Cara Menenangkan Bayi Menangis Sepanjang Malam

Cara Menenangkan Bayi Menangis Sepanjang Malam

ReliDoc – Jakarta. Tangisan bayi di malam hari membuat orang tua menjadi pusing dan panik, banyak penyebab yang membuat mereka menangis, sehingga kita perlu mengetahui cara menenangkan bayi. Pengen tahu? Yuk simak selengkapnya cara menenangkan bayi menangis sepanjang malam di bawah ini.

Kenapa Bayi Menangis Sepanjang Malam?

Bayi menangis di tengah malam bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi dan melelahkan bagi orang tua. Penting untuk dipahami bahwa bayi menangis karena berbagai alasan, dan tidak selalu mudah untuk menentukan penyebabnya. Namun, ada beberapa penyebab umum tangisan di malam hari dan strategi yang dapat digunakan orang tua untuk mencoba menenangkan bayinya dan membuatnya kembali tidur.

Beberapa penyebab umum bayi menangis sepanjang malam:

1. Lapar

Bayi memiliki perut yang kecil dan perlu sering makan, sehingga tidak jarang mereka terbangun dalam keadaan lapar di malam hari. Selain menangis, tanda bayi lapar lainnya adalah melakukan gerakan yang melibatkan memasukkan tangan ke dalam mulut atau menghisap bibir. Jika bayi kamu melakukan ini, segera beri dia susu.

2. Kolik

Salah satu alasan bayi menangis di malam hari adalah kolik. Kolik bayi ditemui dengan tangisan keras yang berlangsung lama, bahkan lebih dari 3 jam sehari.

Kolik yang terjadi pada malam hari dapat membingungkan dan membuat panik ibu. Untuk mengatasinya, gendong si kecil atau letakkan di pangkuan ibu dan gosok punggungnya dengan lembut. Hal ini akan membuat anak kamu merasa lebih nyaman dan tenang, serta tangisannya akan berkurang.

3. Ketidaknyamanan atau Rasa Sakit

Bayi mungkin menangis jika terlalu panas atau dingin, jika popoknya basah atau kotor, atau jika sedang mengalami sakit gigi. Untuk membantu mencegah ketidaknyamanan yang menyebabkan tangisan di malam hari, penting untuk menjaga lingkungan bayi kamu tetap nyaman dan untuk memeriksa dan mengganti popoknya secara teratur.

4. Gangguan Tidur atau Kesulitan Tidur di Malam Hari

Menangis di malam hari juga bisa disebabkan oleh gangguan tidur. Bayi mungkin terbangun jika mengalami kesulitan tidur atau mengalami gangguan dalam siklus tidurnya. Ini bisa jadi karena temperamen atau faktor lain yang membuat mereka lebih sulit untuk rileks dan tertidur.

Untuk membantu mencegah gangguan tidur yang menyebabkan tangisan di malam hari, sebaiknya buat rutinitas waktu tidur dan ciptakan lingkungan tidur yang menenangkan untuk bayi kamu.

5. Penyakit atau Infeksi

Jika bayi kamu sakit atau mengalami infeksi, mereka mungkin lebih sering menangis di malam hari karena rasa tidak nyaman atau nyeri.

6. Stimulasi Berlebihan atau Kelelahan Berlebihan

Bayi dapat menjadi terlalu terstimulasi atau terlalu lelah di siang hari, yang dapat membuat mereka lebih sulit untuk tertidur dan tetap tertidur di malam hari.

7. Kecemasan atau Ketakutan

Bayi mungkin menangis di malam hari jika mereka mengalami kecemasan atau jika mereka takut akan sesuatu di lingkungannya. Ini biasanya terjadi kepada bayi yang sudah nyaman tidur di tempat tidur mereka dan menangis apabila berada di tempat yang tidur yang baru. Bahkan mainan seperti boneka, yang tidak ada di samping mereka, dapat membuat mereka menangis.

Tips Cara Menenangkan Bayi Menangis Sepanjang Malam

Berikut adalah beberapa tips cara untuk menenangkan bayi yang menangis sepanjang malam:

1. Cobalah Memberi Makan Bayi

Bayi yang lapar lebih cenderung menangis, jadi ada baiknya menawarkan makanan. Ini mungkin tidak selalu berhasil, terutama jika bayi kamu menangis karena alasan lain, tetapi patut dicoba.

2. Periksa Ketidaknyamanan pada Bayi

Pastikan bayi kamu tidak terlalu panas atau dingin, dan periksa popoknya untuk melihat apakah perlu diganti. Popok yang basah atau kotor bisa sangat tidak nyaman bagi bayi.

3. Cobalah Teknik Menenangkan Bayi

Kamu dapat mencoba mengayun, bernyanyi, atau menepuk bayi dengan lembut untuk mencoba menenangkannya. Beberapa bayi merasa derau putih atau lampu malam juga dapat membuat mereka nyaman.

4. Periksa Penyakit atau Infeksi

Jika tangisan bayi kamu sangat kuat atau jika mereka menunjukkan tanda-tanda sakit lainnya (misalnya demam, muntah), ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter kamu.

5. Rutinitas Waktu Tidur

Rutinitas waktu tidur yang konsisten dapat membantu bayi kamu rileks dan merasa lebih aman, yang dapat membuatnya lebih mudah tertidur.

6. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Menenangkan

Jaga agar kamar tidur bayi kamu sejuk, gelap, dan sunyi, dan coba gunakan mesin derau putih (white noise) atau lampu malam untuk membantu mereka merasa lebih aman.

7. Bersabarlah

Butuh waktu untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk bayi kamu, jadi penting untuk bersabar dan pengertian. Bayi menangis adalah hal yang wajar, dan itu adalah bagian alami dari perkembangannya.

Secara keseluruhan, ada banyak kemungkinan penyebab bayi menangis di tengah malam. Dengan memahami penyebab ini dan mencoba beberapa strategi yang diuraikan di atas, kamu dapat membantu menenangkan bayi dan membuatnya kembali tidur lebih cepat. Sangat penting untuk bersabar dan memahami, karena perlu waktu untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk bayi kamu. Dengan beberapa trial and error, kamu dan bayi kamu pada akhirnya akan menemukan cara untuk mendapatkan istirahat malam yang nyenyak.

Tapi kalau semisal anak kamu sakit, langsung konsultasi ke dokter ya Bun, jangan ditunggu terlalu lama, karena dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Cara Menenangkan Bayi Menangis Sepanjang Malam

Healthy Children. Akses pada 2023. Responding To Your Baby’s Cries.
The Natural Child Project. Akses pada 2023. The Dangers of “Crying It Out”.
Healthline (2019). Akses pada 2023. How to Soothe a Baby Who’s Crying in Their Sleep.
Verywell Family (2021). Akses pada 2023. How to Know When Your Baby Is Hungry.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn