Kepribadian Menurut Golongan Darah

Kepribadian Menurut Golongan Darah

ReliDoc – Jakarta. Memang ada hubungannya antara golongan darah dengan kepribadian kita? Bagi orang Jepang sendiri ada hubungannya dan menjadi budaya sosial mereka loh. Penasaran dengan kepribadian menurut golongan darah? Yuk simak di bawah ini.

Kepribadian dan Golongan Darah?

Menebak kepribadian dengan astrologi mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang-orang. Namun, ada juga yang percaya bahwa kepribadian seseorang dapat diprediksi dari golongan darahnya. Keyakinan ini berasal dari budaya Jepang. Di sana, golongan darah memiliki dampak besar pada kehidupan, pekerjaan, dan bahkan cinta seseorang.

Ini dinamakan Ketsuekigata. Umumnya, Ketsuekigata dianggap sebagai pseudosains, kumpulan pemikiran yang tampaknya didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah tetapi sebenarnya tidak berakar pada fakta. Meskipun tidak ada bukti nyata bahwa golongan darah mempengaruhi kepribadian, kepercayaan ini tersebar luas di Jepang dan negara-negara Asia lainnya.

Kepribadian Menurut Golongan Darah

Meskipun tes kepribadian golongan darah belum memiliki dasar ilmiah yang kuat, banyak orang, terutama orang Jepang, berpendapat bahwa itu benar, yaitu:

● Golongan Darah A

Untuk golongan darah A, terkait dengan sifat-sifat positif seperti kreativitas, kepintaran, dan kerja sama, sedangkan sifat-sifat negatif mereka termasuk keras kepala dan serius. Individu golongan darah A dilaporkan lebih umum di Jepang daripada orang dengan golongan darah lain.

● Golongan Darah B

Selanjutnya, untuk golongan darah B, itu seharusnya kuat, penuh semangat, empati, dan tegas, tetapi mereka juga terkait dengan keegoisan dan berperilaku yang tidak menentu. Orang dengan golongan darah ini dikatakan berbenturan dengan mereka yang bergolongan darah A.

● Golongan Darah AB

Sementara, untuk golongan darah AB, termasuk rasionalitas dan kemampuan beradaptasi, tetapi kelemahan mereka adalah keragu-raguan, kekritisan, dan pelupa. Golongan darah ini sebagian besar ada anggapan memiliki karakteristik individu golongan darah A dan golongan darah B.

● Golongan Darah O

Terakhir, untuk golongan darah O, berhubungan dengan karakteristik seperti percaya diri, bertekad, tahan banting, dan mempunyai intuisi yang kuat, tetapi ada anggapan mereka juga egosentris dan tidak stabil. Mereka dikatakan sangat egois terhadap individu dengan golongan darah A.

Apa Menariknya dari Ketsuekigata?

Jadi, meskipun tidak ada penelitian ilmiah yang sah yang menghubungkan golongan darah dengan kepribadian. Namun, orang-orang terus percaya pada ketsuekigata. Mengapa? Karena, psikolog mengatakan bahwa banyak yang hanya menikmati topik dan menggunakannya sebagai cara untuk mencairkan suasana dengan orang lain. Selain itu, di dunia yang tidak pasti, teori kepribadian berdasarkan golongan darah dapat memberikan kepercayaan diri orang tentang di mana mereka cocok dan apa kekuatan dan kelemahan mereka.

Nah, itulah kepribadian berdasarkan golongan darah. Selanjutnya, apakah kepribadiannya sesuai dengan golongan darah Reli Friends? Namun, jika ingin mengetahui lebih banyak tentang tipe kepribadian, sebaiknya menggunakan metode khusus bidang psikologi. Apalagi jika ingin mengetahui kepribadian, minat, dan bakatnya.

Bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel

BBC. Akses pada 2022. Japan and blood types: Does it determine personality?
Motto Japan Media. Akses pada 2022. Blood Type Personality in Japan: A Guide
VeryWellMind. Akses pada 2022. What Is Blood Type Personality?

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn