Manfaat Humidifier untuk Kesehatanmu!

Manfaat Humidifier

ReliDoc – Jakarta. Halo Reli Friends! Siapa yang tidak kenal alat pelembap udara alias Humidifier? Kamu tahu tidak, ada banyak manfaat humidifier, terutama pada kesehatan kamu loh. Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak artikel berikut ini.

Manfaat Humidifier

Humidifier atau pelembap udara dapat menambah kelembapan udara untuk mencegah kekeringan yang dapat menyebabkan iritasi di banyak bagian tubuh. Pelembap bisa sangat efektif untuk mencegah kekeringan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir. Humidifier juga dapat meringankan beberapa gejala yang disebabkan oleh flu atau pilek.

Walaupun ada banyak manfaat akan tetapi Anda harus berhati-hati dalam penggunaannya, pelembap yang digunakan dapat membuat Anda sakit jika tidak dirawat dengan baik atau apabila tingkat kelembapannya terlalu tinggi. Apabila Anda menggunakan pelembap udara, pastikan untuk memeriksa tingkat kelembapan dan menjaga pelembap udara tetap bersih. Humidifier yang kotor dapat memberi jamur dan bahkan bakteri. Lalu, apabila Anda terkena asma maupun alergi, disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter.

Beberapa manfaat humidifier yang kamu dapatkan:

1. Gunakan Probiotik untuk Mencegah Radang, Flu, hingga Hidung Tersumbat

Beberapa risiko kesehatan dapat Anda cegah dengan menggunakan probiotik ke dalam humidifier Anda. Ketika Probiotik diuapkan atau disemprotkan ke udara, maka probiotik (bakteri baik) akan menjadi sasaran virus untuk dijadikan inang, saat virus masuk dan menginfeksi tubuh bakteri maka virus akan diurai oleh enzim bakteri, sehingga virus dan bakteri akan terjatuh ke tanah. Beberapa hal yang dapat di bantu dari probiotik merupakan:

  • Sakit tenggorokan atau radang. Humidifier dapat membantu mencegah Anda sakit tenggorokan dengan menambahkan kelembapan ke udara. Kondisi udara yang kering menyebabkan Anda rentan terkena sakit tenggorokan, sehingga fungsi humidifier ini membantu dengan meningkatkan kelembapan udara dalam ruangan sehingga mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan dan mencegahnya terulang kembali.
  • Gejala flu dan batuk. Berada di lingkungan kering dapat membuat flu dan batuk semakin parah, sehingga penggunaan humidifier sebagai pelembap dapat membantu untuk meredakan gejala flu dan batuk tersebut. Bukan hanya itu saja, humidifier dapat membantu meringankan gejala seperti:
    • Tenggorokan kering dan gatal.
    • Flu atau pilek.
    • Batuk.
    • Mimisan.
  • Mencegah Hidung Tersumbat. Lalu, meningkatkan kelembapan udara dapat memudahkan Anda untuk mengeluarkan lendir saat batuk atau meniup hidung Anda, dengan mencegah hidung Anda mengering. Ketika Anda sakit, sel-sel yang melapisi saluran pernapasan Anda menghasilkan lebih banyak lendir.

2. Melembapkan Kulit

Udara kering menarik kelembapan dari kulit, yang menyebabkan terasa gatal dan iritasi. Humidifier dapat mengatasi masalah ini dengan meningkatkan kelembapan di udara dan untuk membantu menghindari ketidaknyamanan di kulit Anda.

3. Mengurangi Mendengkur

Humidifier juga dapat mengurangi dengkuran akibat hidung tersumbat dengan membantu melonggarkan lendir yang menghalangi jalan napas Anda. Mendengkur merupakan hal umum di antara orang-orang dengan sleep apnea.

4. Mencegah Droplet Covid-19

Virus Covid berada di udara dengan sangat lama. Ketika berada di udara dengan lama, maka virus tidak akan langsung hilang, sehingga Anda rentan terkena virus yang berada di udara tersebut. Apabila suasana udara dilembabkan, maka droplet-droplet itu menjadi lebih berat dan cepat jatuh ke tanah tanpa bisa menyebabkan penularan via udara lebih lama.

Dilansir dari Artikel tahun 2013, Ketika tingkat kelembaban dalam ruangan kurang dari 23%, maka tingkat infektivitas virus untuk menginfeksi orang lain melalui tetesan udara pernapasan adalah antara 70% dan 77%. Sedangkan, kelembaban dalam ruangan dijaga di atas 43%, tingkat infektivitas jauh lebih rendah, antara 14% dan 22%.

Cara Menjaga Kebersihan Humidifier

Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan dalam menjaga Humidifier. Ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga Humidifier Anda tetap aman digunakan:

1. Gunakan Air Sulingan (Distilled Water).

Risiko kesehatan lain pada saat mengoperasikan pelembap udara berkaitan dengan partikel yang dipancarkan ke udara. Sehingga disarankan untuk menggunakan air suling. Ini dikarenakan air suling atau demineralisasi memiliki kandungan mineral yang jauh lebih rendah daripada air keran.

2. Bersihkan Humidifier setiap 3 Hari

Anda harus selalu membersihkan pelembap udara setelah maksimal 3 hari sekali dan pastikan tangki air benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Bilas dan ganti air di tangki humidifier Anda setiap malam agar menghindari penggunaan genangan air lama yang dapat mengandung jamur atau bakteri atau jamur lain. Bersihkan pelembap udara Anda setiap beberapa hari dengan hidrogen peroksida atau dengan larutan pembersih lain yang direkomendasikan oleh produsen.

3. Ganti Filter secara Teratur.

Apabila filter di humidifier sudah terlalu kotor, disarankan untuk mengganti filter secara teratur. Selalu melakukan cek berkala untuk humidifier yang digunakan bersih atau tidaknya.

4. Bilas Humidifier Kembali setelah Dibersihkan

Bilas setelah Anda telah membersihkan humidifier Anda, ini dilakukan untuk mencegah bahan kimia berbahaya mengudara dan kemudian terhirup oleh Anda.

5. Ganti Air secara Berkala.

Kosongkan tangki, keringkan permukaan bagian dalam dan isi ulang dengan air bersih setiap hari jika memungkinkan.

Keuntungan dan manfaat humidifier sendiri banyak, terutama dengan pemeliharaan yang baik terhadap humidifier. Akan tetapi, perlu melakukan konsultasi dengan dokter apabila Anda memiliki riwayat asma dan alergi.

Nah, bagi peserta Asuransi Reliance. Kamu dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhanmu. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber

Healthline. Diakses pada 2022. Humidifiers and Health
Insider. Diakses pada 2022. 5 humidifier benefits: How the portable device may reduce the spread of germs and improve your skin
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Humidifiers: Ease skin, breathing symptoms
Plos One. Diakses pada 2022. High Humidity Leads to Loss of Infectious Influenza Virus from Simulated Coughs

Ditinjau oleh: dr. Christian Hendra Raharja

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn