Ini dia Rekomendasi 7 Makanan untuk Berbuka Puasa

Ini dia Rekomendasi 7 Makanan untuk Berbuka Puasa

ReliDoc – Jakarta. Banyak makanan yang bisa kamu makan, terutama pada saat kamu berbuka puasa dan sedang lapar-laparnya, bahkan ada banyak yang berkata berbukalah dengan yang manis-manis, biar lebih segar. Nah berikut ini kita rekomendasikan 7 makanan sehat untuk berbuka puasa, yuk simak di bawah ini!

Berbuka Puasa dengan yang Sehat dan Bergizi

Bulan Ramadan juga terkenal dengan tradisi berbuka puasa yang biasanya pelaksanaannya bersama-sama dengan keluarga dan teman-teman. Berbuka puasa merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam, karena setelah seharian berpuasa, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang sehat dan bergizi untuk memulihkan tenaga.

Rekomendasi 7 Makanan untuk Berbuka Puasa

Berikut ini adalah 7 rekomendasi makanan yang cocok untuk berbuka puasa, yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga:

1. Kolak

Kolak adalah makanan yang terbuat dari campuran buah-buahan manis dan santan. Konsumsi makanan ini sangat cocok saat berbuka puasa karena memberikan rasa manis dan pada mulut menjadi segar, serta memberikan kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis buah untuk membuat kolak, seperti pisang, ubi jalar, nangka, dan kelapa muda.

2. Tahu dan Tempe Goreng

Tahu dan tempe goreng adalah makanan yang mudah pengolahannya dan sangat lezat. Konsumsi makanan ini cocok saat berbuka puasa karena kandungan proteinnya yang tinggi dan kaya akan nutrisi. Bahkan kamu bisa menambahkan sedikit bumbu seperti bawang putih, merica, dan garam agar lebih enak.

3. Sup Ayam

Konsumsi makanan sup ayam sangat cocok saat berbuka puasa karena mengandung protein dan nutrisi yang tubuh butuhkan. Selain itu, sup ayam juga dapat membantu memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Lalu kamu bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan bayam untuk membuat sup ayam lebih sehat.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng adalah makanan yang mudah pembuatannya dan lezat. Konsumsi makanan ini cocok saat berbuka puasa karena memberikan energi dan nutrisi yang tubuh butuhkan. Anda bisa menambahkan bahan-bahan seperti telur, sayuran, dan daging untuk membuat nasi goreng lebih bergizi.

5. Roti

Roti adalah makanan yang sangat cocok untuk berbuka puasa karena memberikan rasa yang enak dan kandungan karbohidrat yang tinggi. Anda bisa memilih jenis roti yang diinginkan, seperti roti tawar, roti gandum, atau roti manis. Anda juga bisa menambahkan selai atau mentega untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

6. Bubur Ayam

Bubur ayam adalah makanan yang cocok pula pada saat berbuka puasa karena mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Selain itu, mencerna bubur ayam juga mudah dan memberikan rasa yang lezat. Anda bisa menambahkan bahan-bahan seperti daging ayam, telur, dan sayuran untuk membuat bubur ayam lebih sehat.

7. Es Buah

Es buah adalah makanan yang cocok dikonsumsi saat berbuka puasa karena memberikan rasa yang segar dan kaya akan nutrisi.

Hindari Beberapa Makanan

Tidak disarankan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan yang banyak mengandung gula dan lemak, serta gorengan. Makanan jenis ini bisa membuat kamu sedikit mengantuk keesokan harinya saat berpuasa.

Selain itu, makanan berlemak tinggi sangat mungkin menyebabkan masalah pencernaan dan penambahan berat badan.

Hindari juga minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda. Minuman ini bersifat diuretik, yang merangsang pelepasan air lebih cepat melalui urin, membuat tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Jadi sebaiknya hindari makanan yang berpotensi membuat kamu menjadi sakit atau membatalkan puasa kamu, sehingga perlu kamu hindari beberapa makanan tersebut ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ini dia Rekomendasi 7 Makanan untuk Berbuka Puasa

HealthXchange Singapore. Akses pada 2024. Healthy Ramadan Fasting.
HealthXchange Singapore. Akses pada 2024. Ramadan Fasting: What to Eat During Iftar.
MedicineNet. Akses pada 2024. Caffeine.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn