7 Manfaat Lemak Nabati untuk Kesehatan

7 Manfaat Lemak Nabati untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Lemak nabati sangat mudah untuk kita temukan. Begitu banyak kandungan vitamin di dalamnya dan tentunya banyak sekali khasiatnya bagi tubuh. Yuk. cari tau apa saja manfaat lemak nabati untuk kesehatan di bawah ini! 

Apa itu Lemak Nabati?

Lemak nabati adalah lemak yang berasal dari tumbuhan, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buahan. Namun, lemak nabati berbeda dengan lemak jenuh dan lemak trans, karena lemak jenuh dan trans menyebabkan peningkatan jumlah kolesterol jahat dalam darah dan memicu munculnya sejumlah penyakit, sedangkan lemak nabati mengurangi kolesterol.

Faktanya, lemak nabati termasuk dalam lemak tak jenuh, yang secara ilmiah lemak tak jenuh ini merupakan lemak yang terbangun dari karbon dan hidrogen yang terkandung dalam makanan. Dalam prosesnya, lemak tak jenuh kehilangan dua atom hidrogen, sehingga disebut lemak tak jenuh. Atom hidrogen yang hilang menghasilkan beberapa atom karbon yang memiliki ikatan rangkap atau bahkan rangkap tiga. Ini melemahkan struktur umum lemak tak jenuh, yang sangat penting bagi kesehatan. Lemak tak jenuh ganda mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6.

Sumber Lemak Nabati

Umumnya, sumber lemak nabati bisa diperoleh dari tumbuhan baik buah-buahan ataupun sayuran. Berikut sumber lemak nabati yang bisa kita konsumsi lebih banyak:

1. Alpukat

Mengandung lemak nabati yang cukup tinggi sekitar 30 gram dalam 1 buah. Selain itu alpukat mengandung banyak vitamin, seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin E, potasium, magnesium, folat, dan serat.

2. Kelapa

Mengandung lemak nabati sekitar 29 gram dalam secangkir kelapa. Sebagian besar asam lemak dalam kelapa adalah lemak jenuh, dan mengandung sedikit lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kelapa juga mengandung banyak vitamin dan mineral.

3. Kacang-kacangan

Memang, kacang-kacangan tinggi lemak dan serat. Kacang mengandung vitamin E dan mengandung banyak magnesium dan mineral yang dibutuhkan manusia. Untuk jenis kacang yang sehat antara lain almond, kenar, kacang macadamia, dan lainnya.

4. Kedelai

Kedelai memiliki jumlah lemak nabati yang cukup banyak di antara kacang-kacang lainnya. Dalam satu cangkir kedelai hijau matang, terkandung 12 gram lemak. Kacang kedelai juga kaya akan serat, vitamin C, seng, dan magnesium.

5. Minyak Zaitun

Biasanya, orang yang sedang menjalani diet mediterania menggunakan minyak zaitun. Dalam 100 gram zaitun mengandung 10,9 gram lemak, terutama lemak tak jenuh tunggal.

6. Chia Seed

Chia seed sebanyak 100 gram dapat mengandung 8,5 gram lemak. Sebagian besar lemak di dalam biji chia adalah asam lemak omega-3.

7. Coklat Hitam

Coklat hitam mengandung lemak nabati dan tinggi antioksidan. Kisaran 65% kalori coklat hitam berasal dari lemak. Coklat hitam juga mengandung serat serta beberapa jenis mineral dalam kadar yang cukup tinggi.

Manfaat Lemak Nabati untuk Kesehatan

Berikut manfaat lemak nabati untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Lemak nabati mengandung senyawa fitosterol yang dapat menurunkan kolesterol. Senyawa ini akan menghambat penyerapan kolesterol pada sistem pencernaan dan terbukti efektif menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Lemak nabati mampu menurunkan kadar kolesterol, sehingga risiko terjadinya serangan jantung juga dapat berkurang. Manfaat lemak nabati ini akan diperoleh bila Anda rutin mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat.

4. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Lemak nabati dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi peradangan. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi risiko terkena kanker, maka disarankan untuk mengonsumsi lemak nabati dalam jumlah yang banyak. Berikut jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi lemak nabati adalah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker saluran pencernaan.

5. Mencegah Pikun

Kacang-kacangan sebagai salah satu sumber lemak nabati, mampu meningkatkan kesehatan otak dan mencegah pikun, karena dalam kandungannya terdapat vitamin E yang bersifat antioksidan.

6. Mencegah Keriput

Alpukat, minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan dasar pada produk perawatan wajah karena mampu mencegah keriput maupun tanda penuaan dini lainnya.

7. Membantu Penyerapan Nutrisi

Lemak dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik seperti vitamin A, D, dan E. Jenis vitamin ini larut dalam lemak, jadi Anda membutuhkan lemak untuk menyerapnya. Lemak yang tidak digunakan oleh sel diubah menjadi energi atau lemak tubuh.

Walaupun manfaat lemak nabati untuk kesehatan begitu beragam, namun harus tetap diimbangi dengan asupan nutrisi lainnya, termasuk lemak hewani, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel 7 Manfaat Lemak Nabati untuk Kesehatan

National Health Service UK. Akses Pada 2023. The Vegetarian Diet.
Family.abbott. Akses Pada 2023. Mengenai Lemak Nabati dan Manfaatnya.
KlikDokter. Akses Pada 2023. Ragam Manfaat Lemak Nabati, Sumber dan fungsinya.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn