Penanganan yang Tepat pada Luka Bakar

Penanganan yang Tepat pada Luka Bakar

ReliDoc – Jakarta. Kulit terkena air, minyak atau benda panas, sehingga kulit jadi terbakar. Kondisi ini bisa menyakitkan dan menyebabkan infeksi jika tidak segera ditangani. Luka bakar tingkat satu dan sebagian besar luka bakar tingkat dua akan sembuh dengan perawatan di rumah. Bagaimana  cara perawatan yang benar? Cek selengkapnya penanganan yang tepat pada luka bakar di artikel berikut ya.

Apa itu Luka Bakar?

Luka bakar adalah kerusakan jaringan yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, listrik, radiasi, atau matahari. Dokter biasanya menentukan tingkat keparahan luka berdasarkan kedalaman luka dan jumlah kulit yang terkena. Kondisi ini bisa menyakitkan dan menyebabkan infeksi jika tidak ditangani. Luka bakar tingkat satu dan sebagian besar luka bakar tingkat dua akan sembuh dengan perawatan di rumah. Sementara itu, cedera tingkat tiga bisa mengancam nyawa dan membutuhkan perhatian medis secara khusus. Penanganan yang tepat pada luka bakar sangat penting untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.

Gejala Luka Bakar

Pada umumnya, gejala dapat berupa kulit melepuh, nyeri, bengkak, dan mengelupas. Gejala sering memburuk pada jam atau hari pertama setelah cedera. Selain itu, gejala lain juga bervariasi tergantung pada kedalaman kerusakan kulit.

Berikut adalah gejala menurut tingkat keparahannya:

1. Luka Bakar Derajat Satu

Jenis luka ringan ini hanya mengenai lapisan luar kulit (epidermis). Luka bakar ini dapat menyebabkan kemerahan dan nyeri.

2. Luka Bakar Derajat Dua

Jenis luka ini mempengaruhi epidermis dan lapisan kulit kedua (dermis). Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi bengkak, merah, dan putih. Lepuh dapat berkembang, dan rasa sakitnya mungkin parah. Selain itu, luka bakar tingkat dua yang dalam dapat meninggalkan bekas luka.

3. Luka Bakar Derajat Tiga

Jenis luka ini menyentuh lapisan lemak subkutan. Area yang terbakar mungkin berwarna hitam, coklat, atau putih. Kulit mungkin terasa kasar. Luka bakar tingkat tiga dapat merusak saraf dan menyebabkan kelumpuhan.

Penanganan pada Luka Bakar

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk merawat luka bakar di rumah:

1. Cuci Luka dengan Air Dingin Mengalir

Segera setelah terjadi luka bakar, bilas area yang terkena dengan air dingin yang mengalir selama minimal 10-20 menit. Air dingin membantu mengurangi rasa sakit, mengurangi reaksi peradangan dan mencegah luka semakin dalam.

2. Hindari Es atau Air Es

Hindari mengoleskan es atau air es langsung pada luka bakar, karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada jaringan kulit.

3. Jangan memecahkan Gelembung pada Luka

Jika ada gelembung yang terbentuk pada luka bakar, jangan dipecahkan. Gelembung tersebut melindungi area luka dari infeksi.

4. Gunakan Krim Antibiotik

Setelah membersihkan luka, oleskan krim antibiotik ringan untuk mencegah infeksi. Pastikan untuk menggunakan krim sesuai petunjuk pada kemasan atau anjuran dari tenaga medis.

5. Tutup Luka dengan Kasa Steril

Tutup luka dengan kasa steril atau perban khusus luka bakar untuk melindungi area luka dari kontaminasi.

6. Hindari Menggunakan Bahan Tertentu

Hindari penggunaan kapas, balutan kain berbulu, atau bahan yang bisa meninggalkan serat di area luka.

7. Minum Obat Pereda Nyeri

Jika rasa sakit cukup parah, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti parasetamol atau ibuprofen, sesuai dosis yang dianjurkan.

8. Jangan Menggunakan Cairan Beralkohol

Hindari menggunakan cairan dengan kandungan beralkohol, seperti alkohol atau hidrogen peroksida, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit yang terbakar.

9. Ganti Perban secara Teratur

Pastikan untuk mengganti perban atau kasa steril secara teratur, biasanya setiap hari atau sesuai anjuran dari tenaga medis.

Itu dia penjelasan mengenai penanganan yang tepat pada luka bakar. Luka bakar yang parah atau infeksi harus ditangani oleh tenaga medis profesional. Namun, jika luka bakar cukup luas, dalam, atau terletak di area wajah, tangan, kaki, atau alat kelamin. Segera konsultasikan dengan dokter  untuk perawatan medis lebih lanjut.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Penanganan yang Tepat pada Luka Bakar

Health Direct. Akses pada 2023. Burns and scalds – first aid, treatments, causes.
MedlinePlus. Akses pada 2023. Minor burns – aftercare: MedlinePlus Medical Encyclopedia.
Creveland Clinic. Akses pada 2023. Burns: Types, Symptoms & Treatment.

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn