Waspada Email Phishing

Waspada Email Phising

Reliance – Jakarta. Hati-hati penipuan online via email mengatasnamakan Asuransi Reliance. Hal ini merupakan email phishing. PT Asuransi Reliance Indonesia mengumumkan pemenang ReliDoc Lucky Draw hanya melalui Social Media resmi dari Asuransi Reliance Indonesia, seperti: website, YouTube Live dan WhatsApp ReliDoc.

Apa itu Email Phishing?

Email phishing bertujuan untuk mencuri data penting dan sejumlah uang dengan mengirimkan email berisi pesan penipuan. Email seolah-olah dikirimkan dari instansi tertentu dan mendorong korban segera melakukan apa yang pelaku minta.

Jenis Email Phishing

Berikut beberapa jenis dari email phishing:

1. Spear Phishing

Pelaku menyamar sebagai relasi korban dengan data yang pelaku dapat dari media sosial.

2. Whaling Phishing

Email dirancang seolah profesional dan resmi dengan menargetkan suatu organisasi untuk mencuri data sensitif dan mengakses sistem organisasi.

3. Clone Phishing

Email dibuat seperti email pada umumnya. Pelaku menduplikasikan dan mengganti sebagian kecil isi email, misalnya mengubah link atau tautan dan berkas berisi malware.

Ciri-Ciri Email Phishing

Berikut adalah ciri-ciri dari email phishing agar kita dapat terhindar dan menjadi korban:

  • Tata bahasa yang kurang tepat.
  • Tidak menyebutkan nama penerima.
  • Judul menarik, contoh: Pemenang Giveaway.
  • Menggunakan email dengan domain
  • Mengatasnamakan instansi resmi ataupun pemerintah.

Cara Aman Menggunakan Internet

1. Jangan Membagikan Informasi Pribadi

Informasi pribadi adalah milik perseorangan sebagai identitas individu yang bersifat rahasia, maka dari itu jangan pernah membagikannya melalui internet. Internet bukan tempat yang aman, karena memiliki banyak celah berupa akses dari mana pun. Hindari membagikan informasi seperti tempat dan tanggal lahir, nomor handphone, alamat tempat tinggal, hingga identitas orang-orang terdekat kalian. Informasi-informasi tersebut rawan pencurian yang nantinya akan berujung pada penyalahgunaan data.

2. Waspada saat Menghubungkan Wi-Fi

Wi-Fi publik bisa jadi jalan masuk bagi oknum untuk meretas data pribadi kalian, maka dari itu waspadalah saat menyambungkan handphone atau laptop dengan Wi-Fi yang mencurigakan. Misalnya saja Wi-Fi yang sengaja tidak diberi kata sandi atau password atau keamanan lainnya, karena kemungkinan besar Wi-Fi tersebut sengaja disiapkan oleh peretas untuk mencuri data pribadi kalian. Jadi, jangan senang dahulu ketika diberi akses Wi-Fi gratis. Lebih baik menggunakan koneksi pribadi atau Wi-Fi berbayar demi keamanan data pribadi kalian.

3. Jangan Klik Tautan Tidak Resmi

Pernahkah kalian mendapat tautan dari seseorang atau grup dan mengarah pada web asing? Jika iya, maka kalian perlu mewaspadai nya karena bisa jadi tautan tersebut bertujuan untuk membobol data dalam perangkat. Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah pengambil alihan media sosial oleh oknum peretas. Media sosial kalian bisa disalahgunakan untuk mengunggah sesuatu yang tidak seharusnya. Tentu saja hal tersebut akan merusak citra dan nama baik kalian sendiri. Tautan tidak resmi juga bisa mempengaruhi koneksi internet kalian. Hal ini berasal dari virus yang ditanamkan pada situs tersebut. Saat virus menyerang, perangkat kalian akan terkunci dan hanya bisa dibuka jika kalian membayarnya terlebih dahulu. Kondisi jadi makin rumit jika kalian membutuhkan data tersebut sesegera mungkin karena backup tentu butuh waktu yang tidak sebentar.

4. Ganti Kata Sandi secara Berkala

Penggunaan kata sandi yang sama dalam rentang waktu lama sangat rawan peretasan. Apalagi jika kata sandi kalian memiliki tingkat kerumitan yang rendah, bisa jadi peretas dapat dengan mudah mengakses akun kalian. Hal itu dapat kita siasati dengan mengganti kata sandi secara berkala. Apabila rajin mengganti kata sandi maka oknum yang mengincar akun kalian akan sulit memanipulasinya. Sebagaimana kalian ketahui bahwa zaman sekarang mudah bagi oknum melakukan manipulasi kata sandi.

5. Gunakan Antivirus Resmi

Seperti perangkat keras pada umumnya, perangkat lunak juga perlu pelindung berupa antivirus. Antivirus berguna untuk proteksi terhadap virus-virus yang mungkin menyerang saat kalian berselancar di internet. Situs yang kalian kunjungi bisa saja mentransfer virus sehingga membahayakan perangkat komputer. Terkadang beberapa oknum sengaja menaruh virus di website agar pengunjung yang masuk terkena dampaknya. Bahayanya virus tersebut bisa membuat data kalian rusak bahkan sampai hilang.

Asuransi Reliance memenuhi standar ISO 27001

PT Asuransi Reliance Indonesia memenuhi standar ISO 27001, standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi (Information Security Management Systems). Asuransi Reliance memahami pentingnya keamanan informasi data, dengan penerapan ISO 27001 menjadikan data privacy klien tetap aman dan menghindari potensi ancaman keamanan, seperti cyber crime, penyalahgunaan data, dan pencurian data.

Bagikan Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on linkedin
LinkedIn