Ini dia Panduan Berpuasa untuk Orang Diabetes

Ini dia Panduan Berpuasa untuk Orang Diabetes

ReliDoc – Jakarta. Salah satu kondisi yang umum terjadi pada semua kalangan dari muda hingga tua adalah penyakit diabetes, nah pada saat kamu berpuasa, kamu perlu mengatur makan dan minum kamu loh. Yuk simak selengkapnya panduan berpuasa untuk orang diabetes berikut ini!

Berpuasa untuk Orang Diabetes!

Pada umumnya, diabetes adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memproses gula darah. Jika tidak pengelolaan yang baik, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi yang serius, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan kerusakan saraf.

Lebih lanjut, berpuasa bisa memiliki manfaat dan risiko yang berbeda-beda bagi orang dengan penyakit ini. Setidaknya, manfaat dari berpuasa dapat meliputi penurunan berat badan, peningkatan sensitivitas insulin, dan peningkatan kontrol gula darah. Namun, risiko dari berpuasa dapat meliputi peningkatan risiko hipoglikemia (penurunan kadar gula darah yang terlalu rendah), dehidrasi, dan ketosis.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang dengan gula darah tinggi untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup mereka. Salah satu aspek penting dari pola makan adalah berpuasa selama bulan Ramadhan bagi umat Muslim.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menyarankan untuk tidak berpuasa bagi orang dengan diabetes yang memiliki risiko tinggi untuk mengalami komplikasi penyakit tersebut atau yang membutuhkan pengobatan khusus untuk mengontrol gula darah mereka. Jadi, berpuasa dapat menjadi pilihan yang tepat atau tidak, tergantung pada kondisi kesehatan individu dan rekomendasi dokter.

Tips Berpuasa untuk Orang dengan Diabetes

Berikut ini adalah panduan berpuasa untuk orang dengan kadar gula darah tinggi:

1. Perhatikan Waktu Makan

Hal yang terpenting, orang dengan penyakit ini yang berpuasa sebaiknya memperhatikan waktu makan. Karenanya, mereka sebaiknya makan sahur dan berbuka puasa secara teratur, agar kadar gula darah tetap stabil.

Saat sahur, sebaiknya memilih makanan yang kaya serat dan rendah lemak, seperti roti gandum, oatmeal, dan buah-buahan. Sedangkan saat berbuka puasa, sebaiknya mulai dengan makanan ringan seperti kurma dan susu, lalu lanjutkan dengan makanan berprotein, sayuran, dan buah-buahan.

2. Kurangi Makanan Manis dan Berlemak

Apalagi, makanan manis dan berlemak dapat membuat kadar gula darah melonjak. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari makanan seperti kue, permen, minuman manis, dan makanan cepat saji yang tinggi lemak. Sebagai gantinya, pilih makanan yang rendah lemak dan gula, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein tanpa lemak.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Ringkasnya, minum air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Dalam hal ini, orang dengan kadar gula darah tinggi sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas per hari. Namun, jika terasa sulit, coba tambahkan sedikit perasan lemon atau jeruk nipis untuk memberikan rasa segar.

4. Rutin Monitor Kadar Gula Darah

Secara khusus, penderita sebaiknya memantau kadar gula darah mereka secara teratur selama berpuasa.

Pastinya, hal ini dapat membantu kamu mengatur pola makan dan obat untuk penyakit tersebut dengan lebih baik. Hal yang utama, jika terjadi peningkatan atau penurunan kadar gula darah yang signifikan, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Tetap Gunakan Obat

Selain itu, penderita yang menggunakan obat untuk penyakitnya, sebaiknya tidak menghentikan obat tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini dapat berbahaya dan mempengaruhi kadar gula darah Anda secara signifikan.

6. Konsultasikan dengan Dokter

Selanjutnya, sebelum memulai puasa, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Karena dokter dapat membantu mengevaluasi risiko dan memberi saran tentang cara terbaik untuk mengatur kadar gula darah selama bulan Ramadhan.

Makanan dan Minuman bagi Penderita

Walaupun, berpuasa selama bulan Ramadhan dapat menjadi tantangan bagi orang dengan diabetes. Terutamanya, saat berpuasa, pola makan dan waktu makan menjadi berbeda dari biasanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang dengan penyakit ini untuk memilih makanan dan minuman yang tepat selama berpuasa.

Berikut adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang tepat untuk penderita penyakit ini saat berpuasa:

1. Buah-buahan Segar

Pendek kata, buah-buahan segar merupakan sumber vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Sebaiknya memilih buah-buahan yang rendah gula seperti apel, stroberi, dan jeruk.

2. Sayuran

Selain itu, sayuran adalah sumber serat yang baik dan rendah kalori. Kapan saja, sebaiknya memilih sayuran yang tinggi serat dan rendah gula seperti brokoli, bayam, dan kubis.

3. Protein tanpa Lemak

Protein tanpa lemak seperti ikan, ayam, dan kacang-kacangan adalah pilihan yang baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

4. Roti Gandum atau Roti Arab

Roti gandum atau roti arab mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang lebih baik untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Kurma

Memang, kurma adalah sumber energi yang baik dan memberikan efek samping positif pada sistem pencernaan. Tapi sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah sedang karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.

6. Air Putih

Tentu saja, air putih sangat penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas per hari.

7. Teh Herbal atau Teh Tanpa Gula

Rupanya, teh herbal atau teh tanpa gula merupakan minuman yang sehat dan dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang tinggi gula dan lemak seperti kue-kue manis, minuman bersoda, makanan olahan, dan gorengan. Selalu ingat untuk mengontrol porsi makanan dan memantau kadar gula darah secara teratur selama berpuasa.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ini dia Panduan Berpuasa untuk Orang Diabetes

Diabetes UK. Akses pada 2024. Ramadan and Diabetes.
Everyday Health. Akses pada 2024. 11 Everyday Things That Spike Blood Sugar.
Healthline. Akses pada 2024. How to Fast Safely: 10 Helpful Tips.
Healthxchange. Akses pada 2024. Diabetes and Ramadan: 9 Tips for Safe Fasting.
WebMD. Akses pada 2024. Can You Fast If You Have Diabetes?

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn