Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Dalam menjalani kehidupan, banyak hal yang dapat kita dilakukan untuk membantu orang lain, termasuk dengan mendonorkan darah. Donor darah merupakan kegiatan aktif yang sering kita temui baik di kampus, kantor maupun rumah sakit. Tapi tahukah kamu, jika donor darah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh?  Yuk, ketahui manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh kamu! Baca selengkapnya di sini!

Donor Darah? Apakah Penting?

Donor darah adalah kegiatan sukarela dimana seseorang menyumbangkan darahnya untuk digunakan oleh orang yang membutuhkan. Aktivitas ini penting karena dapat membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Namun, selain memberikan manfaat bagi penerima, donor darah juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan bagi pendonor.

Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat dari donor darah bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Produksi Darah Baru

Saat seseorang melakukan donor darah, tubuhnya akan memproduksi darah baru untuk menggantikan darah yang hilang. Ini berarti bahwa donor darah dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan karena sel-sel darah yang sehat membantu memperbaiki jaringan dan organ yang rusak.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Donor darah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung karena dengan mendonorkan darah, kadar besi di dalam tubuh akan menurun. Penelitian menunjukkan bahwa kadar besi yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung karena besi memicu produksi radikal bebas yang merusak sel-sel dalam tubuh. Dengan rutin mendonorkan darah, kamu dapat membantu menjaga kadar besi yang sehat dan meminimalkan risiko penyakit jantung.

3. Mengetahui Kondisi Kesehatan

Selama proses donor darah, petugas medis akan memeriksa kondisi kesehatan pendonor seperti tekanan darah, kadar hemoglobin, dan kadar zat besi dalam darah. Hal ini dapat membantu pendonor untuk mengetahui kondisi kesehatannya secara umum. Selain itu, petugas medis juga akan memberikan nasihat dan rekomendasi jika ada masalah kesehatan yang perlu ditangani.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Bagi orang yang saat ini sedang fokus menurunkan berat badan, mendonorkan darah secara rutin mungkin merupakan pendekatan yang tepat. Mengapa demikian? Karena dengan mendononorkan darah, kita dapat menurunkan berat badan. Karena rata- rata setiap orang dewasa yang rutin menyumbangkan 450ml darah dapat membakar 650 kalori. Jumlah kalori ini setara dengan melakukan olahraga high impact aerobic selama 1 jam atau bersepeda selama 1 jam dengan jarak 22.5km/jam.

5. Mendeteksi Beberapa Penyakit Sejak Dini

Dengan melakukan kegiatan donor darah, secara tidak langsung pendonor telah melakukan skrining atau pemeriksaan gratis untuk penyakit-penyakit serius seperti hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Pemeriksaan ini dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) bertujuan untuk memastikan darah yang kamu donorkan aman untuk digunakan sebagai transfusi bagi penerima donor.

Dalam kesimpulan, donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga bagi pendonor. Donor darah dapat membantu meningkatkan produksi darah baru, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, menjaga kesehatan mental, dan membantu pendonor mengetahui kondisi kesehatannya secara umum. Oleh karena itu, rutin melakukan donor darah dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun, sebelum mendonorkan darah, pastikan untuk memeriksa persyaratan dan syarat yang diperlukan, seperti berat badan dan kondisi kesehatan yang memadai. Penting juga untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan cukup cairan sebelum dan setelah donor darah, serta memberi tahu petugas medis jika merasa tidak nyaman atau ada keluhan setelah mendonorkan darah.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Ketahui Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

NHS Blood and Transplant UK. . Akses pada 2023. How your body replaces blood.
Healthline. Akses pada 2023. The Benefits of Donating Blood.
Verywell Health. Akses pada 2023. Does Giving Blood Lower Cholesterol Levels?
WebMD. Akses pada 2023. Donating Blood.

Ditinjau oleh: dr. Vanesha Cicilia

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn