Pentingnya Rutin Mengecek Gula Darah

Pentingnya Rutin Mengecek Gula Darah

ReliDoc – Jakarta. Sering makan gula, minum kopi susu, dan semuanya yang manis-manis, tapi belum cek darah? Yakin gula darah kamu terkontrol? Yuk simak di bawah ini untuk mengetahui pentingnya rutin mengecek gula darah.

Pengecekan Gula Darah

Sebaiknya, secara teratur memeriksa gula darah kamu, yang kita kenal juga sebagai glukosa darah, merupakan aspek penting dalam mengelola penyakit gula darah dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ringkasnya, gula darah adalah ukuran jumlah glukosa, atau gula, yang ada dalam darah kamu. Sementara, glukosa adalah sumber energi yang penting bagi tubuh, tetapi memiliki terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat menimbulkan konsekuensi yang serius. Itulah mengapa penting untuk memeriksa gula darah kamu secara teratur untuk memastikannya tetap dalam kisaran yang sehat.

Pentingnya rutin cek gula darah :

  1. Membantu memastikan gula darah tetap dalam kisaran yang sehat.
  2. Membantu mengidentifikasi pola dan potensi masalah.
  3. Memungkinkan penyesuaian pada rencana perawatan.
  4. Dapat mencegah komplikasi serius dari kadar gula darah tinggi atau rendah.
  5. Dapat membantu mengelola penyakit gula darah dan mencegah perkembangan penyakit pada mereka yang berisiko.
  6. Memberi individu lebih banyak kendali atas kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Ada dua jenis utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2. Umumnya, orang dengan penyakit gula darah tipe 1 tidak menghasilkan cukup insulin, hormon yang mengatur gula darah, sedangkan penderita penyakit gula darah tipe 2 tidak menggunakan insulin secara efektif. Namun, dalam kedua kasus tersebut, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk penyakit jantung, kerusakan saraf, kerusakan ginjal, dan kebutaan. Selain itu, gula darah rendah, atau yang juga dengan istilah hipoglikemia dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, dan kebingungan.

● Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 adalah penyakit autoimun yang mana sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas yang memproduksi insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah, jadi tanpanya, kadar gula darah bisa menjadi sangat tinggi. Penyakit gula darah tipe 1 biasanya terdiagnosis pada anak-anak dan dewasa muda dan untuk pengobatannya dengan suntikan insulin atau pompa insulin.

● Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 adalah kondisi kronis yang terjadi ketika tubuh menjadi kebal terhadap efek insulin atau ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Biasanya terdiagnosis pada orang dewasa, tetapi juga menjadi lebih umum pada anak-anak karena kenaikan tingkat obesitas. Lebih lanjut, pengelolaan penyakit gula darah tipe 2 sering dengan kombinasi perubahan gaya hidup, seperti diet dan olahraga, serta pengobatan.

Komplikasi Jika Gula Darah Tak Terkontrol

Diabetes yang tidak terkontrol dapat menyebabkan sejumlah komplikasi serius, termasuk:

  • Penyakit jantung: Hal yang terpenting, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  • Kerusakan saraf: Demikian pula, kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan saraf, terutama di tungkai dan kaki. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan nyeri, serta dapat meningkatkan risiko cedera kaki yang tidak kita sadari.
  • Kerusakan ginjal: Selain itu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di ginjal, menyebabkan penyakit ginjal dan bahkan gagal ginjal.
  • Kebutaan: Bahkan, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah di retina, lapisan peka cahaya di bagian belakang mata. Ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan.
  • Amputasi: Lebih daripada itu, kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf di tungkai dan kaki, yang dapat meningkatkan risiko cedera kaki yang tidak kita sadari. Jika tidak segera lakukan pengobatan, cedera ini dapat menyebabkan amputasi.
  • Masalah kulit: Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kulit kering, gatal, serta infeksi dan luka yang lambat sembuh.
  • Gangguan pendengaran: Kadar gula darah yang tinggi telah terkait dengan peningkatan risiko gangguan pendengaran pada orang dewasa.

Cara Memeriksa Gula Darah

Berikut, ada beberapa cara untuk memeriksa gula darah kamu, beberapa di antaranya termasuk:

  • Pengukur glukosa darah: Ini adalah perangkat kecil yang menggunakan setetes darah dari tusukan jari untuk mengukur kadar gula darah. Darah biasanya dikumpulkan dengan jarum kecil atau lancet dan dioleskan ke strip tes yang kemudian masuk ke dalam meteran. Meteran menampilkan tingkat gula darah di layar.
  • Pemantauan glukosa berkelanjutan: Metode ini melibatkan pemakaian sensor kecil di bawah kulit yang mengukur kadar gula darah secara terus menerus sepanjang siang dan malam. Sensor mengirimkan data ke penerima, yang menampilkan kadar gula darah secara real-time.
  • Tes A1C: Tes ini mengukur kadar gula darah rata-rata selama dua hingga tiga bulan terakhir. Ini adalah tes darah sederhana yang dapat kita lakukan di kantor atau laboratorium penyedia layanan kesehatan.
  • Tes fruktosamin: Tes ini mirip dengan tes A1C tetapi mengukur kadar gula darah selama dua hingga tiga minggu terakhir. Ini juga merupakan tes darah sederhana.

Penting untuk memeriksa gula darah kamu secara berkala seperti rekomendasi oleh penyedia layanan kesehatan kamu. Ini mungkin sebelum dan sesudah makan, sebelum dan sesudah aktivitas fisik, dan sebelum tidur. Tentunya, melacak kadar gula darah kamu dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi pola dan membuat penyesuaian yang perlu untuk rencana perawatan kamu.

Penutup

Kesimpulannya, rutin mengecek gula darah merupakan bagian penting dalam mengelola penyakit gula darah dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Ini membantu memastikan gula darah kamu tetap dalam kisaran yang sehat dan dapat membantu mengidentifikasi pola dan potensi masalah. Dengan bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan kamu dan melacak kadar gula darah kamu, kamu dapat mengendalikan kesehatan kamu dan mengurangi risiko komplikasi serius.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Pentingnya Rutin Mengecek Gula Darah

Healthline. Akses pada 2024. Blood Sugar Test: Purpose, Procedure, and Results.
Healthline. Akses pada 2024. Diabetes Home Tests Explained.
Medical News Today. Akses pada 2024. Home blood glucose test: How to test and interpreting results.
WebMD. Akses pada 2024. How to Test Your Blood Sugar Levels.
WebMD. Akses pada 2024. Home Blood Sugar Testing.

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn