Tips untuk Merawat Kesehatan Urologi Anda

Tips untuk Merawat Kesehatan Urologi Anda

ReliDoc – Jakarta. Banyak orang mengira menjalani gaya hidup sehat itu sulit atau membosankan, padahal sebenarnya tidak! Apa yang banyak orang tidak sadari adalah bahwa perubahan kecil berdampak besar pada kesehatan kita. Minum air saja dapat menghilangkan sakit kepala akibat dehidrasi, membantu kesehatan pencernaan, membantu mengatasi masalah kulit, dan banyak lagi. Yuk simak tips untuk merawat kesehatan urologi Anda di bawah ini!

Apa itu Penyakit Urologi?

Istilah “penyakit urologi” menggambarkan berbagai macam kondisi, semuanya berkaitan dengan penyaringan dan pembuangan urin keluar dari tubuh. Penyakit-penyakit ini dapat menyerang pria, wanita, dan anak-anak dari segala usia.

Penyakit-penyakit ini mempengaruhi bagian tubuh yang sangat spesifik. Pada wanita, penyakit ini menyerang saluran kemih. Pada pria, penyakit ini menyerang saluran kemih atau organ reproduksi.

Berikut beberapa kondisi urologi umum meliputi:

  • Hiperplasia prostat jinak atau Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)
  • Inkontinensia urin atau Urinary Incontinence
  • Infeksi saluran kemih
  • Batu ginjal dan ureter
  • Kanker prostat
  • Kanker kandung kemih
  • Prolaps kandung kemih
  • Hematuria (darah dalam urin)
  • Disfungsi ereksi (DE)
  • Sistitis interstisial (juga disebut sindrom kandung kemih yang menyakitkan)
  • Beser
  • Prostatitis (pembengkakan kelenjar prostat)

Tips Sehat untuk Merawat Kesehatan Urologi Anda

Sistem saluran kemih dan sistem reproduksi adalah bagian utama dari kehidupan sehari-hari dan perlu dirawat agar dapat berfungsi dengan baik. Jangan menunggu hingga terjadi masalah! Berikut ini tips sehat untuk merawat kesehatan urologi Anda dengan lebih baik yang dapat Anda mulai sekarang juga:

1. Transisi ke Gaya Hidup Sehat secara Permanen

Terlepas dari berapa usia Anda, penting untuk menjaga kesehatan Anda. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Hindari lemak tidak sehat dan makanan olahan berlebihan untuk membatasi peradangan dan menghindari radikal bebas berlebihan. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, Anda tidak hanya akan meningkatkan kesehatan urologi Anda, tetapi Anda juga akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Pola makan yang sehat bermanfaat bagi setiap sistem di tubuh Anda dan meningkatkan fungsi seluruh organ Anda.

Meskipun banyak orang berpikir bahwa menjalani gaya hidup sehat berarti terus-menerus melakukan diet, padahal kenyataannya tidak demikian. Selama Anda selalu menjaga pola makan sehat, Anda tetap bisa menikmati makanan favorit Anda. Kuncinya adalah menikmati apa yang Anda sukai secukupnya. Selain pola makan yang sehat, luangkan waktu untuk berolahraga secara rutin. Para ahli merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 30 menit latihan aerobik sedang 3-5 kali seminggu yang dipadukan dengan latihan kekuatan beberapa hari. Jika Anda tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan perlahan dan biasakan menjadi rutinitas. Yang penting adalah menciptakan kebiasaan yang bertahan lama, tidak berlebihan dan berhenti setelah seminggu.

2. Singkirkan Gula

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk diri sendiri adalah singkirkan gula. Makan sehat pasti akan menurunkan asupan gula, tetapi jika Anda berhenti mengonsumsinya. Jangan kembali mengonsumsi gula! Gula adalah salah satu hal paling berbahaya bagi tubuh Anda. Hal ini meningkatkan risiko kanker, menyebabkan obesitas, meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan ratusan kondisi jangka pendek dan jangka panjang lainnya. Untuk membantu Anda lebih memahami asupan gula Anda saat ini, mulailah membaca label nutrisi dengan lebih teliti dan tuliskan konsumsi gula Anda selama seminggu. Anda akan terkejut melihat betapa cepatnya pertumbuhannya. Gula dapat disembunyikan di label tetapi informasi nutrisinya akan selalu jelas. Jika perut Anda sensitif, gula buatan dapat menimbulkan masalah, jadi berhati-hatilah dengan apa yang Anda makan dan dengarkan tubuh Anda.

3. Tetap Terhidrasi

Minum cukup air adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan urologi Anda dalam kondisi terbaiknya. Air membantu membersihkan sistem saluran kemih dan mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal.1 Untuk hasil terbaik, minumlah sekitar sepuluh gelas air berukuran 10 ons—lebih banyak jika Anda berolahraga keras atau menjalani gaya hidup aktif.1 Jika Anda tidak bisa menerima air putih, jangan mencoba meningkatkan hidrasi Anda dengan menggunakan minuman olahraga atau soda yang manis. Sebagai gantinya, coba tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk dengan beberapa tangkai daun mint untuk meningkatkan kualitas air Anda secara alami. Membatasi asupan kafein juga akan membantu Anda tetap terhidrasi, karena minuman kaya kafein seperti kopi meningkatkan tingkat dehidrasi Anda.

3. Tetap Terhidrasi

Minum cukup air adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan urologi Anda dalam kondisi terbaiknya. Air membantu membersihkan sistem saluran kemih dan mengurangi kemungkinan terjadinya batu ginjal. Untuk hasil terbaik, minumlah sekitar sepuluh gelas air berukuran 10 ons—lebih banyak jika Anda berolahraga keras atau menjalani gaya hidup aktif.

Jika Anda tidak bisa menerima air putih, jangan mencoba meningkatkan hidrasi Anda dengan menggunakan minuman olahraga atau soda yang manis. Sebagai gantinya, coba tambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk dengan beberapa tangkai daun mint untuk meningkatkan kualitas air Anda secara alami. Membatasi asupan kafein juga akan membantu Anda tetap terhidrasi, karena minuman kaya kafein seperti kopi meningkatkan tingkat dehidrasi Anda.

4. Praktikkan Kebiasaan ke Kamar Mandi yang Sehat

Mempraktikkan kesehatan urologi yang baik berarti mempraktikkan kebiasaan ke kamar mandi yang sehat. Bila harus pergi, hindari menahannya terlalu lama. Menahan kencing dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan Anda dan dapat menyebabkan masalah inkontinensia. Jika Anda sedang bepergian, carilah kamar mandi terdekat dan luangkan waktu untuk berhenti sebentar. Saat Anda menggunakan kamar mandi, pastikan Anda mengosongkan kandung kemih sepenuhnya. Jika Anda tidak mengosongkan kandung kemih saat menggunakan kamar mandi, Anda meningkatkan risiko infeksi.2 Wanita harus memastikan untuk selalu menyeka kandung kemih dari depan ke belakang untuk menghindari penyebaran bakteri dan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih.

5. Perkuat Otot Dasar Panggul Anda

Wanita lebih rentan terhadap kondisi urologi jika mereka memiliki otot dasar panggul yang lemah. Untuk menjaga tubuh tetap kuat dan sehat, perkuat otot dasar panggul menggunakan senam kegel sepanjang hari. Kegel sangat bagus karena Anda dapat melakukannya kapan saja sepanjang hari tanpa ada orang yang menyadarinya. Kegel bermanfaat bagi kesehatan urologi karena memperkuat otot-otot yang diperlukan untuk menopang kandung kemih dan usus.3 Sebagai bonus tambahan, banyak wanita melaporkan peningkatan dalam kehidupan seks mereka setelah melakukan kegel secara teratur.

6. Jalani Tes Prostat

Seiring bertambahnya usia pria, ukuran prostatnya terus bertambah. Hal ini dapat menyebabkan kondisi yang disebut hiperplasia prostat jinak (BPH) atau penyakit pembesaran prostat dan kondisi prostat lainnya. Masalah prostat mempengaruhi hampir 30 juta pria dan setiap tahun lebih dari 230.000 pria didiagnosis menderita kanker prostat.4 Untuk memastikan bahwa Anda menjaga kesehatan dan bersikap proaktif, lakukan pemeriksaan prostat secara teratur. Pemeriksaan dan pemeriksaan prostat memungkinkan Anda mengetahui masalah apa pun sebelum berubah menjadi situasi berbahaya. Jika kanker prostat diketahui sejak dini, pembedahan dapat memberantas kanker tersebut sepenuhnya. Jangan abaikan kesehatan prostat Anda dan selalu temui ahli urologi jika Anda merasa mengalami masalah apa pun.

7. Jangan Abaikan Masalah Seksual

Jika Anda mengalami masalah di kamar tidur, itu bisa menjadi tanda bahwa kesehatan urologi Anda sedang terganggu. Banyak pria yang mengalami disfungsi ereksi tidak menyadari bahwa hal itu bisa disebabkan oleh kondisi urologi yang mendasari seperti rendahnya testosteron. Jika Anda memiliki gejala disfungsi ereksi, atau kondisi lain seperti penyakit Peyronie, testosteron rendah, atau infertilitas pria, temui ahli urologi—jangan abaikan masalah ini. Ada banyak cara bagi Anda untuk mengatasi gejalanya, tetapi sampai Anda mengatasi masalah mendasarnya, gejala tersebut akan terus berlanjut. Meskipun mungkin tidak nyaman untuk membicarakannya, ahli urologi Anda sudah terlatih dalam menangani kondisi ini dan siap membantu, bukan untuk mempermalukan Anda.

8. Jangan Abaikan Rasa Sakit

Jika Anda mengalami rasa sakit atau merasa ingin buang air kecil secara terus-menerus, mendesak, atau sering, jangan abaikan. Meskipun banyak orang menganggap gejala-gejala ini sebagai ketidaknyamanan sederhana, hal ini bisa jadi merupakan indikasi infeksi atau kondisi urologi yang umum. Rasa sakit adalah tubuh Anda yang mencoba memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang salah, jadi dengarkanlah. Jika Anda melihat ada darah dalam urin Anda, merasakan sakit saat buang air kecil, merasakan sakit di perut, inkontinensia, atau melihat adanya perubahan signifikan pada pola buang air kecil Anda, segera hubungi ahli urologi Anda. Mendapatkan diagnosis yang tepat akan memungkinkan Anda merumuskan rencana perawatan yang tidak hanya menghilangkan rasa sakit, tetapi apa pun penyebabnya.

9. Berhenti Merokok

Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan bagi tubuh Anda dan berdampak besar pada kesehatan urologi Anda secara keseluruhan. Meskipun banyak orang mengalami kesulitan untuk berhenti merokok, upaya ini akan bermanfaat dalam jangka panjang. Saat ini, ada ratusan alat berhenti merokok yang tersedia online yang dapat membantu Anda berhenti untuk selamanya. Jika Anda masih kesulitan, bicarakan dengan dokter Anda tentang bagaimana mereka dapat membantu.

10. Temui Ahli Urologi Anda

Terakhir, pastikan Anda menjadwalkan kunjungan rutin ke ahli urologi Anda. Memiliki ahli urologi itu penting dan meskipun banyak orang menganggapnya sebagai spesialis, sistem saluran kemih Anda adalah sistem yang diandalkan tubuh Anda setiap hari. Jika Anda belum pernah mengunjungi ahli urologi, sekaranglah saatnya mencarinya dan mulai melakukan kunjungan rutin. Hal ini menjadi semakin penting seiring bertambahnya usia, namun waktu terbaik untuk memulainya adalah sekarang.

Menjaga kesehatan urologi Anda tidak berarti mengubah hidup Anda sepenuhnya. Dengan melakukan perubahan kecil, Anda akan melihat dampak yang besar. Mulailah dengan lambat dan kerjakan satu hal pada satu waktu. Tak lama lagi, kebiasaan sehat ini akan menjadi kebiasaan dan Anda akan mulai merasa lebih baik, memiliki lebih banyak energi, dan mengurangi kemungkinan Anda mengalami masalah atau komplikasi urologi. Jika Anda mengalami gejala masalah urologi, segera hubungi dokter.

Bagi peserta Asuransi Reliance, dapat menggunakan Aplikasi ReliDoc untuk konsultasi dengan dokter perihal keluhan yang dialami. Nikmati fasilitas telemedicine Chat Dokter 24/7 secara gratis di aplikasi ReliDoc. Yuk langsung download aplikasi ReliDoc, kini tersedia di Google Play dan juga App Store.

ReliDoc One stop solution mobile app, kemudahan informasi dalam genggaman.

Sumber Artikel Tips untuk Merawat Kesehatan Urologi Anda

Urology Care Foundation. Akses pada 2023. 10 Healthy Tips for Urologic Health
Healthline. Akses pada 2023. Urologic Diseases: Overviews & Tips
Byram Healthcare. Akses pada 2023. Simple Steps to Take Better Care of Your Urologic Health
Lybrate. Akses pada 2023. Tips To Improve Your Urological Health!

Ditinjau oleh: dr. Stevent

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn