Minuman Herbal yang Bagus untuk Anak

Minuman Herbal yang Bagus untuk Anak

ReliDoc – Jakarta. Tahukah kamu minuman herbal dapat dijadikan alternatif obat yang manjur untuk anak? Ini dia beberapa minuman herbal yang bagus untuk anak kamu loh Reli Friends, baca selengkapnya pada artikel ini ya!

Minuman Herbal, Alternatif dari Obat-obatan!

Menggunakan minuman herbal untuk anak bisa menjadi pilihan alternatif sebagai pertolongan pertama. Selain itu, secara empiris atau ilmiah terbukti bahwa herbal tertentu membantu mengobati demam pada anak. Penggunaan obat-obatan herbal juga harus meminimalkan kemungkinan efek samping.

Dalam memberikan asupan makanan untuk anak, tak hanya makanan yang kita perhatikan namun minuman juga harus kita perhatikan.

Beberapa Minuman Herbal untuk Anak

Berikut ini beberapa minuman herbal yang bagus untuk anak:

1. Madu

Faktanya, madu mengandung banyak nutrisi penting dan memiliki sifat antimikroba dan anti inflamasi yang baik untuk anak-anak. Madu juga dapat membantu meredakan batuk dan pilek pada anak-anak. Namun, madu sebaiknya diberikan hanya pada anak-anak yang sudah berusia di atas 1 tahun.

2. Air Jahe

Memang, air jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan anak-anak, seperti membantu meredakan sakit perut, mual, dan batuk. Air jahe juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak. Namun, pastikan air jahe yang diberikan tidak terlalu pedas dan disajikan dalam suhu yang tepat.

Salah satu penelitian laboratorium tahun 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Microbiology and Antimicrobials, menunjukkan bahwa jahe memiliki sifat antibakteri yang lebih unggul terhadap Staphylococcus Aureus dan Streptococcus Pyogenes dibandingkan dengan antibiotik.

3. Air Kunyit

Kunyit memiliki nama latin Curcuma domestica. Ramuan ini mengandung curcumin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Pada Oktober 2020, penelitian “Curcumin as an antiviral agent” menemukan bahwa senyawa dalam kunyit menunjukkan aktivitas sebagai agen antimikroba, membatasi pertumbuhan berbagai jamur, bakteri, dan virus.

4. Air Kayu Manis

Kayu manis, atau Cinnamonum Burmannii, mungkin memiliki efek antipiretik (antipiretik) karena kandungan Cinnamaldehyde di kayu manisnya. Cinnamaldehyde dapat menghambat sekresi IL-1 (protein penyebab peradangan) dan prostaglandin (senyawa yang diproduksi tubuh saat terjadi peradangan) dengan cara menghambat enzim siklooksigenase. Enzim siklooksigenase sendiri merupakan mediator peradangan pada tubuh dan menyebabkan demam.

Dalam memberikan minuman dan bahan herbal untuk anak-anak, pastikan jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan.

Alasan Minuman Herbal Lebih Baik

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa minuman herbal lebih baik untuk anak-anak:

  • Lebih alami: Minuman herbal terbuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman, buah, dan rempah-rempah yang tidak mengandung bahan kimia atau pengawet.
  • Mengandung nutrisi: Minuman herbal mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan anak-anak.
  • Mengurangi risiko efek samping: Minuman herbal cenderung lebih aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan memiliki risiko efek samping yang lebih rendah dibandingkan dengan obat-obatan kimia.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Beberapa minuman herbal seperti teh hijau dan kaldu tulang sapi mengandung senyawa yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak-anak.
  • Meredakan gejala sakit: Beberapa minuman herbal seperti teh jahe, teh chamomile, dan madu dapat membantu meredakan gejala sakit seperti sakit perut, mual, dan batuk pada anak-anak.
  • Menjadi alternatif bagi anak-anak yang alergi: Minuman herbal dapat menjadi alternatif bagi anak-anak yang alergi terhadap bahan-bahan tertentu, seperti susu atau teh hitam.

Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan minuman herbal pada anak-anak, terutama jika anak memiliki kondisi medis atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Minuman Herbal yang Bagus untuk Anak

Journal of Pharmaceutical Science and Clinical Research. Akses pada 2024. Journal 2021, 03, 275-286.
Journal kedokteran Meditek.  Akses pada 2024. Volume 24, No. 67 Juli-September 2018.
Academicjournals.org. Akses pada 2024. Comparative studies of antibacterial effect of some antibiotics and ginger (Zingiber officinale) on two pathogenic bacteria
Mdpi.com. Akses pada 2024. Curcumin as an Antiviral Agent

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn