Denyut Jantung yang Ideal saat Berlari

Denyut Jantung yang Ideal saat Berlari

ReliDoc – Jakarta. Tentu saja, berbagai kalangan masyarakat senang melakukan olahraga lari, baik anak-anak, remaja, hingga orang tua. Saat berlari tentunya denyut jantung akan berdegup kencang. Namun berapakah denyut jantung yang ideal saat berlari? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini!

Apa itu Denyut Nadi?

Umumnya, denyut jantung atau denyut nadi Anda diukur dalam detak per menit atau beat per minute disingkat menjadi bpm. Selama latihan kardio seperti lari, detak jantung Anda meningkat. Detak jantung Anda saat berlari dapat menjadi ukuran seberapa keras Anda bekerja.

Saat kecepatan dan kecepatan kerja Anda meningkat, detak jantung Anda juga meningkat. Darah bersirkulasi ke otot Anda sehingga otot bisa mendapatkan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk terus bekerja.

Berapa Rata-Rata Detak Jantung saat Berlari?

Rata-rata detak jantung saat berlari berbeda-beda pada setiap orang. Itu karena hal itu mungkin dipengaruhi oleh:

  • usia
  • tingkat kebugaran: pelari cenderung memiliki detak jantung istirahat yang lebih rendah dibandingkan orang yang bukan atlet
  • suhu udara: panas dan kelembapan dapat meningkatkan detak jantung
  • penggunaan obat: obat-obatan seperti beta blocker dapat memperlambat laju penyakit Anda dan obat tiroid dosis tinggi dapat meningkatkannya
  • stres: emosi yang timbul dari stres dapat memperlambat atau mempercepat laju stres Anda

Kebanyakan pelari berusia 20 hingga 45 tahun ingin berlatih rata-rata antara 100 dan 160 bpm. Namun rata-rata tersebut bergantung pada sejumlah faktor, termasuk detak jantung maksimum dan tingkat kebugaran Anda saat ini. Anda dapat menggunakan rumus dan bagan di bawah ini untuk menentukan rentang detak jantung target Anda.

Cara Menentukan Detak Jantung yang Ideal saat Berlari

Untuk menentukan detak jantung ideal Anda saat berlari, pertama-tama Anda harus menghitung detak jantung maksimum Anda. Ringkasnya, untuk menghitung detak jantung maksimum Anda, kurangi usia Anda dari 220.

Misalnya, jika Anda berusia 30 tahun, detak jantung maksimum Anda adalah 190. Perlu diingat, ini hanyalah panduan. Denyut jantung maksimum Anda mungkin bervariasi 15 hingga 20 bpm di kedua arah.

Ahli menyarankan, berolahraga dengan target detak jantung 50 hingga 75 persen dari detak jantung maksimum Anda untuk pemula, dan untuk olahraga dengan intensitas sedang. Anda dapat bekerja pada 70 hingga 85 persen detak jantung maksimum Anda selama aktivitas berat. Ikuti tabel di bawah ini sebagai panduan umum. Detak jantung Anda mungkin 15 hingga 20 bpm lebih tinggi atau lebih rendah. Gunakan monitor untuk melacak.

Bahayakah Bila Detak Jantung Terlalu Tinggi?

Jika detak jantung Anda lebih tinggi dari detak jantung maksimum dalam jangka waktu lama, hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda. Hal ini terutama berlaku jika Anda baru berolahraga.

Mereka yang terus-menerus melebihi target dan detak jantung maksimum saat bermain memiliki tingkat pemulihan yang buruk setelah berolahraga. Mereka juga meningkatkan risiko kejadian jantung seperti:

  • aritmia
  • nyeri dada
  • tidak nyaman

Anda mungkin sebaiknya menurunkan kecepatan ke yang lebih nyaman jika Anda secara konsisten mencapai detak jantung maksimum saat berlari. Berhentilah berolahraga jika Anda merasa pusing, pusing, atau sakit.

Memahami detak jantung yang ideal memungkinkan Anda mencapai tujuan kebugaran dengan aman, baik itu membangun otot atau menurunkan berat badan. Ingatlah bahwa jika Anda baru dalam berlari atau berolahraga, Anda harus menargetkan kisaran yang lebih rendah dari zona target Anda (50%) dan secara bertahap meningkatkannya. Pada akhirnya, Anda akan dapat berolahraga dengan nyaman hingga 85% dari detak jantung maksimum Anda.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Denyut Jantung yang Ideal saat Berlari

Healthline. Akses pada 2023. What’s My Ideal Running Heart Rate?
Medicine Net. Akses pada 2023. What Is a Good Heart Rate While Running?
Runner’s World. Akses pada 2023. What is a healthy heart rate when running?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn