Makanan dan Minuman Suportif Pada Saat Demam

Makanan dan Minuman Suportif Pada Saat Demam

ReliDoc – Jakarta. Reli Friends kamu sedang terkena demam? Ingin tahu makanan dan minuman apa saja sih yang bisa kamu konsumsi untuk menurunkan atau melegakan demam kamu? Yuk simak artikel makanan dan minuman suportif pada saat demam berikut ini.

Makanan Suportif pada saat Demam

Asupan makanan dan minuman sangat dibutuhkan untuk Anda yang sedang demam, dan sebenarnya tidak ada batasan dalam konsumsi makanan atau minuman apabila Anda terkena demam. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan seimbang, maka Anda dapat mempercepat pemulihan dari masalah demam.

Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi aman bagi perut dan mulut. Serta makanan yang kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi tubuh Anda. Berikut adalah beberapa makanan penurun panas untuk Anda konsumsi selama demam sehingga Anda cepat pulih:

1. Buah-buahan dan Berry

Buah citrus, seperti jeruk, lemon, dan anggur, mengandung tingkat tinggi flavonoid dan vitamin C. Makan buah atau berry dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan imun tubuh, yang dapat membantu melawan infeksi penyebab demam.

2. Sup Ayam

Sup ayam merupakan makanan yang dapat membantu asupan cairan Anda, menurunkan suhu tubuh dan membuang racun, dan natrium dapat mengisi kembali elektrolit. Lalu, sup ayam penuh dengan vitamin, mineral, kalori, dan protein.

3. Makanan yang mengandung Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang berperan dalam menjaga kesimbangan bakteri usus Anda. Mengkonsumsi makanan probiotik secara teratur bisa membantu kerja sistem kekebalan tubuh sehingga ampuh untuk menurunkan demam, khususnya pada anak-anak. Makanan seperti kimchi, yoghurt, tempe, dan acar kubis mempunyai kandungan probiotik di dalamnya.

4. Sayur-mayur

Seperti buah-buahan, sayuran memasok kelebihan vitamin penting dan mineral yang sangat kita butuhkan, yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan membantu Anda menyingkirkan demam.

5. Bumbu dan rempah

Bumbu-bumbu yang biasa Anda gunakan dapat menampung sejumlah obat demam alami dan penambah kekebalan tubuh. Bawang putih, mengandung allicin, yang merupakan senyawa antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mungkin melawan demam. Begitu pula dengan Jahe, senyawa aktifnya, memiliki sifat obat yang membantu peradangan, mual dan muntah, di antara gejala lainnya.

Minuman Suportif pada saat Demam

Anda harus tetap menjaga diri Anda untuk tetap terhidrasi, terutama ketika Anda sedang demam. Beberapa minuman berikut yang dapat membantu Anda ketika Anda demam:

1. Teh Herbal

Teh herbal menyegarkan, dan menghirup uapnya dapat membantu membersihkan lendir di hidung. Daun teh sendiri kaya akan senyawa tumbuhan alami, seperti polifenol, flavonoid, dan katekin. Ini merangsang sistem kekebalan tubuh. Katekin, khususnya, dapat melindungi terhadap jenis virus influenza tertentu.

2. Madu

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri. Madu sendiri kaya akan antimikroba yang membantu membersihkan jenis infeksi ini. Madu juga efektif dalam mengobati batuk anak-anak, walaupun tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah usia 12 bulan.

3. Air Kelapa

Tidak seperti H2O biasa, air kelapa kaya akan potassium, yang dibutuhkan otot dan saraf Anda untuk berfungsi dengan baik dan dibutuhkan tubuh Anda untuk mengatur detak jantung Anda.

4. Jus Buah

Ketika Anda menderita demam, jus buah sangat penting karena memiliki begitu banyak nutrisi yang penting untuk kesehatan. Jus jeruk, khususnya, menggerakkan sistem pencernaan dan kemungkinan membuat Anda buang air kecil, yang menyebabkan Anda mengeluarkan racun secara alami dari tubuh Anda.

Istirahat pada saat Demam

Selain makanan dan minuman, istirahat tirah baring saat demam juga membantu menurunkan demam karena dengan beristirahat, proses metabolisme tubuh dapat berfokus untuk peningkatan kekuatan imun kita dalam menghadapi infeksi penyakit. Selain itu, penurunan metabolisme tentu juga berpengaruh menurunkan suhu tubuh karena aktivitas yang menurun.

Ini merupakan perawatan yang menganjurkan pasien untuk beristirahat di tempat tidur dan membatasi aktivitas sehari-hari. Untuk perawatan ini sering dianjurkan untuk pasien yang tidak mampu melakukan mobilisasi atau berada dalam kondisi yang tidak baik secara medis untuk beristirahat.

Asupan makan dan minum menjadi penting dalam menjaga kesehatan Anda, tetap jaga gizi dan tetap terhidrasi untuk kesehatan Anda agar tidak mengalami demam yang berlebihan.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Makanan dan Minuman Suportif pada saat Demam

Dispatch Health. Akses pada 2024. Foods to Eat (and Avoid) When You Have a Fever
Eat This. Akses pada 2024. 7 Foods That Help With a Fever
Live Strong. Akses pada 2024. The 7 Best Foods to Eat When You Have a Fever (and 3 to Avoid)
MedicalNewsToday. Akses pada 2024. What should you eat when you are sick?
WebMD. Akses pada 2024. Best (and Worst) Drinks When You Have a Cold

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn