Bolehkah Tidur sambil Duduk?

Bolehkah Tidur sambil Duduk

ReliDoc – Jakarta. Kecapean dan butuh rehat, tapi lagi kerja dan hanya ada meja dan kursi saja? Kamu pasti memikirkan untuk memejamkan mata kamu di kursi ssambil bersandar di meja untuk beberapa menit saja saat jam istirahat. Tapi apakah aman dan baik bagi kesehatan untuk tidur sambil duduk? Simak selengkapnya di bawah ini yuk.

Apakah Aman Tidur sambil Duduk?

Secara umum, bobok sambil duduk tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Aktivitas ini dapat membantu mencegah nyeri leher dan punggung yang biasanya terjadi ketika seseorang beristirahat dalam posisi yang sama terlalu lama.

Sehingga, bobok sembari duduk sebenarnya tidak apa-apa. Padahal, posisi ini bisa menawarkan keuntungan dalam beberapa situasi.

Misalnya, tidur sembari duduk di tengah perjalanan dapat mengurangi kelelahan, atau tidur siang yang tenang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi serta meningkatkan suasana hati.Selain itu, tidur sambil duduk juga dapat membantu mengurangi risiko muntah pada orang yang menderita mabuk perjalanan.

Duduk juga dianjurkan untuk wanita setelah melahirkan. Ini adalah posisi tidur alternatif yang bisa Anda terapkan 2 minggu setelah melahirkan sebelum akhirnya bisa tidur dengan nyaman di ranjang. Selain itu, posisi duduk bisa menjadi posisi tidur yang nyaman bagi orang yang kelebihan berat badan, mengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau menjalani terapi fisik setelah operasi seperti operasi bahu.

Perlu Diperhatikan Tidur sambil Duduk

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika tidur sembari duduk:

1. Kualitas Tidur

Pertama, beristirahat sembari duduk dapat mempengaruhi kualitas tidur. Bobok dalam posisi yang tidak nyaman dapat membuat seseorang terbangun lebih sering selama malam, sehingga mengganggu siklus tidur yang sehat.

2. Risiko Sleep Apnea

Kedua, tidur sembari duduk juga dapat meningkatkan risiko sleep apnea, yaitu gangguan pernapasan yang terjadi saat seseorang tidur. Saat tidur sembari duduk, kepala dan leher dapat jatuh ke depan, menyebabkan penyempitan saluran napas dan menyebabkan sleep apnea.

3. Risiko Deep Vein Thrombosis

Ketiga, tidur sembari duduk juga dapat meningkatkan risiko trombosis vena dalam, yaitu kondisi di mana bekuan darah terbentuk di dalam vena. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama, seperti pada saat bepergian jarak jauh.

Tips Aman Tidur sambil Duduk

Tidur sambil duduk dapat dilakukan dengan aman dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Pilih kursi yang dapat membantu menjaga tubuh tetap stabil, seperti kursi dengan sandaran kepala dan sandaran tangan yang dapat diatur.
  • Hindari menundukkan kepala ke depan terlalu jauh, karena ini dapat menyebabkan sleep apnea.
  • Jika menggunakan bantal atau benda lain untuk menyokong kepala, pastikan tidak terlalu tinggi sehingga menyebabkan leher tegang atau terlalu rendah sehingga tidak memberikan sokongan yang cukup.
  • Sesekali bergerak atau berdiri dan berjalan selama perjalanan jarak jauh untuk menjaga sirkulasi darah yang sehat dan mencegah trombosis vena dalam.
  • Jangan minum minuman berkafein atau alkohol sebelum tidur sambil duduk karena dapat mengganggu kualitas tidur.
  • Pastikan untuk tidak terlalu lelah atau terlalu kenyang sebelum tidur sambil duduk agar bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Jika memungkinkan, gunakan masker mata atau earplug untuk mengurangi gangguan dari cahaya dan suara yang bisa mengganggu tidur.

Nah itu dia, jadi tidur sambil duduk sendiri aman ya ReliFriends, tapi perlu diperhatikan kembali karena ada risiko-risiko di dalamnya, sehingga kamu perlu memperhatikan agar tidak sakit ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bolehkah Tidur sambil Duduk?

Harvard Medical School. Akses pada 2023. Is It Dangerous to Sleep Sitting Up?
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Should You Take Power Naps?
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Diseases & Conditions. Deep Vein Thrombosis (DVT).
Healthline. Akses pada 2023. Tips and Tricks for High Quality Sleep After a C-Section.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn