Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

ReliDoc – Jakarta. Ketika hidup menjadi sibuk, kebiasaan sehat kita tentunya yang menjadi korban. Antara komitmen pekerjaan, sosial, dan pribadi, ditambah segala sesuatu yang terjepit di antara keduanya, kita sering kali melakukan banyak hal. Namun, mengingat kita hanyalah manusia biasa, wajar jika beberapa kali melupakan kebiasaan sehat. Yuk simak tips pola makan sehat untuk kamu yang sibuk pada artikel ini!

Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

Makan sehat merupakan tantangan saat kamu sedang sibuk! Pastinya, hal ini memerlukan persiapan dan perencanaan, namun untuk mempertahankan kebiasaan makan yang sehat ternyata bisa menjadi lebih mudah dari yang Anda kira, dan hasilnya sangat berharga.

Mengonsumsi makanan bergizi dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda, meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan melindungi kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat rencana makan sehat yang sesuai dengan jadwal sibuk Anda, jika pekerjaan dan tanggung jawab lainnya membuat Anda sibuk:

1. Sarapan dengan Makanan Tinggi Protein

Pendek kata, sarapan adalah makanan penting yang membantu pikiran dan tubuh Anda bersiap menghadapi hari. Meskipun Anda mungkin berpikir bahwa melewatkan waktu makan akan membantu menurunkan berat badan, tidak mengonsumsi sarapan bergizi dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi dan membuat Anda merasa lapar, mudah tersinggung, dan kurang produktif. Dan, Anda cenderung merasa sangat lapar saat makan siang sehingga Anda makan berlebihan. Mengonsumsi sarapan kaya protein memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk menjalani pagi hari.

2. Membuat Smoothie Hijau dengan Blender

Gunakan blender Anda untuk menyiapkan smoothie sarapan sehat sebelum Anda bergegas keluar rumah di pagi hari. Smoothie juga merupakan camilan yang enak. Bereksperimenlah dengan bahan-bahan berbeda, termasuk buah dan sayuran segar dan beku, kacang-kacangan dan biji-bijian, yogurt, dan bubuk protein. Untuk smoothie yang lebih sehat, tambahkan kangkung, bayam, atau sayuran berdaun hijau lainnya.

3. Tetap Terhidrasi dengan Minuman Sehat

Orang sibuk sering kali minum kopi sepanjang hari untuk menjaga diri tetap berenergi. Kafein dalam jumlah sedang dapat meningkatkan kewaspadaan dan produktivitas Anda, tetapi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan tekanan darah, membuat Anda dehidrasi, dan mengurangi fungsi otak Anda.

Saat Anda haus, Anda mungkin tergoda untuk minum soda atau jus, namun minuman manis mengandung tambahan gula dan kalori kosong. Pakar kesehatan menganjurkan agar Anda minum air putih, yang membuat Anda tetap terhidrasi dan mencegah sakit kepala dehidrasi. Air juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membawa nutrisi ke sel Anda.

Bawalah botol yang dapat digunakan kembali ke tempat kerja dan jaga agar tetap terisi air. Unduh aplikasi gratis di ponsel Anda yang akan mengingatkan Anda untuk minum air sepanjang hari.

4. Siapkan Makan Siang Anda Sendiri

Makanan cepat saji mungkin enak, namun seringkali mengandung kalori, lemak tidak sehat, dan natrium. Daripada menyantap makanan cepat saji untuk makan siang, siapkan bekal makan siang Anda pada malam sebelumnya sehingga Anda dapat mengontrol apa yang Anda makan dan menghindari pilihan yang tidak sehat. Dan, tetapkan waktu tetap untuk makan siang. Memperhatikan kapan Anda makan dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan apa yang Anda makan.

5. Memilih Camilan yang Sehat

Sangat mudah untuk lupa berapa banyak yang Anda makan sepanjang hari. Membuat camilan sendiri dengan porsi yang telah ditentukan dapat mencegah Anda makan berlebihan dan membantu Anda menghemat uang dengan menghindari mesin penjual otomatis.

Ngemil sebenarnya bisa membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, bahkan menurunkan berat badan, asalkan Anda memperhatikan jenis makanan yang Anda camilan dan membuat pilihan yang cerdas. Camilan sehat yang bisa Anda makan tanpa menambah berat badan antara lain irisan apel dengan mentega almond, pretzel, yogurt, dan popcorn.

Batasi camilan olahan, seperti keripik dan biskuit, dan simpan potongan buah dan sayuran di lemari es, atau simpan camilan sehat di tempat yang lebih sejuk di kantor Anda.

6. Memilih Makanan Sehat saat Makan di Luar

Ketika Anda memiliki jadwal yang padat, Anda cenderung pergi makan. Mempelajari cara membuat pilihan yang sehat di restoran dapat membantu Anda mempertahankan kebiasaan makan yang sehat dan melindungi kesejahteraan Anda.

Pilih hidangan yang sebagian besar mengandung sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak, dan pilihlah makanan yang dipanggang atau dipanggang daripada makanan yang digoreng. Lewatkan kentang goreng dan pesan salad pendamping, tapi jangan terlalu banyak menggunakan saus.

Sebagai aturan umum, isi setengah piring Anda dengan sayur-sayuran dan buah-buahan, dan sisakan seperempat piring Anda untuk biji-bijian dan seperempat lagi untuk protein tanpa lemak. Perhatikan ukuran porsi. Porsi restoran seringkali cukup besar untuk dua atau tiga kali makan. Saat makan di luar, bawalah setidaknya setengah dari makanan Anda untuk dibawa pergi, atau makan bersama dengan teman.

7. Siapkan Makanan saat Anda Libur

Merencanakan makanan selama seminggu penuh sebelumnya membuat belanja bahan makanan dan persiapan menjadi lebih mudah. Potong sayuran dan siapkan bahan-bahan pada hari libur Anda untuk tumisan, casserole, dan makanan dalam loyang yang akan datang.

Slow cook dan crockpot cocok untuk membuat sup sehat, cabai, semur, dan banyak lagi. Cukup isi dengan bahan di pagi hari dan nyalakan. Sesampainya di rumah, makanan sehat sudah menanti Anda. Crockpot juga bisa membuat potongan daging yang keras menjadi empuk. Simpan sisa makanan di dalam freezer untuk makanan yang akan datang, panaskan saja dan sajikan.

8. Delivery untuk Bahan Makanan

Jika Anda tidak punya waktu untuk pergi ke toko, pertimbangkan opsi pengiriman bahan makanan atau pengambilan. Dan, hemat waktu dengan memilih buah dan sayuran segar yang sudah dicincang sebelumnya di bagian produksi. Harganya lebih mahal tetapi merupakan cara mudah untuk membeli bahan-bahan sehat dan camilan sehat. Di banyak komunitas, Anda dapat mendaftar ke layanan pesan-antar makanan yang akan mengirimi Anda bahan-bahan segar yang sudah dipotong-potong yang dapat Anda gunakan untuk membuat makan malam sederhana dan sehat.

9. Berlatih Makan dengan Fokus yang Sehat

Orang sibuk sering kali makan tanpa berpikir panjang saat bekerja di depan komputer atau menelepon. Saat Anda makan di depan layar, kemungkinan besar Anda akan terus-menerus mengambil camilan tanpa mempedulikan berapa banyak yang sudah Anda makan.

Letakkan ponsel Anda, matikan TV, dan perhatikan apa yang Anda makan. Luangkan waktu 20 menit untuk mencabut kabel listrik sambil menikmati makanan Anda. Ini cara yang bagus untuk mengurangi stres dan memulihkan tenaga untuk sisa hari Anda. Makan perlahan dan mengunyah makanan sepenuhnya dapat membantu Anda makan lebih sedikit. Ini juga membantu tubuh Anda menyerap nutrisi dengan lebih mudah.

Kunci pola makan sehat adalah menerapkan perubahan sederhana ke dalam gaya hidup yang dapat Anda pertahankan seiring waktu. Merawat tubuh dan pikiran Anda akan membantu Anda menjadi lebih produktif dan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk tetap berada di puncak sepanjang hari.

Penutup

Itulah tips pola makan sehat untuk kamu yang sibuk Pastinya, memberi tubuh kita makanan bergizi adalah kunci produktivitas dan kesehatan, membantu kita memenuhi tuntutan jadwal yang sibuk. Cobalah memprioritaskan waktu apa pun yang Anda bisa untuk mendukung kesehatan Anda, kapan pun Anda bisa!

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliCare untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine ReliDoc 24/7 secara gratis di aplikasi ReliCare. Yuk langsung download aplikasi ReliCare, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliCare One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

APWU Health Plan. Akses pada 2024. 9 healthy eating tips for busy people
Healthy Living NSW. Akses pada 2024. Healthy eating for busy people
Nourish and Tempt. Akses pada 2024. 11 Tips for Healthy Eating When You’re Busy (By a Nutritionist)

Ditinjau oleh: dr. Teddy H

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn