Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

ReliDoc – Jakarta. Yoga menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia. Jika Anda sedang mengalami penyakit, pulih dari operasi, atau hidup dengan kondisi kronis, yoga dapat menjadi bagian integral dari perawatan Anda dan berpotensi mempercepat penyembuhan. Yuk simak manfaat yoga untuk kesehatan di sini!

Apa itu Yoga?

Kata yoga berasal dari kata Sansekerta yuj yang berarti ‘bergabung’ atau ‘bersatu’. Penyatuan yang dimaksud adalah penyatuan pikiran Anda dengan tubuh Anda. Integrasi dengan lingkungan dan alam. Kesadaran individual dengan kesadaran universal.

Umumnya, yoga adalah aktivitas fisik yang menghubungkan tubuh, napas, dan pikiran. Olahraga ini menggunakan postur fisik, latihan pernapasan, dan meditasi untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Yoga dikembangkan sebagai latihan spiritual ribuan tahun yang lalu. Saat ini, kebanyakan orang yang melakukan yoga melakukannya untuk berolahraga atau untuk mengurangi stres.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Memang, yoga dapat meningkatkan tingkat kebugaran Anda secara keseluruhan serta memperbaiki postur dan fleksibilitas Anda. Berikut beberapa manfaat yoga untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan, dan Fleksibilitas

Gerakan lambat dan pernapasan dalam meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot, sambil berpose dapat membangun kekuatan. Cobalah salah satu pose yoga berikut: Seimbangkan dengan satu kaki, sambil menahan kaki lainnya di betis atau di atas lutut (tetapi tidak pernah di atas lutut) dengan sudut siku-siku. Selanjutnya, coba untuk fokus pada satu titik di depan Anda, sambil menyeimbangkan selama satu menit.

2. Membantu Meredakan Nyeri Punggung

Lebih daripada itu, yoga sama bagusnya dengan peregangan dasar untuk meredakan rasa sakit dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan nyeri punggung bawah. Bahkan, yoga direkomendasikan sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah kronis.

3. Meredakan Gejala Radang Sendi

Yoga yang lembut telah terbukti meredakan beberapa ketidaknyamanan sendi yang bengkak dan nyeri pada penderita artritis.

4. Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Pendek kata, latihan yoga secara teratur dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, berkontribusi pada jantung yang lebih sehat. Bahkan, beberapa faktor penyebab penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan, juga bisa diatasi melalui yoga.

5. Membuat Anda Rileks, untuk Membantu Anda Tidur Lebih Nyenyak

Penelitian menunjukkan bahwa rutinitas yoga waktu tidur yang konsisten dapat membantu Anda mendapatkan pola pikir yang benar dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tertidur dan tetap tertidur.

6. Lebih Banyak Energi dan Suasana Hati yang Lebih Cerah

Selain itu, Anda mungkin merasakan peningkatan energi mental dan fisik, peningkatan kewaspadaan dan antusiasme, dan lebih sedikit perasaan negatif setelah rutin berlatih yoga.

7. Mengelola Stres

Hal yang utama, menurut National Institutes of Health, bukti ilmiah menunjukkan bahwa yoga mendukung manajemen stres, kesehatan mental, kesadaran, pola makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur.

8. Mengatasi Kesepian

Pastinya, berpartisipasi dalam kelas yoga dapat mengatasi kesepian dan menyediakan lingkungan untuk penyembuhan dan dukungan kelompok. Bahkan selama sesi satu lawan satu, kesepian berkurang karena seseorang diakui sebagai individu yang unik, didengarkan, dan berpartisipasi dalam pembuatan rencana yoga yang dipersonalisasi.

9. Perawatan Diri yang Lebih Baik

Faktanya, sejumlah penelitian menunjukkan manfaat yoga untuk radang sendi, osteopenia, masalah keseimbangan, onkologi, kesehatan wanita, nyeri kronis, dan spesialisasi lainnya.

Nah, itulah manfaat yoga untuk kesehatan Anda, walaupun olahraga yoga umumnya aman bagi kebanyakan orang. Tetapi Anda mungkin perlu menghindari beberapa pose yoga atau memodifikasi pose jika Anda sedang hamil, memiliki tekanan darah tinggi, ataupun keluhan lainnya. Lebih lanjut, pastikan untuk memberi tahu instruktur yoga Anda jika Anda memiliki kondisi ini atau masalah kesehatan atau cedera lainnya.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Manfaat Yoga untuk Kesehatan

MedlinePlus. Akses pada 2023. Yoga for health.
Hopkins Medicine, Akses pada 2023. 9 Benefits of Yoga.
WebMD. Akses pada 2020. Health Benefits of Yoga.
Mayo Clinic. Akses pada 2023. Benefits of Yoga.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn