Bahaya Mengonsumsi Alkohol

Bahaya Mengonsumsi Alkohol

ReliDoc – Jakarta. Pengaruh minuman beralkohol pada setiap penikmatnya tentunya berbeda-beda sesuai dengan banyaknya alkohol yang dikonsumsi. Namun perlu untuk kita ketahui bahwa alkohol memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Yuk, baca selengkapnya bahaya mengonsumsi alkohol di sini!

Apa itu Alkohol?

Alkohol memliki banyak manfaat, namun juga mempunyai dampak negatif. Alkohol merupakan senyawa kimia yang sering digunakan juga dalam minuman beralkohol. Umumnya penggunaan cairan alkohol, misalnya alkohol 70% yang hanya untuk penggunaan luar saja adalah cairan yang berguna sebagai antiseptik  untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, alkohol 70% berguna untuk membersihkan luka dan juga pembersih alat-alat medis.

Sedangan untuk minuman yang mengandung alkohol, bentuk paling umum dari alkohol yang dikonsumsi adalah etanol atau alkohol etil, yang memiliki efek psikoaktif pada sistem saraf pusat manusia. Pengaruh alkohol pada tubuh tergantung pada jumlah yang konsumsinya. Berikut efek alkohol yang umum dirasakan, yaitu:

  • Alkohol memberi efek relaksasi, dimana alkohol dapat menghasilkan perasaan santai dan menenangkan. Ini karena alkohol mengurangi aktivitas saraf dalam sistem saraf pusat.
  • Mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dapat menyebabkan gangguan memori, pengurangan konsentrasi, dan penghambatan fungsi mental lainnya.
  • Alkohol membuat terjadinya penurunan kemampuan motorik dan koordinasi tubuh, sehingga dapat menyebabkan gangguan berjalan, kehilangan keseimbangan, dan koordinasi yang buruk.
  • Alkohol dapat mempengaruhi suasana hati dan emosi seseorang. Beberapa orang mungkin merasa lebih bersemangat atau berani, sementara yang lain mungkin menjadi murung atau sedih setelah mengonsumsi alkohol.

Cara Kerja dan Bahaya Alkohol

Cara kerja alkohol dalam tubuh melibatkan beberapa tahapan. Setelah konsumsi, alkohol terserap melalui dinding lambung dan usus kecil ke dalam aliran darah. Setelah itu, alkohol didistribusikan ke seluruh tubuh, termasuk otak, yang merupakan pusat utama efek psikoaktif alkohol. Alkohol kemudian berubah menjadi senyawa lain oleh hati untuk diekskresikan dari tubuh. Meskipun konsumsi alkohol dalam jumlah sedang dan terkendali dapat ditoleransi oleh beberapa orang, penggunaan alkohol yang berlebihan atau kronis dapat sangat berbahaya bagi kesehatan. Beberapa bahaya mengonsumsi alkohol yang perlu kita waspadai, seperti:

1. Terjadi Kerusakan Organ Tubuh

Alkohol dapat menyebabkan kerusakan hati, pankreas, ginjal, dan sistem pencernaan lainnya. Penggunaan alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan sirosis hati.

2. Adanya Gangguan Sistem Saraf

Alkohol dapat merusak sel-sel otak dan saraf, mengganggu fungsi kognitif, dan menyebabkan gangguan neurologis seperti polineuropati alkoholik.

3. Mengakibatkan Ketergantungan dan Penyalahgunaan

Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan fisik dan psikologis. Ketergantungan alkohol dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan mental dan fisik individu.

4. Terjadinya Gangguan Perilaku dan Sosial

Konsumsi alkohol berlebihan seringkali terkait dengan penurunan kontrol diri, peningkatan risiko kecelakaan, kekerasan, dan masalah sosial lainnya.

5. Munculnya Risiko Kecelakaan dan Cedera

Minum alkohol dapat mengurangi kewaspadaan dan kemampuan seseorang untuk berkendara atau melakukan tugas-tugas lain dengan aman, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan dan cedera.

Itulah penjelasan mengenai bahayanya alkohol. Seperti pada penjelasan sebelumnya, reaksi alkohol pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada faktor seperti usia, kesehatan, dan pola konsumsi. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang penggunaan alkohol, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bahaya Mengonsumsi Alkohol

Alcohol.org. Akses pada 2023. Effects of Alcohol on the Body & Mind.
World Health Organization. Akses pada 2023. Alcohol.
NIdirect UK. Akses pada 2023. How alcohol affects your health.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn