Bulan Ramadan, Ini dia 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Bulan Ramadan, Ini dia 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Bulan Ramadan telah tiba, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya. Ternyata puasa banyak manfaatnya bagi kesehatan. Nah, ini dia 8 manfaat puasa untuk kesehatan bagi kalian yang menjalankan ibadah puasa, yuk simak selengkapnya pada artikel ini!

Puasa Untuk Kesehatan

Puasa adalah suatu kegiatan umat Muslim sebagai bentuk ibadah pada bulan Ramadan. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang sangat baik bagi tubuh manusia.

Ini dia 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Berikut ini adalah 8 manfaat puasa untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Puasa dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Hal ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan mengubah cadangan karbohidrat menjadi energi. Setelah cadangan karbohidrat habis, tubuh akan membakar lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu, tubuh akan membakar lemak yang menumpuk dalam tubuh sehingga berat badan pun turun.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan yang berlebihan sehingga kadar gula dan kolesterol dalam darah akan menurun. Dengan begitu, risiko terkena penyakit jantung juga akan menurun.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat lainnya adalah membantu meningkatkan kualitas tidur. Saat berpuasa, tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi stres yang menjadi salah satu faktor utama penyebab sulit tidur.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Puasa juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. Saat berpuasa, tubuh tidak terganggu oleh rasa lapar dan kantuk yang biasanya terjadi setelah makan. Dengan begitu, tubuh akan lebih fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan dan produktivitas pun meningkat.

5. Menurunkan Risiko Terkena Diabetes

Melakukan puasa juga dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan mengatur kadar insulin dan gula dalam darah. Dengan begitu, risiko terkena diabetes pun menurun.

6. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Puasa juga dapat mengurangi risiko terkena kanker. Hal ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan membersihkan sel-sel yang rusak dan mengganti sel-sel yang baru. Dengan begitu, risiko terkena kanker pun menurun.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hal ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan memproduksi sel-sel imun yang dapat melawan berbagai jenis penyakit.

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ini terjadi karena saat berpuasa, tubuh akan merasa lebih tenang dan damai. Selain itu, puasa juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan yang menjadi faktor utama penyebab gangguan kesehatan mental.

Padahal, puasa bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun perlu kita perhatikan juga bahwa puasa bisa berbahaya jika dilakukan tanpa sahur atau jika kondisi tubuh sedang tidak fit.

Puasa juga umumnya tidak dianjurkan bagi penderita penyakit atau kondisi tertentu, seperti: B. penyakit ginjal, kerusakan hati, tekanan darah rendah, anemia, diabetes, gangguan makan dan daya tahan tubuh yang lemah.

Puasa juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil atau menyusui dan orang yang menerima obat tertentu, seperti kemoterapi.

Jadi jika kamu memiliki penyakit atau riwayat penyakit dan ingin berpuasa, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan manfaat puasa dengan aman.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Bulan Ramadan, Ini dia 8 Manfaat Puasa untuk Kesehatan

HealthXChange Singapore. Akses pada 2024. Healthy Ramadan Fasting.
MedicineNet. Akses pada 2024. What Are the Health Benefits of Fasting?
Verywell Health. Akses pada 2024. Diabetes and Intermittent Fasting.
Verywell Health. Akses pada 2024. Intermittent Fasting and Cancer.
WebMD. Akses pada 2024. Psychological Benefits of Fasting.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn