengan mengurangi aktivitas enzim yang terkait dengan kontrol gula darah yang buruk dan diabetes tipe 2.

5. Kandungan Folat bagi Kehamilan yang Sehat

Folat, atau vitamin B9, penting bagi semua orang dan juga sangat penting bagi mereka yang sedang hamil atau berencana untuk hamil. Selama awal kehamilan, folat diperlukan untuk perkembangan otak janin dan sumsum tulang belakang. Asupan folat yang cukup juga berperan dalam mencegah kelahiran prematur. Oleh karena itu, memasukkan labu siam dan makanan kaya folat lainnya sebagai bagian dari diet seimbang adalah cara yang bagus untuk mendukung kehamilan yang sehat.

6. Mungkin Memiliki Efek Antikanker

Konsumsi buah dan sayur yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker saluran pencernaan. Penelitian tabung reaksi mencatat bahwa senyawa labu siam tertentu dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan beberapa sel kanker, seperti kanker serviks dan leukemia. Meskipun hasil ini menjanjikan, bukti yang ada saat ini masih belum cukup kuat untuk menunjukkan bahwa labu siam memiliki efek melawan kanker pada manusia.

7. Memperlambat Proses Penuaan

Salah satu teori utama penuaan berpusat pada molekul yang disebut radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada sel Anda, yang pada akhirnya menyebabkan berkurangnya fungsi seiring berjalannya waktu. Labu siam ternyata kaya akan antioksidan, salah satunya vitamin C. Selain kapasitas antioksidannya, vitamin C diperlukan untuk memproduksi kolagen, salah satu protein utama yang ditemukan di kulit Anda. Kolagen sering dianggap membuat kulit tampak kencang dan awet muda.

8. Meningkatkan Kesehatan Hati

Labu siam mungkin mengandung senyawa yang melindungi terhadap penumpukan lemak di hati, yang dapat menyebabkan penyakit hati berlemak. Penelitian menemukan labu siam dapat membantu mengurangi timbunan asam lemak di hati dan menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi labu siam mungkin juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan kemampuan memproses lemak.

9. Membantu Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Labu siam memiliki sedikit kalori tetapi banyak serat, dua atribut yang dapat mendukung berat badan yang sehat. Serat memperlambat laju pengosongan perut, membuat Anda merasa kenyang dan kenyang lebih lama, yang dapat menurunkan asupan makanan dan mendorong penurunan berat badan. Oleh karena itu, menambahkan labu siam ke dalam diet Anda dapat membantu Anda dalam penurunan berat badan Anda.

10. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Konsumsi buah dan sayur seperti labu siam dapat meningkatkan fungsi pencernaan. Flavonoid, senyawa yang mendukung pencernaan, ditemukan dalam jumlah tinggi pada labu siam. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa makanan kaya flavonoid membantu enzim pencernaan yang terlibat dalam pembuangan dan ekskresi produk limbah di saluran pencernaan Anda. Terlebih lagi, asupan makanan kaya serat yang cukup seperti labu siam dapat mendorong kesehatan fungsi usus dan pemeliharaan bakteri usus yang sehat.

Nah itulah beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan. Labu siam rendah kalori tetapi kaya akan serat, antioksidan, dan nutrisi penting yang menjadikannya tambahan yang sehat untuk hampir semua makanan. Kesimpulannya, labu siam patut kamu coba sebagai bagian dari diet seimbangmu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Labu Siam untuk Kesehatan

Healthline. Akses pada 2024. 10 Impressive Benefits of Chayote Squash
WebMD. Akses pada 2024. Health Benefits of Chayote
PharmEasy. Akses pada 2024. Chayote: Uses, Benefits, Side effects
Shape. Akses pada 2024. 5 Health Benefits of Chayote Squash and How to Cook It

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn