Khasiat Jahe untuk Asam Lambung

Khasiat Jahe untuk Asam Lambung

ReliDoc – Jakarta. Memang, jahe adalah bahan makanan tradisional yang bisa dicampur menjadi minuman. Rupanya banyak khasiatnya loh, salah satunya merupakan sebagai penurun asam lambung. Di sini kita bahas dengan seksama mengenai khasiat jahe untuk asam lambung!

Fakta Jahe untuk Asam Lambung

Faktanya, jahe telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat alami untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk masalah pencernaan. Baru-baru ini, para peneliti mulai mempelajari potensi khasiat jahe dalam menurunkan asam lambung atau GERD.

Sementara itu, sistem pencernaan manusia mengandung asam klorida, yang membantu memecah makanan dan membunuh bakteri berbahaya. Namun, produksi asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan kondisi seperti refluks asam, heartburn, dan tukak lambung.

Tentu saja, jahe telah terbukti memiliki beberapa manfaat potensial untuk kesehatan pencernaan. Ini memiliki sifat anti-inflamasi alami, yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan iritasi pada saluran pencernaan. Di samping itu, jahe juga mengandung senyawa yang disebut gingerol dan shogaol, yang mungkin memiliki efek perlindungan pada lapisan lambung dan membantu mengurangi produksi asam lambung.

Penelitian Jahe untuk Asam Lambung

Setidaknya, dalam sebuah penelitian yang dalam Journal of Medicinal Food, para peneliti menemukan bahwa ekstrak jahe efektif mengurangi produksi asam lambung pada tikus. Ringkasnya, para peneliti juga mencatat bahwa ekstrak jahe memiliki efek perlindungan pada lapisan perut, mengurangi risiko maag.

Selain itu, studi lain, dalam terbitan Journal of Gastroenterology and Hepatology, menemukan bahwa ekstrak jahe efektif mengurangi gejala refluks asam pada manusia. Selanjutnya, peserta penelitian melaporkan lebih sedikit kasus mulas dan refluks asam setelah mengonsumsi ekstrak jahe selama delapan minggu.

Sementara itu, penelitian lebih lanjut penting untuk memahami sepenuhnya kemanjuran jahe dalam mengurangi asam lambung, bukti yang ada menunjukkan bahwa jahe mungkin merupakan obat alami yang berguna untuk masalah pencernaan. Penting untuk berbicara dengan penyedia dokter kamu sebelum menggunakan jahe atau obat herbal lainnya, karena dapat berinteraksi dengan obat tertentu atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Efek Samping Kebanyakan Konsumsi Jahe

Hal yang terpenting, diambil dalam dosis kecil, jahe cenderung menyebabkan efek samping yang relatif ringan, seperti gas atau perut kembung. Namun, jika kamu memiliki asam lambung dan mengonsumsi jahe lebih dari empat gram per hari, dapat menimbulkan efek samping tambahan berupa sakit maag.

Secara keseluruhan, potensi manfaat jahe untuk kesehatan pencernaan membuatnya layak menjadi pertimbangan sebagai obat alami penurun asam lambung. Seperti biasa, penting untuk memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan kamu secara keseluruhan dengan makan makanan seimbang, tetap terhidrasi, dan berolahraga teratur.

Untuk kamu yang terkena asam lambung tapi sudah mencoba berbagai cara untuk menurunkannya tapi tetap tidak turun, bisa hubungi dan konsultasi ke dokter umum agar segera ditangani ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Khasiat Jahe untuk Asam Lambung

Cleveland Clinic. Akses pada 2022. GERD (Chronic Acid Reflux).
Healthline. Akses pada 2022. 11 Proven Health Benefits of Ginger.
Healthline. Akses pada 2022. Can You Use Ginger to Treat Acid Reflux?
Johns Hopkins Medicine. Akses pada 2022. GERD Diet: Foods That Help with Acid Reflux (Heartburn)
Journal of Gastroenterology and Hepatology. Akses pada 2022. Ginger in gastrointestinal disorders: A systematic review of clinical trials
Journal of Medicinal Food. Akses pada 2022. Ginger–an herbal medicinal product with broad anti-inflammatory actions
National Health Service UK. Akses pada 2022. Heartburn and Acid Reflux.
Mayo Clinic. Akses pada 2022. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn