Meditasi untuk Atasi Stres

Meditasi untuk Atasi Stres

ReliDoc – Jakarta. Sedang mengalami stres? Coba lakukan meditasi untuk mengatasinya. Bagaimana cara meditasi yang baik untuk mengatasi stres? Yuk simak selengkapnya meditasi untuk atasi stres di bawah ini!

Apa itu Meditasi?

Pada umumnya, meditasi merupakan sarana relaksasi untuk melatih pikiran agar dapat melepaskan segala beban dan kecemasan yang ada dalam diri, sehingga Anda bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif. Faktanya, meditasi telah terbukti menjadi metode yang efektif untuk mengatasi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Umumnya, praktik ini dilakukan dengan cara duduk tenang, memejamkan mata, dan mengatur pernapasan perlahan-lahan dan teratur, setidaknya selama 10–20 menit.

Berbagai Manfaat Meditasi untuk Kesehatan

Meditasi merupakan aktivitas yang telah dilakukan selama ribuan tahun di berbagai negara, seperti Cina dan sebagai pengobatan Ayurveda di India. Faktanya, berbagai riset sejauh ini juga telah membuktikan bahwa meditasi dapat memberikan banyak manfaat untuk mendukung produktivitas sehari-hari dan kesehatan mental maupun fisik, seperti:

  • Mencegah dan meringankan stres, depresi, dan kecemasan.
  • Mengatur emosi dan melatih pikiran positif.
  • Mengurangi rasa nyeri.
  • Mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah tetap normal.
  • Membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan membantu mengatasi insomnia.
  • Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan mencegah pikun.
  • Memperkuat daya tahan tubuh

Selain itu, meditasi juga bisa bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu mengatasi masalah adiksi atau kecanduan, seperti kecanduan nikotin, obat-obatan, atau minuman keras, atau kondisi medis tertentu, seperti irritable bowel syndrome dan gangguan tidur.

Teknik Meditasi untuk Atasi Stres

Berikut adalah beberapa teknik meditasi untuk mengatasi stres:

1. Pilih Waktu dan Tempat yang Tenang

Cari waktu dan tempat yang tenang dan bebas dari gangguan. Selanjutnya, pilih waktu yang sesuai untuk Anda. Seperti pagi hari untuk memulai hari dengan rileks, atau malam hari untuk melepaskan stres sebelum tidur.

2. Posisi yang Nyaman

Duduk dalam posisi yang nyaman dengan punggung lurus, baik di kursi atau di atas bantal meditasi. Anda juga bisa bermeditasi dalam posisi berbaring jika diperlukan, namun pastikan Anda tetap terjaga dan fokus.

3. Fokus pada Pernapasan

Perhatikan napas Anda. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan secara perlahan melalui mulut. Fokus pada sensasi napas masuk dan keluar dari tubuh membantu menenangkan pikiran yang gelisah.

4. Biarkan Pikiran Berlalu

Saat meditasi, pikiran-pikiran mungkin muncul. Karenanya, biarkan pikiran-pikiran itu datang dan pergi tanpa menilai atau memperhatikannya. Kemudian kembalikan fokus Anda pada pernapasan atau mantra meditasi Anda.

5. Gunakan Mantra atau Afirmasi

Beberapa orang menemukan bantuan dalam menggunakan mantra atau afirmasi positif selama meditasi. Mantra dapat berupa kata atau kalimat yang diulang secara berulang-ulang untuk membantu mengalihkan pikiran dan merilekskan pikiran.

6. Gunakan Bantuan Meditasi

Jika Anda pemula dalam meditasi, Anda dapat menggunakan bantuan meditasi. Seperti panduan suara atau aplikasi meditasi yang tersedia. Pastinya, bantuan meditasi ini dapat membimbing Anda melalui meditasi dan membantu mengalihkan pikiran.

7. Tetap Konsisten

Praktikkan meditasi secara konsisten untuk mendapatkan manfaat maksimal. Oleh karena itu, mulailah dengan sesi meditasi yang singkat, misalnya 5-10 menit, dan tingkatkan secara bertahap sesuai dengan kenyamanan Anda.

Itu dia penjelasan mengenai manfaat mediasi untuk atasi stres. Meditasi adalah keterampilan yang perlu dipraktikkan secara rutin agar efektif dalam mengatasi stres. Meskipun efeknya mungkin tidak langsung terasa, tapi dengan latihan yang konsisten, meditasi dapat membantu Anda mengembangkan ketenangan batin, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi tingkat stres secara keseluruhan. Jadi, jangan ragu untuk mencoba berbagai teknik meditasi dan menemukan yang paling cocok untuk Anda. Namun, jika Anda mengalami stres yang berat atau berkepanjangan, penting untuk mencari dukungan dari ahli kesehatan atau profesional kesehatan mental, segera konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar segera diberi penanganan yang tepat.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Meditasi untuk Atasi Stres

Mindful. Akses pada 2023. How to Manage Stress with Mindfulness and Meditation.
Verywell Mind. Akses pada 2023. Meditations to Use for Stress Relief
Headspace. Akses pada 2023. Meditation for Stress – Headspace

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn