Deteksi Skoliosis pada Anak sejak Dini

Deteksi Skoliosis pada Anak sejak Dini

ReliDoc – Jakarta. Skoliosis merupakan suatu kondisi tulang belakang yang sering ditemukan pada anak remaja. Jumlah pasien penyakit ini mencapai sekitar 4 – 5 persen dari penduduk di Indonesia. Yuk deteksi skoliosis pada anak sejak dini agar segera mendapatkan penanganan dan kondisinya tidak menjadi parah!

Apa itu Skoliosis?

Skoliosis adalah lengkungan ke samping pada tulang punggung (atau tulang belakang) Anda. Seringkali, hal ini muncul ketika masih anak-anak atau remaja.

Sudut kurva mungkin kecil, besar, atau di antara keduanya. Namun apa pun yang berukuran lebih dari 10 derajat pada sinar-X, ahli menganggapnya sebagai skoliosis. Dokter mungkin menggunakan huruf “C” dan “S” untuk menggambarkan kurva tersebut.

Deteksi Skoliosis sejak Dini adalah Kunci

Penting bagi orang tua untuk memastikan anak mereka melakukan pemeriksaan rutin sehingga kondisi seperti skoliosis dapat didiagnosis dan ditangani sejak dini. Tentunya perawatan sejak dini untuk mencegah terbentuknya kurva yang lebih besar selama masa pertumbuhan.

Tanda-tanda umum skoliosis adalah bahu atau pinggul tidak rata, namun umumnya kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit dan mungkin luput dari perhatian hingga orang tua melakukan pemeriksaan rutin atau pemeriksaan fisik. Anak-anak berusia sekitar 10 hingga 12 tahun biasanya menjadi lebih tertutup, dan orang tua tidak lagi terlibat dalam aktivitas seperti memandikan atau mendandani mereka, padahal mereka mungkin menyadari adanya perubahan.

Orang tua dapat melakukan deteksi dini skoliosis dengan mudah, tanpa memerlukan alat khusus. Deteksi dini yang bisa orang tua lakukan adalah pemeriksaan secara fisik. Umumnya, deteksi dini skoliosis pada anak perempuan disarankan untuk melakukannya dua kali, yaitu pada usia 10 tahun dan 12 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki, deteksi skoliosis cukup dilakukan satu kali pada usia 12 tahun atau 13 tahun.

Gejala Skoliosis

Gejalanya bervariasi tergantung pada derajat skoliosis. Berikut ini gejala umum yang berhubungan dengan skoliosis, meliputi:

  • satu tulang belikat yang lebih tinggi dari yang lain
  • satu tulang belikat yang lebih menonjol dari yang lain
  • pinggul yang tidak rata
  • tulang belakang yang berputar
  • kesulitan bernapas karena berkurangnya area di dada untuk mengembangkan paru-paru
  • sakit punggung

Jenis-Jenis Skoliosis

Berikut adalah jenis-jenis dari skoliosis, yaitu:

1. Skoliosis Idiopatik

Skoliosis jenis ini adalah skoliosis yang tidak diketahui penyebabnya. Dalam 80% kasus, dokter tidak menemukan penyebab pasti dari tulang belakang yang melengkung.

2. Skoliosis Kongenital

Skoliosis ini dimulai saat punggung bayi berkembang sebelum lahir. Masalah pada tulang kecil di punggung, yang disebut vertebra, bisa menyebabkan tulang belakang melengkung. Tulang belakang mungkin tidak lengkap atau gagal membelah dengan benar. Dokter mungkin melihat kondisi langka ini saat anak lahir. Atau mereka mungkin tidak menemukannya sampai usia remaja.

3. Skoliosis Neuromuskular

Jenis skoliosis ini timbul karena kelainan seperti spina bifida, palsi serebral, atau cedera tulang belakang. Kondisi ini terkadang merusak otot sehingga tidak dapat menopang tulang belakang dengan baik. Itu bisa menyebabkan punggung Anda melengkung.

4. Skoliosis Degeneratif

Umumnya, skoliosis degeneratif menyerang orang dewasa. Biasanya berkembang di punggung bawah seiring dengan melemahnya cakram dan sendi tulang belakang seiring bertambahnya usia.

Pengobatan Skoliosis

Untuk skoliosis ringan, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan. Sebaliknya, dokter Anda mungkin akan mengawasi Anda dan melakukan rontgen sesekali untuk melihat apakah kondisinya bertambah buruk. Beberapa anak sembuh dari skoliosis.

Jika Anda atau anak Anda memerlukan perawatan, dokter Anda mungkin menyarankan:

● Alat Penyangga

Pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, mengenakan penyangga di sekeliling tubuhnya dapat mencegah kurva menjadi lebih buruk. Biasanya terbuat dari plastik. Banyak anak memakainya 24 jam sehari. Kita tidak dapat melihatnya di balik pakaian, dan mereka tidak menghalangi anak melakukan aktivitas sehari-hari.

● Operasi Fusion Tulang Belakang

Dalam operasi ini, dokter Anda menempatkan potongan tulang atau bahan serupa di antara tulang tulang belakang Anda. Mereka menggunakan perangkat keras untuk menahan tulang di tempatnya sampai tumbuh bersama, atau menyatu. Operasi ini dapat mengurangi kelengkungan tulang belakang Anda dan mencegahnya bertambah parah.

● Operasi Pertumbuhan berbasis Tulang Belakang dan Tulang Rusuk

Hal ini dilakukan untuk memperbaiki skoliosis yang lebih serius pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dokter menempelkan batang ke tulang belakang atau tulang rusuk Anda dengan perangkat keras. Seiring pertumbuhan Anda, dokter menyesuaikan panjang batang.

Pencegahan

Tidak ada cara untuk mencegah skoliosis. Jadi lupakan rumor yang mungkin pernah Anda dengar, seperti cedera olahraga masa kanak-kanak yang menyebabkan skoliosis. Demikian pula, jika anak Anda bersekolah, Anda mungkin khawatir dengan beratnya buku pelajaran yang mereka bawa. Meskipun tas punggung yang berat dapat menyebabkan nyeri punggung, bahu, dan leher, namun tidak menyebabkan skoliosis.

Lalu bagaimana dengan postur tubuh yang buruk? Cara seseorang berdiri atau duduk tidak mempengaruhi peluangnya terkena skoliosis. Namun tulang belakang yang melengkung dapat menyebabkan kemiringan yang nyata. Jika anak Anda tidak dapat berdiri tegak, mintalah dokter untuk memeriksa tulang belakangnya.

Penutup

Setelah mengetahui mengenai skoliosis, orang tua dapat mendeteksi apakah ada kelainan pada tulang belakang anak. Bila orang tua menemukan tiga kelainan atau lebih, maka ada kemungkinan yang sangat besar bahwa anak menderita skoliosis. Jadi segera periksakan lebih lanjut ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Deteksi Skoliosis pada Anak sejak Dini

John Hopkins Medicine. Akses pada 2023. 5 Facts about Scoliosis Every Parent Should Know
Healthline. Akses pada 2023. Everything You Need to Know About Scoliosis
WebMD. Akses pada 2023. Scoliosis
Kids Health. Akses pada 2023. Scoliosis (for Parents) – Nemours KidsHealth

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn