Anak Demam karena Tumbuh Gigi? Apakah Benar?

anak demam karena tumbuh gigi relidoc

ReliDoc – Jakarta. Suhu anak kamu naik? Ngiler terus dan sering rewel? Ini kemungkinan karena tumbuh gigi. Tapi apakah benar kalau semisal tumbuh gigi dapat membuat suhu anak naik dan membuat demam? Yuk simak di artikel ini.

Apakah Benar Demam Terjadi karena Tumbuh Gigi?

Pada umumnya, gigi pertama bayi biasanya mulai tumbuh pada usia 4-6 bulan, dengan lebih banyak gigi yang tumbuh pada usia 2-3 tahun. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), suhu tubuh bayi Anda mungkin sedikit meningkat dengan setiap gigi baru. Hal ini dapat disebabkan oleh peradangan gusi yang terjadi karena gigi memotong jaringan gusi yang halus.

Namun, penting untuk dicatat bahwa apa yang disebut demam “tumbuh gigi” ini biasanya tidak cukup tinggi untuk dianggap sebagai demam. Para peneliti menemukan bahwa erupsi gigi sulung dikaitkan dengan peningkatan suhu tubuh, tetapi tidak ditandai dengan demam.

Namun, bayi Anda mungkin mengalami demam saat bayi Anda tumbuh gigi. Hal ini bukan karena tumbuh gigi, tetapi karena bayi terkena infeksi eksternal yang menyebabkan demam. Ini adalah reaksi tubuh untuk melawan benda asing karena kuman dan bakteri dapat menyebabkan infeksi jika masuk ke dalam tubuh bayi.

Berapa Lama Demam Gigi Berlangsung?

Demam gigi umumnya akan mulai sekitar satu hari sebelum gigi erupsi dan menghilang saat gusi terpotong. Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau menghentikan demam gigi. Suhu anak Anda akan turun secara alami dalam beberapa hari.

Berapa Lama Demam Gigi Berlangsung?

Demam gigi biasanya ringan dan di bawah 38 derajat Celcius. Ini juga dapat disertai dengan gejala tumbuh gigi seperti berikut:

  • Meneteskan air liur (mengiler)
  • Gusi bengkak
  • Iritasi di daerah mulut
  • Ruam mulut
  • Kehilangan nafsu makan sementara
  • Anak lebih mudah marah dan rewel
  • Sulit tidur
  • Anak Anda sering terlihat berusaha menggigit, mengunyah, atau mengisap sesuatu

Gejala tumbuh gigi dengan demam terkadang sulit kita bedakan. Anak Anda  juga dapat tumbuh gigi dan demam secara bersamaan. Apabila tidak yakin dan suhu naik lebih dari 38 derajat, lakukan konsultasi ke dokter Anda segera agar mendapatkan penanganan yang sesuai.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Anak Demam karena Tumbuh Gigi

American Academy of Pediatrics. Diakses pada 2021. Baby Teething Pain.
Grow by WebMD. Diakses pada 2021. Can Teething Cause a Fever?
Parents. Diakses pada 2021. Can Teething Cause a Fever in Babies?

Ditinjau oleh: dr. Teddy Harliyanto

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn