Kenali Tanda Kekurangan Vitamin E

Kenali Tanda Kekurangan Vitamin E

ReliDoc – Jakarta. Pastinya, tubuh kita memerlukan cukup vitamin agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Karena kekurangan salah satu jenis vitamin saja dapat berakibat buruk untuk  kesehatan. Tak terkecuali saat kita mengalami kekurangan atau defisiensi vitamin E. Yuk, kenali tanda kekurangan vitamin E di bawah ini!

Mengapa Vitamin E itu Penting?

Umumnya, Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dengan kualitas antioksidan yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat. Ini terjadi secara alami dalam berbagai macam makanan dan bahkan ditambahkan ke produk makanan tertentu untuk membantu Anda meningkatkan asupan Anda.

Tubuh kita membutuhkan vitamin E untuk berfungsi, menjadikannya vitamin esensial. Ini larut dalam lemak, artinya membutuhkan lemak dari makanan untuk diserap dengan baik. Vitamin E terutama disimpan di hati sebelum dilepaskan ke aliran darah untuk digunakan.

Vitamin E terjadi dalam delapan bentuk kimia. Dengan tes darah, dokter dapat mengetahui berapa banyak dari satu bentuk, alfa-tokoferol, yang dimiliki seseorang. Dengan menggunakan informasi ini, mereka dapat menentukan apakah tingkat vitamin E seseorang secara keseluruhan.

Kekurangan Vitamin E

Gejala kekurangan vitamin E atau rendahnya kadar vitamin E antara lain kelemahan otot, kesulitan koordinasi, mati rasa, gangguan penglihatan, dan masih banyak lagi. Kekurangan jarang terjadi dan biasanya merupakan akibat dari kondisi yang mendasarinya. Setidaknya, beberapa bayi prematur juga memiliki kadar yang rendah.

Kadar normal biasanya berkisar antara 5,5–17 miligram per liter (mg/L). Kisaran normal mungkin berbeda untuk bayi prematur dan anak di bawah 17 tahun. Kisaran normal juga dapat sedikit berbeda di antara laboratorium.

Ketika orang dewasa memiliki kurang dari 4 mg/L vitamin E dalam darahnya, mereka biasanya memerlukan suplementasi.

Tanda dan Gejala Kekurangan Vitamin E

Berikut ini tanda dan gejala bila kita kekurangan vitamin E:

1. Kelemahan Otot

Vitamin E sangat penting untuk sistem saraf pusat. Ini adalah salah satu antioksidan utama tubuh, dan kekurangan menghasilkan stres oksidatif, yang dapat menyebabkan kelemahan otot.

2. Kesulitan Berjalan dan Koordinasi

Kekurangan dapat menyebabkan neuron tertentu, yang disebut Neuron Purkinje, yang rusak, sehingga mengganggu kemampuan mereka untuk mengirimkan sinyal.

3. Gangguan pada Kulit dan Rambut

Defisiensi vitamin E juga dapat menimbulkan gangguan pada kulit dan rambut, seperti kering, kasar, dan mudah rusak.

4. Mati Rasa dan Kesemutan

Kerusakan pada serabut saraf dapat menghalangi saraf mengirimkan sinyal dengan dengan benar, sehingga menimbulkan sensasi ini, yang juga disebut neuropati perifer.

5. Kerusakan Penglihatan

Kekurangan vitamin E dapat melemahkan reseptor cahaya di retina dan sel-sel lain di mata. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan seiring berjalannya waktu.

6. Masalah Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin E dapat menghambat sel kekebalan. Orang dewasa yang lebih tua mungkin sangat berisiko.

Penyebab Kekurangan Vitamin E

Berikut ini adalah beberapa penyebab dari timbulnya kekurangan vitamin E:

1. Genetika atau Faktor Keturunan

Kekurangan vitamin E sering kali diturunkan dalam keluarga. Mempelajari riwayat keluarga dapat mempermudah diagnosis penyakit bawaan tertentu yang langka. Dua dari penyakit ini, abetalipoproteinemia kongenital dan defisiensi vitamin E familial terisolasi, bersifat kronis dan mengakibatkan kadar vitamin E sangat rendah.

2. Kondisi Medis

Kekurangan vitamin E juga bisa diakibatkan oleh penyakit yang sangat mengurangi penyerapan lemak. Ini karena tubuh membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin E dengan benar.

Berikut beberapa penyakit tersebut antara lain:

  • Pankreatitis kronis.
  • Penyakit celiac.
  • Penyakit hati kolestatik.
  • Fibrosis kistik.

Kekurangan vitamin E juga umum terjadi pada bayi baru lahir dan bayi yang lahir prematur yang memiliki berat badan lahir rendah dan sedikit lemak.

Bayi prematur memiliki risiko khusus karena saluran pencernaan yang belum matang dapat mengganggu penyerapan lemak dan vitamin E. Kekurangan vitamin E pada bayi ini juga dapat menyebabkan anemia hemolitik, yang menghancurkan sel darah merah.

Itulah penjelasan mengenai tanda kekurangan vitamin E. Ketika seseorang tidak memiliki riwayat penyakit genetik tetapi mengalami gejala kekurangan vitamin E, maka sebaiknya segera menghubungi dokter. Tingkat vitamin E yang sangat rendah dalam darah dapat mengindikasikan masalah kesehatan yang mendasarinya. Pengujian lebih lanjut akan membantu menentukan penyebab dan pilihan pengobatan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Kenali Tanda Kekurangan Vitamin E

Medical News Today. Akses pada 2023. Vitamin E deficiency: What are the signs?
WebMD. Akses pada 2023. VITAMIN E – Uses, Side Effects, and More
Pharm Easy. Akses pada 2023. Signs And Symptoms Of Vitamin E Deficiency You must Know To Address It!
Healthline. Akses pada 2023. How to Identify and Treat a Vitamin E Deficiency

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn