Kenali Gejala dan Penyebab Batu Empedu

Kenali Gejala dan Penyebab Batu Empedu

ReliDoc – Jakarta. Endapan cairan pencernaan yang terbuat dari zat padat ditemukan dalam empedu! Penyakit ini umum terjadi dan mungkin menimbulkan gejala atau tidak. Yuk kenali gejala dan penyebab batu empedu selengkapnya di artikel ini!

Apa itu Batu Empedu?

Umumnya, batu empedu terbentuk di kantong empedu Anda, organ kecil berbentuk buah pir tempat tubuh Anda menyimpan empedu. Mereka adalah potongan bahan empedu pekat seperti kerikil. Cairan empedu mengandung kolesterol, bilirubin, garam empedu dan lesitin. Batu empedu biasanya terdiri dari kolesterol atau bilirubin yang terkumpul pada bagian bawah kantong empedu hingga mengeras menjadi “batu”.

Batu empedu bisa berukuran sekecil butiran pasir atau sebesar bola golf. Mereka tumbuh secara bertahap, karena empedu terus membasahi mereka dan mengumpulkan bahan-bahan tambahan. Sebenarnya, batu-batu kecillah yang lebih mungkin menimbulkan masalah. Itu karena batu yang lebih kecil bisa berpindah, sedangkan batu yang lebih besar cenderung diam di tempatnya. Batu empedu yang berpindah mungkin tersangkut di suatu tempat dan menimbulkan penyumbatan.

Ciri dan Gejala Batu Empedu

Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit di perut kanan atas atau bagian tengah perut Anda. Anda mungkin mengalami nyeri kandung empedu dari waktu ke waktu setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi lemak, seperti gorengan, namun nyeri tersebut bisa terjadi hampir kapan saja.

Nyeri akibat masalah batu empedu biasanya hanya berlangsung beberapa jam, namun bisa terasa parah. Jika batu empedu tidak diobati atau tidak teridentifikasi, gejalanya akan bertambah, meliputi:

  • Suhu tinggi
  • Detak jantung yang cepat
  • Menguningnya kulit dan bagian putih mata (penyakit kuning)
  • Kulit yang gatal
  • Diare
  • Panas dingin
  • Kebingungan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah

Gejala-gejala ini bisa jadi merupakan tanda-tanda batu empedu atau kandung empedu yang terinfeksi, atau peradangan pada kandung empedu, hati, atau pankreas. Karena gejala batu empedu mungkin mirip dengan gejala masalah serius lainnya seperti radang usus buntu dan pankreatitis, apa pun yang terjadi, jika Anda menghadapi satu atau lebih masalah ini, inilah saatnya menemui dokter atau segera ke UGD.

Batu Empedu Tanpa Gejala

Batu empedu sendiri tidak menimbulkan rasa sakit. Sebaliknya, nyeri terjadi ketika batu empedu menghalangi pergerakan empedu dari kantong empedu. Faktanya, sekitar 80 persen orang yang menderita batu empedu memiliki “batu empedu yang diam”. Artinya mereka tidak merasakan sakit atau gejala. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin menemukan batu empedu dari sinar-X atau selama operasi perut.

Penyebab Batu Empedu

Penyebab sebenarnya dari batu empedu diduga karena ketidakseimbangan kimiawi empedu di dalam kantong empedu. Meskipun para peneliti masih belum mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan ketidakseimbangan tersebut terjadi. Berikut ini beberapa kemungkinan alasannya:

1. Terlalu Banyak Kolesterol dalam Empedu

Memiliki terlalu banyak kolesterol dalam empedu Anda dapat menyebabkan batu kolesterol kuning. Batu keras ini dapat terbentuk jika hati Anda menghasilkan lebih banyak kolesterol daripada yang dapat terlarutkan oleh empedu Anda.

2. Terlalu Banyak Bilirubin dalam Empedu

Bilirubin adalah bahan kimia yang diproduksi selama pemecahan normal sel darah merah. Setelah dibuat, ia melewati hati dan akhirnya dikeluarkan dari tubuh.Beberapa kondisi, seperti kerusakan hati dan kelainan darah tertentu, menyebabkan hati memproduksi lebih banyak bilirubin dari yang seharusnya. Batu empedu pigmen terbentuk ketika kantong empedu Anda tidak dapat memecah kelebihan bilirubin. Batu keras ini seringkali berwarna coklat tua atau hitam.

3. Empedu Terkonsentrasi karena Kantong Empedu Penuh

Kandung empedu Anda harus dapat mengosongkan empedunya agar dapat berfungsi dengan baik. Jika gagal mengosongkan kandungan empedunya, empedu menjadi terlalu pekat, sehingga dapat menyebabkan terbentuknya batu.

Pengobatan

Seringkali, Anda tidak memerlukan pengobatan untuk batu empedu kecuali jika batu tersebut menimbulkan rasa sakit. Terkadang Anda bisa mengeluarkan batu empedu tanpa menyadarinya. Jika Anda kesakitan, kemungkinan besar dokter akan merekomendasikan operasi. Dalam kasus yang jarang terjadi, obat-obatan dapat digunakan.

Jika Anda berisiko tinggi mengalami komplikasi pembedahan, ada beberapa cara non-bedah untuk mencoba mengobati batu empedu. Namun, jika operasi tidak dilakukan, batu empedu Anda mungkin muncul kembali – bahkan dengan pengobatan tambahan. Ini berarti Anda mungkin perlu mengawasi kondisi Anda hampir sepanjang hidup Anda.

1. Operasi

Kolesistektomi, yaitu operasi untuk mengangkat kantong empedu, adalah salah satu operasi yang paling umum dilakukan pada orang dewasa di Amerika Serikat. Karena kantong empedu bukanlah organ yang penting, kita bisa hidup sehat tanpanya.

Ada dua jenis kolesistektomi:

● Kolesistektomi Laparoskopi

Ini adalah operasi umum yang memerlukan anestesi umum. Dokter bedah biasanya akan membuat tiga atau empat sayatan kecil di perut Anda. Mereka kemudian akan memasukkan perangkat kecil seperti selang dengan panduan kamera ke dalam salah satu sayatan, memeriksa batu, dan dengan hati-hati mengeluarkan kantong empedu Anda. Anda biasanya dapat pulang pada hari prosedur atau lusa jika tidak mengalami komplikasi.

● Kolesistektomi Terbuka

Operasi ini biasanya dilakukan ketika kandung empedu meradang, terinfeksi, atau terluka. Operasi ini juga dapat terjadi jika terjadi masalah selama kolesistektomi laparoskopi.

Anda mungkin mengalami tinja encer atau encer setelah pengangkatan kandung empedu. Pengangkatan kantong empedu melibatkan pengalihan rute empedu dari hati ke usus kecil. Empedu tidak lagi melewati kantong empedu dan menjadi kurang pekat. Akibat langsungnya adalah efek pencahar yang dapat menyebabkan diare, namun masalah ini akan teratasi dengan sendirinya bagi kebanyakan orang.

2. Perawatan Non-Bedah

Jika pembedahan tidak dapat dilakukan, misalnya jika pasien adalah orang yang jauh lebih tua, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan dokter untuk menghilangkan batu empedu Anda.

Terapi pembubaran oral biasanya mencakup penggunaan obat asam ursodeoxycholic (Urdaflak) dan chenodiol untuk memecah batu empedu. Obat-obatan ini mengandung asam empedu, yang berfungsi memecah batu. Perawatan ini paling cocok untuk memecah batu kolesterol dan memerlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk dapat bekerja sepenuhnya.

Litotripsi gelombang kejut adalah pilihan lain. Lithotripter adalah mesin yang menghasilkan gelombang kejut yang melewati seseorang. Gelombang kejut ini dapat memecah batu empedu menjadi potongan-potongan kecil.

Drainase perkutan pada kandung empedu melibatkan penempatan jarum steril ke dalam kandung empedu untuk mengaspirasi (mengeluarkan) empedu. Sebuah tabung kemudian dimasukkan untuk membantu drainase tambahan. Prosedur ini biasanya bukan merupakan garis pertahanan pertama dan cenderung menjadi pilihan bagi individu yang mungkin tidak cocok untuk prosedur lain.

Pencegahan

Meskipun tidak ada cara yang sangat mudah untuk mencegah batu empedu sepenuhnya, kolesterol tampaknya memainkan peran utama dalam pembentukannya. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan batu empedu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk membatasi makanan dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Beberapa makanan tersebut antara lain:

  • Daging berlemak, seperti sosis dan bacon
  • Kue dan kue kering
  • Lemak babi dan krim
  • Keju tertentu

Karena penderita obesitas lebih rentan terkena batu empedu, menjaga berat badan dalam batas sedang adalah cara lain untuk membatasi kemungkinan terbentuknya batu empedu.

Pastinya, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Setelah kita mengenali gejala dan penyebab dari penyakit batu empedu, tentu kita lebih berhati-hati akan penyakit tersebut. Namun jika mengalami gejala seperti penyakit  batu empedu, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Gejala dan Penyebab Batu Empedu

Mayo Clinic. Akses pada 2023. Gallstones – Symptoms & causes
WebMD. Akses pada 2023. Gallstones (Cholelithiasis)
Healthline. Akses pada 2023. A Guide to Gallstones
Cleveland Clinic. Akses pada 2023. Gallstones (Cholelithiasis): Symptoms, Causes & Treatment

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn