Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Ikan laut adalah salah satu sumber protein paling bermanfaat untuk diet Anda. Apa saja manfaat ikan laut bagi kesehatan? Yuk simak selengkapnya pada artikel ini.

Kandungan Nutrisi pada Ikan Laut

Ikan laut adalah sumber makanan yang terabaikan bagi banyak orang. Terdapat puluhan jenis ikan, dengan beragam rasa dan cara memasak yang sesuai dengan selera apa pun. Mengonsumsi ikan adalah alternatif yang bagus bila kita bandingkan dengan mengonsumsi daging merah, karena berpotensi memberikan berbagai manfaat kesehatan — mulai dari kesehatan jantung hingga perbaikan gejala depresi.

Ikan adalah sumber protein yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otot, organ, dan pembuluh darah. Protein membantu mendukung pembelahan sel, pertumbuhan rambut, dan bahkan sinyal hormon. Ini digunakan oleh setiap sistem tubuh dengan satu atau lain cara.

Ikan juga kaya akan yodium, yang merupakan mineral penting yang tidak dapat tubuh produksi sendiri. Yodium penting untuk fungsi tiroid Anda, yang mengontrol hal-hal seperti nafsu makan dan sistem kekebalan Anda. Ikan secara umum juga merupakan sumber nutrisi yang baik seperti:

  • Asam lemak omega-3.
  • Vitamin D.
  • Vitamin B12.
  • Zat besi.
  • Fosfor
  • Niasin.

Manfaat Ikan Laut untuk Kesehatan

Ikan laut adalah salah satu sumber protein paling bermanfaat untuk diet Anda. Itu penuh dengan nutrisi penting, seperti asam lemak omega-3, dan merupakan sumber protein yang bagus untuk menjaga tubuh Anda tetap ramping dan otot Anda kuat. Ikan tidak hanya berdampak pada lingkar pinggang Anda, tetapi juga fungsi tubuh lainnya termasuk hati, otak, dan bahkan tidur Anda. Jadi, pastikan Anda memasukkan ikan ke dalam makanan Anda untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat konsumsi ikan laut untuk kesehatan:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Menurut ahli, konsumsi ikan berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung koroner yang fatal dan total. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung yang dapat mengurangi peradangan, membantu melindungi jantung Anda, dan mencegah penyakit kronis.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer

Ikan juga merupakan makanan penting untuk otak Anda. Menurut penelitian, konsumsi makanan laut dalam jumlah sedang dikaitkan dengan penurunan risiko Penyakit Alzheimer. Studi tersebut menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi ikan secara teratur memiliki lebih banyak materi otak berwarna abu-abu, sehingga mengurangi penyusutan dan kerusakan otak yang dapat menyebabkan komplikasi fungsi otak. Meskipun mereka mencatat bahwa konsumsi makanan laut juga berkorelasi dengan kadar merkuri yang lebih tinggi di otak, namun hal tersebut tidak berkorelasi dengan neuropati otak.

3. Membantu Menurunkan Gejala Depresi

Makanan laut ini juga luar biasa untuk kesehatan mental Anda. Para ahli menemukan bahwa minyak ikan dapat membantu memperbaiki gejala depresi bila dikonsumsi dengan SSRI, sejenis antidepresan. Meskipun ada laporan bahwa minyak ikan dapat menurunkan gejala depresi dengan sendirinya, masih perlu dilakukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan klaim ini.

4. Membantu Meningkatkan Penglihatan dan Kesehatan Mata

Asam lemak omega-3 bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Hal ini karena otak dan mata sangat terkonsentrasi pada asam lemak omega-3 dan membutuhkannya untuk menjaga kesehatan dan fungsinya. Ikan adalah salah satu sumber terbaik lemak baik ini.

5. Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Jika Anda sulit tidur atau tertidur, makan lebih banyak ikan mungkin bisa membantu. Menurut sebuah penelitian, peningkatan konsumsi ikan meningkatkan kualitas tidur bagi sebagian besar subjek. Para peneliti menduga hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi vitamin D pada ikan, yang membantu tidur, menurut penelitian tersebut.

6. Membantu Melawan Jerawat

Baik Anda memiliki jerawat hormonal atau jerawat dewasa, ikan dapat membantu meringankan kulit Anda. Sebuah penelitian mencatat bahwa minyak ikan bermanfaat untuk membersihkan kulit bagi penderita jerawat sedang hingga parah.

7. Bermanfaat dalam Mengurangi Rheumatoid Arthritis

Jika Anda menderita rheumatoid arthritis, yaitu peradangan kronis pada persendian, makan lebih banyak ikan dapat membantu meringankan pembengkakan dan nyeri. Konsumsi ikan yang lebih banyak justru menurunkan aktivitas penyakit pada rheumatoid arthritis.

8. Membantu Menurunkan Kolesterol

Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan membantu menurunkan kadar LDL (juga dikenal sebagai kadar kolesterol “jahat”) dalam tubuh. Asam lemak omega-3 pada ikan diketahui membantu menurunkan lipid pembentuk kolesterol dalam darah.

9. Mengurangi Risiko Gagal Jantung

Ikan memiliki reputasi yang sangat menyehatkan jantung, dan untuk alasan yang bagus. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan dalam jumlah sedang akan membantu menurunkan risiko gagal jantung, karena tingginya konsentrasi asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

10. Menurunkan Risiko Stroke

Selain itu, ikan membantu kesehatan otak Anda adalah dengan mengurangi risiko stroke. Kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan juga membantu menurunkan risiko stroke pada penelitian.

Itulah beberapa manfaat ikan laut untuk kesehatan. Mengkonsumsi berbagai jenis ikan beberapa kali dalam seminggu akan memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk pola makan seimbang. Jika Anda sedang hamil, menyusui, atau memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi ikan apa pun yang mengandung merkuri.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Ikan Laut bagi Kesehatan

WebMD. Akses pada 2023. Health Benefits of Fish
Healthline. Akses pada 2023. 11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish
Eat This. Akses pada 2023. 20 Health Benefits of Eating Fish

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn