Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Kamu penikmat buah naga? Buah naga adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk simak selengkapnya manfaat buah naga untuk kesehatan di bawah ini.

Buah Naga

Buah naga (Hylocereus polyrhizus) juga dikenal sebagai pitaya, adalah buah tropis yang berasal dari beberapa jenis kaktus. Faktanya, buah ini memiliki bentuk yang menarik dan sering ditemukan dalam dua varietas utama: buah naga merah dengan daging merah cerah dan biji hitam, serta buah naga putih dengan daging putih dan biji hitam. Rasa buah naga manis, atau lebih tepatnya seperti perpaduan antara kiwi dan pir.

Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan:

1. Kaya Akan Antioksidan

Tentu saja, buah naga mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penuaan dini dan berbagai penyakit.

Berikut beberapa antioksidan utama yang terkandung dalam daging buah naga antara lain:

  • Betalains: pigmen merah tua yang membantu untuk melindungi dari kolesterol Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat” agar tidak teroksidasi.
  • Hydroxycinnamates: kelompok senyawa yang bersifat antikanker.
  • Flavonoid: kelompok antioksidan terkait dengan kesehatan otak dan penurunan risiko penyakit jantung.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selanjutnya, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Lebih dari pada itu, antioksidan dalam buah naga membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Kandungan vitamin C juga berperan penting dalam produksi kolagen, yang menjaga elastisitas kulit.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah naga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu melindungi kesehatan jantung. Buah naga dengan daging buah berwarna merah mengandung betalain (menciptakan warna merah di dalam buah), dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat. Di mana biji hitam kecil dalam buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Membantu Menjaga Berat Badan

Selain itu, buah naga rendah kalori dan tinggi serat, sehingga dapat menjaga rasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Buah naga menawarkan 7 gram serat per porsi, yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam buah naga dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan dan mencegah sembelit. Buah naga kaya akan oligosakarida (karbohidrat) yang akan membantu pertumbuhan bakteri baik, seperti flora untuk membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, buah naga juga mengandung serat tinggi yang membantu menyehatkan pencernaan.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dalam buah naga dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit mata terkait usia. Misalnya, katarak dan degenerasi makula yang menjadi gangguan penglihatan yang sering terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut (lansia).

8. Mengurangi Risiko Diabetes

Buah naga memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti dapat membantu mengatur kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2. Manfaat dari buah naga merah yaitu bisa mengurangi risiko penyakit diabetes, karena mengandung serat dalam jumlah tinggi. Serat akan menjaga kadar gula darah, bagi orang-orang yang menderita diabetes. Karena itu, mengkonsumsi buah naga secara teratur bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Demikian pula, buah naga mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang.

Cara Terbaik Konsumsi Buah Naga

Berikut beberapa cara terbaik konsumsi buah naga:

1. Salad Buah Naga

  • Siapkan wadah atau mangkuk
  • Cuci dan potong buah naga segar
  • Tambahkan campuran potongan buah-buahan sehat lainnya seperti pisang, stroberi, semangka, nanas, atau anggur (sesuai selera)
  • Tambahkan sedikit campuran garam, merica atau mayones (opsional)
  • Tambahkan satu sendok es krim untuk menambah rasa (opsional)
  • Salad buah dengan buah naga siap kamu sajikan.

2. Smoothie Buah Naga

  • Cuci buah naga merah
  • Tambahkan beberapa buah sehat untuk smoothie lainnya, seperti pisang (opsional)
  • Potong-potong buah menjadi beberapa bagian
  • Masukkan ke dalam blender
  • Tambahkan 1-2 sendok madu (opsional)
  • Tambahkan es batu secukupnya (opsional)
  • Blender bahan-bahan tadi hingga halus
  • Tuangkan dalam gelas atau mangkuk
  • Smoothies buah naga siap kamu nikmati.

3. Makan Langsung sebagai Buah Segar

  • Cuci buah naga segar
  • Potong dengan pisau menjadi beberapa bagian (sesuai selera)
  • Daging buah bisa langsung diambil dengan sendok tanpa memotong kulitnya.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan. Manfaat kesehatan buah naga ini berlaku dalam konteks diet yang seimbang dan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Namun, seperti dengan semua makanan, konsumsi dalam jumlah wajar tetap penting, dan jika Anda memiliki alergi atau kondisi kesehatan tertentu, segera konsultasi dengan dokter agar segera diberi penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan

PharmEasy. Akses pada 2023. 10 Health Benefits And Recipes Of Dragon Fruit (Pitaya).
HealthLine. Akses pada 2023. 7 Health Benefits of Dragon Fruit (Plus How to Eat It)
Health.com. Akses pada 2023. Health Benefits of Dragon Fruit

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn