Manfaat Terapi Seni untuk Kesehatan Emosional hingga Fisik

Manfaat Terapi Seni untuk Kesehatan Emosional hingga Fisik

ReliDoc – Jakarta. Seringkali saat merasa kurang baik secara emosional, kita tidak tau harus meluapkannya bagaimana. Berikut terapi seni yang bisa kamu jadikan cara untuk meluapkan emosimu. Ingin tahu bagaimana caranya? Yuk baca selengkapnya manfaat terapi seni untuk kesehatan emosional hingga fisik di sini!

Apa itu Terapi Seni?

Umumnya, terapi seni adalah salah satu cara di mana seni digunakan untuk membantu seseorang mengatasi masalah emosional dan mental mereka. Terapi seni adalah bentuk terapi alternatif yang menggunakan media seni seperti lukisan, gambar, dan sketsa, atau bentuk seni lainnya seperti musik dan tari, sebagai alat untuk membantu seseorang mengungkapkan perasaan mereka.

Manfaat Terapi Seni untuk Kesehatan Emosional hingga Fisik

Hal yang terpenting, manfaat positif terapi seni untuk kesehatan emosional dan mental terus ditemukan dan diakui oleh banyak ahli kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat positif terapi seni untuk kesehatan emosional dan mental:

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Terapi seni dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan dengan memberikan seseorang tempat yang aman dan kreatif untuk mengekspresikan diri. Dalam terapi seni, seseorang dapat mengekspresikan perasaannya melalui seni tanpa takut dihakimi atau dinilai. Lebih daripada itu, ini memberikan rasa lega dan mengurangi tekanan mental.

2. Meningkatkan Percaya Diri

Selain itu, dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang dengan memberikan kesempatan untuk menghasilkan karya seni yang mereka banggakan. Akibatnya, setiap kali seseorang menyelesaikan sebuah karya seni, ini memberikan rasa pencapaian dan memberi dorongan pada kepercayaan diri mereka.

3. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Tentu saja, melalui terapi seni, seseorang dapat belajar untuk berkomunikasi dengan cara yang lebih efektif, belajar untuk bekerja sama dalam sebuah proyek seni, dan belajar untuk memahami perasaan orang lain melalui seni.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Begitu pula, ini dapat meningkatkan fungsi kognitif seseorang dengan membantu mereka mengembangkan keterampilan kognitif seperti perhatian, konsentrasi, dan keterampilan pemecahan masalah. Seni juga dapat membantu seseorang mengatasi gejala gangguan kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

5. Mengurangi Gejala Gangguan Mental

Memang, terapi seni telah terbukti efektif dalam mengurangi gejala gangguan mental seperti depresi, kecemasan, dan stres pasca-trauma. Jadi, terapi seni dapat membantu seseorang mengatasi perasaan yang tidak sehat dan membantu mereka mencari solusi yang lebih baik untuk masalah mereka.

6. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan mental dan emosional, terapi seni juga dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi seni dapat membantu meningkatkan kemampuan motorik dan koordinasi tangan pada pasien stroke dan Parkinson. Selain itu, terapi seni juga dapat membantu mengurangi gejala nyeri kronis.

7. Menjadi Bentuk Terapi yang Aman dan Tidak Invasif

Ini membuat terapi seni menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang mungkin tidak merasa nyaman dengan terapi yang lebih tradisional seperti terapi bicara atau terapi obat. Terapi seni juga dapat dilakukan oleh siapa saja, tidak peduli usia, jenis kelamin, atau latar belakang sosial.

8. Menjadi Metode Terapi yang Menyenangkan

Terapi seni dapat menjadi bentuk terapi yang menyenangkan dan menyegarkan bagi seseorang yang mungkin merasa bosan atau tidak tertarik dengan bentuk terapi yang lebih tradisional. Seni memberikan kesempatan bagi seseorang untuk mengekspresikan diri dan menemukan kebahagiaan dalam proses tersebut.

9. Memungkinkan Seseorang untuk Menjelajahi Diri Sendiri

Sementara, terapi seni juga dapat membantu seseorang untuk menjelajahi diri sendiri dan menemukan siapa diri mereka sebenarnya. Melalui seni, seseorang dapat mengekspresikan perasaan, pikiran, dan emosi mereka secara bebas dan menemukan makna dalam diri mereka sendiri. Ini dapat membantu seseorang untuk tumbuh dan berkembang sebagai individu.

Pendek kata, terapi seni telah terbukti memberikan manfaat positif untuk kesehatan emosional dan mental seseorang. Sehingga kamu bisa mencoba terapi seni dalam membuat diri kamu semakin sehat secara emosional hingga fisik ya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Terapi Seni untuk Kesehatan Emosional hingga Fisik

Huffpost. Akses pada 2023. Study Says Making Art Reduces Stress, Even If You Kind Of Suck At It
Journal of The American Art Therapy Association. Akses pada 2023. Reduction of Cortisol Levels and Participants’ Responses Following Art Making
PsychCentral. Akses pada 2023. 3 Art Therapy Techniques to Deal with Anxiety
Very Well Mind. Akses pada 2023. How to Relieve Stress With Art Therapy

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn